Produk
Kupon
Trend
Naik
0 produk ditemukan

Untuk mobil kesayangan, memilih ban jangan asal-asalan! Simak artikel ini untuk mengetahui kriteria ban mobil yang baik.

Kami tidak menemukan produk yang dicari, periksa ejaan dan filter Anda.

Ketahui Kriteria Ban Mobil yang Baik Sebelum Memilih Ban Accelera Indonesia

Salah satu bagian yang paling penting dalam mobil adalah ban. Tentu saja tanpa keempat ban, mobil kita tidak akan bisa jalan. Ban merupakan bagian dari sistem pengendalian, akselerasi, dan sebagai tumpuan cengkeraman kendaraan terhadap jalan pada saat melakukan pengereman. Karena itu, penting bagi Anda untuk memasang ban mobil terbaik. Berikut ini terdapat kriteria ban mobil yang bagus yang perlu Anda ketahui.

Tipe dan Ukuran

Gunakankan tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan untuk mobil Anda. Umumnya Anda bisa mengetahui info ini pada plakat yang ada di pintu mobil, laci dashboard, di belakang tutup tangka bahan bakar, atau pada buku manual mobil. Sebagai contoh, misalnya ban mobil Anda berkode 205/65R1595H. Angka 205 menunjukkan lebar nominal bagian ban dalam ukuran millimeter. Angka 65 menunjukkan rasio aspek perbandingan antara tinggi ban dengan lebar bagian ban.

Di samping itu, huruf R menunjukkan konstruksi ban dengan lapisan radial. Angka 15 menunjukkan diameter nominal penggunaan velg roda (15 inci). Kode 95H adalah simbol yang menunjukkan kapasitas beban dan kecepatan ban yang aman untuk dioperasikan. Kode tersebut menunjukkan beban maksimum yang ditanggung mencapai 690 kg per ban, dan H merupakan kecepatan maksimum 210 kmh. Jangan salah memilih ukuran yang tidak sesuai dengan velg. Selain tidak bisa terpasang dengan pas, hal itu juga bisa mengganggu keamanan dan kenyamanan Anda saat berkemudi.

Lebar Ban

Hal ini perlu Anda perhatikan, jangan sampai Anda membeli ban yang tidak sesuai dengan mobil Anda. Penting untuk memperhatikan lebar ban, semakin lebar ukuran ban maka semakin kuat daya cengkeramnya. Namun bukan berarti Anda harus memasang ban selebar ban truk ya! Fungsi utama ban adalah untuk keamanan dan kenyamanan Anda berkemudia, bukan hanya untuk tampilan saja.

Pola Tapak

Selain lebar, pola tapak juga berpengaruh pada daya cengkeram dan akselerasi. Alur normal pada umumnya juga memiliki tingkat kenyamanan yang cukup baik. Akan tetapi, jika Anda sering berkendara di daerah basah yang memiliki curah hujan tinggi, disarankan untuk memilih ban beralur V. Ban dengan tapak beralur ini mampu memberikan daya cengkeram yang lebih baik ketika melintai genangan. Memilih pola tapak ban sangat tergantung pada tipe jalan yang sering Anda tempuh, jauhnya, serta kondisi jalannya. Meskipun menggunakan mobil dengan merek dan tipe yang sama, penggunaan ban bisa berbeda-beda.

Profil Ban

Ban dengan profil tipis, seperti 40 atau 50 memang terlihat keren ketika digunakan. Akan tetapi, ada juga sisi buruknya yang perlu Anda ketahui. Ban dengan profil tipis sangat riskan ketika digunakan untuk melintasi jalanan yang buruk, karena velg lebih mudah rusak.

Oleh karena itu, produsen pembuat mobil pada umumnya memasang ban dengan profil tebal. Semakin besar ukuran mobil atau semakin banyak penumpang, sangat dianjurkan untuk menggunakan ban berprofil semakin tebal untuk mengurangi resiko velg rusak. Hindari penggunaan ban dengan profil tipis. Jangan sampai Anda harus ganti velg baru tiap kali bertemu polisi tidur atau guncangan-guncangan di jalanan!

Bagi Anda yang bingung ban mobil apa yang berkualitas, Anda bisa menggunakan ban mobil dari Accelera yang memiliki teknologi soft compound sehingga memiliki tingkat kenyamana yang tinggi saat digunakan. Ban Accelera merupakan ban yang didesain tangguh dengan traksi tinggi dan fungsi pengereman yang mantap. Anda bisa mendapatkan ban mobil Accelera ini secara online di iPrice Indonesia.

Kategori Produk

Elektronik

Fashion

Outdoor

Rumah Tangga

Mainan & Anak

Kesehatan

Otomotif

Lihat semua