Naik
8 produk ditemukan

Aksesoris yang tidak pernah lekang waktu, yakni jam tangan. Simak artikel ini untuk informasi menghilangkan karat pada jam tangan Anda.

Kunjungi Toko
Akribos XXIV Omni Men's Sunburst Dial Calendar Jam Tangan - Silver Black [Ak858-Ssb]
Rp 2.900.000
Blibli
Kunjungi Toko
−11%
Akribos XXIV Women's Ak556Gy Multi-Function Dazzling Strap Watch (Intl)
Rp 794.000 Rp 898.000
Lazada
Kunjungi Toko
Akribos XXIV Omni Sunburst Dial Calendar Men's Watch Jam Tangan - Silver [Ak858-Ss]
Rp 2.900.000
Blibli
Kunjungi Toko
Akribos XXIV Omni Sunburst Dial Calendar Men's Watch Jam Tangan - Blue [Ak858-Bu]
Rp 2.900.000
Blibli
Kunjungi Toko
Akribos XXIV Element Radiant Dial Bracelet Men's Watch Jam Tangan - Gold [Ak948-Ttg]
Rp 2.500.000
Blibli
Kunjungi Toko
Akribos XXIV Element Radiant Dial Bracelet Men's Watch Jam Tangan - Silver [Ak948-Ss]
Rp 2.500.000
Blibli
Kunjungi Toko
Akribos XXIV Omni Sunburst Dial Calendar Men's Watch Jam Tangan - Yellow Gold [Ak858-Yg]
Rp 2.900.000
Blibli
Kunjungi Toko
−32%
Akribos XXIV Ak499-Yg Men's Mechanical Watch Jam Tangan Pria - Yellow Gold
Rp 1.972.000 Rp 2.900.000
Blibli

Cara Mudah Hilangkan Karat pada Jam Tangan yang Anda Miliki

Jam tangan merupakan salah satu fashion item yang hampir selalu dipakai sehari-hari untuk memberikan penampilan yang lebih stylish baik itu jam tangan analog maupun jam tangan digital. Namun kadang terdapat noda-noda karat yang biasanya “mampir” pada jam tangan yang terbuat dari logam akibat pemakaian. Memang terdapat banyak model jam tangan yang dijual di pasaran, mulai dari yang berbahan plastik hingga logan. Meskipun bahan logam dalam pembuatan jam tangan dapat mencerminkan kesan elegan, dewasa, dan smart, tetapi jam tangan jenis ini memiliki kekurangan yakni sifat bawaan logam yang korosif dan menyebabkan karat.

Umumnya jam tangan akan berkarat setelah tiga sampai enam bulan pemakaian, bahkan ada beberapa yang langsung berkarat setelah dipakai. Hal ini bisa disebabkan karena penyemprotan parfum yang mengenai bagian logam, keringat, sabun, atau air hujan. Elemen lingkungan tersebut dapat menyebabkan korosi pada jam tangan sehingga membuatnya berkarat. Beberapa cara mencegah sifat korosif pada logam adalah dengan melakukan pelapisan. Jika jam tangan Anda sudah menunjukkan noda berkarat, jangan sedih dulu atau buru-buru membuangnya ke tong sampah, karena karat yang masih berupa noda masih bisa dibersihkan dengan trik-trik berikut ini.

Hilangkan Noda Karat Jam Tangan dengan Cuka

Asam cuka ternyata dapat menghilangkan noda karat pada jam tangan Anda, lho. Gunakanlah cuka apel (apple cider vinegar) atau cuka putih. Meski cuka putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat tapi kurang efektif bila dibandingkan dengan cuka apel. Sebelum menghilangkan karat dengan cuka, Anda harus pastikan terlebih dulu bahwa jam tangan Anda tahan air, karena nantinya jam tangan harus direndam dalam cuka apel untuk waktu yang cukup lama. Cara menghilangkan karatnya adalah sebagai berikut:

  • Tuang cuka pada mangkuk kecil atau gelas hingga seluruh bagian jam tangan tertutupi.
  • Rendam jam tangan yang berkarat dalam cuka dan biarkan semalaman, bila dalam semalam tidak hilang Anda bisa lanjutkan perendaman sampai dua atau tiga malam. Asam cuka tergolong zat yang ringan sehingga butuh waktu yang lama untuk mengikis karat.
  • Ambil jam yang sudah direndam dan gosok dengan sabut aluminium yang ditetesi dengan cuka apel.

Hilangkan Noda Karat Jam Tangan dengan Kentang

Masih dari barang-barang dari dapur, Anda juga bisa menggunakan kentang untuk membersihkan noda karat pada jam tangan. Hal ini dikarenakan kentang mengandung asam oksalat yang dapat menghilangkan penumpukan karat. Jika jam tangan Anda tidak water resistant, Anda bisa menggunakan cara yang satu ini. Cara menghilangkannya pun mudah, iris kentang menjadi beberapa bagian lebar yang agak tipis. Lapisi salah satu sisi kentang dengan soda kue. Gosok area jam tangan yang berkarat menggunakan bagian kentang yang dilapisi soda kue. Lanjutkan penggosokkan dengan sabut aluminium.

Hilangkan Noda Karat Jam Tangan dengan Jeruk Nipis

Lemon atau jeruk nipis tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit, tapi juga mampu membersihkan karat. Jika ingin menggunakan cara ini, jam tangan Anda harus tipe water resistant. Cara menghilangkan karat dengan jeruk nipis juga sangat mudah. Peras jeruk nipis dan tambahkan sedikit air. Jangan terlalu banyak karena akan mengurangi kandungan zat asam. Taburi bagian jam yang berkarat dengan garam dan rendam dalam air jeruk nipis. Sama seperti cuka apel, jeruk nipis juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membersihkan karat. Kemudian kikis karat dengan sabut aluminium.

Kategori Produk

Elektronik

Fashion

Outdoor

Rumah Tangga

Mainan & Anak

Kesehatan

Otomotif

Lihat semua