Brand 2XU menghadirkan pakaian compression yang dapat menunjang tubuh Anda ketika berolahraga. Apa aja manfaat pakaian compression? Simak di artikel ini!

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

2XU Indonesia, Pakaian “Super” untuk Olahraga Prima

Pakaian compression merupakan salah satu tren baru di ranah olahraga belakangan ini. Anda dapat dengan mudah menemukan atlet yang Anda lihat di televisi menggunakan pakaian tersebut ketika bertanding. Brand 2XU contohnya, mengklaim ada 80 persen pemain di liga American Football menggunakan produk compression buatannya ketika bertanding. Brand asal Australia ini juga mengklaim bahwa semua pemain yang berpartisipasi dalam liga basket NBA di Amerika Serikat telah menggunakan produknya sepanjang liga.

Pakaian compression memiliki fisik yang tampak keren. Perpaduan warna yang digunakan pada pattern pakaian ini juga tampak fashionable. Compression juga diklaim dapat membuat suhu badan penggunanya tetap terjaga. Banyak atlet yang juga telah memiliki ciri compression-nya sendiri. Tapi, compression kini tidak hanya ditujukan khusus untuk para atlet profesional. Bila Anda merupakan atlet “weekend warrior” atau yang berolahraga hanya ketika akhir pecan tiba, maka tidak ada salahnya juga Anda menggunakan pakaian compression. Pakaian ini hadir untuk aktivitas olahraga yang lebih prima, meningkatkan performa dan mempercepat proses pemulihan.

Pakaian compression bekerja dengan menekan pembuluh darah yang ada di tubuh. Biasanya, pembuluh darah akan terbuka lebih lebar ketika diberi tekanan. Seiring terbukanya pembuluhnya, maka darah dan oksigen akan dapat mengalit lebih cepat dan bermuara ke masing-masing otot tubuh yang dibalut oleh pakaian compression. Dengan kuantitas darah dan oksigen yang banyak, maka otot akan mampu memproduki energi yang diperlukan ketika berolahraga.

Menilik Manfaat Penggunaan Pakaian Compression

Pakaian compression sekilas seperti pakaian wetsuit. Ketat dan elastis. Ketika Anda menggunakannya, sejumlah otot tubuh yang dibungkus compression ini akan menjadi lebih ketat dan padat. Pakaian compression merupakan inovasi baru yang hadir di dunia olahraga. Pakaian ini biasa dibuat dari campuran bahan garmen spandeks dan nilon. Umumnya, pakaian compression terdiri dari berbagai macam, mulai dari kaos kaki, sleeve untuk betis, sleeve untuk lengan, celana pendek sebatas paha, celana panjang sampai mata kaki, hingga full body suit yang menyerupai pakaian selam.

Bila Anda melihat atlet-atlet ternama seperti peraih medali emas Olimpiade Matt Duchene hingga juara dunia triathlon Terenzo Bozzono cukup sering menggunakan pakaian compression, terutama compression dari merek 2XU. Mengapa produk ini sangat digemari dalam dunia olahraga? Sejumlah penelitian ilmiah telah dilakukan untuk mengungkap manfaat yang didapat bila menggunakan compression ketika berolahraga. Manfaat utama yang didapat yakni kesegaran tubuh. Anda akan tetap merasa segar setelah melakukan kegiatan olahraga. Pakaian compression ini menawarkan konsep medis yaitu pakaian yang ketat dapat membantu peredaran darah dan getah bening.

Selain itu ada beberapa poin manfaat menggunakan compression. Berikut uraiannya:

  1. Pakaian compression dapat memiimalisir getaran dan pergerakan yang tidak menentu pada daging dan otot ketika Anda sedang melakukan latihan atau ketika berkompetisi.
  2. Pakaian compression membantu Anda untuk terhindar dari cedera yang karena pergerakan maupun getaran otot yang terlalu berlebihan dan tidak terkontrol. Pada kaki yang tidak menggunakan pakaian compression, kontak kaki dengan permukaan tanah dapat membuat getaran ke seluruh bagian kaki pelari dan menyebabkan otot bergoyang. Pergerakan otot ini dapat memicu kerusakan otot.
  3. Pakaian compression dapat mengurangi kelelahan otot setelah berolahraga. Hasil riset dari penelitian Massey University di Auckland menunjukkan bahwa sekitar 93% pelari yang berlari tanpa mengenakan pakaian compression mengalami rasa pegal di kaki bagian bawah satu hari setelah berlari. Namun pelari yang menggunakan pakaian compression amat jarang merasa pegal setelah berlari.
  4. Pakaian compression dapat melindungi Anda dari terik matahari karena bahan yang digunakan dapat menyerap panas dengan efektif.
  5. Pakaian compression dapat menjaga Anda dari kegerahan karena keringat. Pakaian compression biasanya juga memiliki bahan yang dapat menyerap keringat dengan sangat baik. Maka Ana tidak akan merasa lembab dan gerah ketika berolahraga.
  6. Pakaian compression dapat melindungi Anda dari kemungkitan tergores benda asing ketika terjatuh atau tidak sengaja bertabrakan dengan orang lain ketika berolahraga.
  7. Pakaian compression dapat memperlancar aliran darah ketika berolahraga sehingga tubuh dapat bekerja lebih maksimal.

Tipe Pakaian Compression yang Wajib Diketahui

Pakaian compression dapat dibedakan menjadi dua jenis bila dipisahkan berdasarkan area otot, yakni:

  1. Compartmental compression. Pakaian compression ini biasanya digunakan untuk olahraga yang menitikberatkan pada otot-otot tertentu yang rawan membuat cedera
  2. Graduated compression. Pakaian compression ini dipakai untuk kegiatan olahraga reguler seperti lari, yoga dan angkat beban.

Sedangkan bila meilihat tingkat compression yang dihasilkan, pakaian ini dipisahkan menjadi empat level, yakni:

  1. Mild Pakaian compression jenis ini biasanya memiliki level tekanan 8-15 mmHg (milimeter merkuri)
  2. Moderate Pakaian compression jenis ini biasanya memiliki level tekanan 15-20 mmHg (milimeter merkuri)
  3. Firm Pakaian compression jenis ini biasanya memiliki level tekanan 20-30 mmHg (milimeter merkuri)
  4. Extra firm Pakaian compression jenis ini biasanya memiliki level tekanan 30-40 mmHg (milimeter merkuri)

Menurut para ahli, pakaian compression yang ideal untuk berolahraga reguler adalah pakaian bertipe mild compression. Firm compression dan extra firm compression tidak dianjurkan untuk Anda yang weekend warrior. Pakaian ini juga tidak dianjurkan dipakai ketika Anda tidur.

Nah, apakah Anda merasa benar-benar butuh salah satu jenis pakaian compression? Di iPrice Indonesia, Anda dapat memilih berbagai tipe pakaian compression sesuai kebutuhan Anda. Salah satunya yaitu di etalase virtual brand 2XU. Tapi ingatlah, membeli barang olahraga harus sesuai kebutuhan Anda. Heart not hype!

NEW