Kursi roda adalah alat bantu yang digunakan oleh orang yang mengalami kesulitan berjalan menggunakan kaki, baik dikareanakan oleh penyakit, cedera, maupun cacat. Simak artikel ini untuk mengetahui jenis-jenis kursi roda.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

5 Obat Maag Terbaik Harga Terjangkau yang Mudah Didapat Saat Butuh

Saking paniknya karena perut terlalu sakit, kita jadi tidak bisa berpikir jernih apa obat maag terbaik yang bisa dikonsumsi.

Obat-obatan yang Krusial Dibawa Saat Traveling, Untuk Jaga-jaga!

Sakit ketika sedang jalan-jalan adalah momok yang paling dihindarkan. Maka, jaga diri dan kesehatan jasmani dengan persediaan obat ini.

Jangan Salah Pilih, Kondommu Harimaumu

Bijak-bijaklah dalam memilih kondom. Selain karena berbahaya, benda kenyal ini juga cerminan kepribadian Anda.

Kumpulan Diet yang Tak Melulu Soal Lemak, Pernahkah Anda Coba?

Kita tidak akan berbicara tentang diet lemak ya! Ini adalah kumpulan diet yang lebih penting daripada sekadar membuat tubuh langsing.

Anda mungkin juga menyukai

Jenis-Jenis Kursi Roda yang Perlu Anda Ketahui

Kursi roda umumnya digunakan oleh orang yang memiliki cedera atau cacat kaki. Sebagai alat bantu yang digunakan oleh orang yang mengalami kesulitan berjalan menggunakan kakinya baik dikarenakan penyakit atau cedera, kursi roda juga memiliki berbagai jenis sesuai kebutuhan pengguna. Kursi roda adalah alat medis yang berguna untuk menunjang orang yang lumpuh untuk dapat bergerak dan melakukan segala macam aktivitas baik di dalam maupun di luar ruangan.

Pemakaian kursi roda bisa digerakkan dengan cara didorong oleh orang lain, digerakkan dengan menggunakan tangan, maupun dengan menggunakan mesin otomatis. Setiap pasien memiliki keterbatasan dan kebutuhan yang berbeda satu sama lainnya. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli kursi roda yang tepat, sebelumnya Anda harus mengetahui jenis-jenis dan kebutuhannya.

Kursi Roda Manual

Kursi roda manual yaitu jenis kursi roda yang digerakkan dengan tangan si pengguna kursi roda. Bobot dari kursi roda jenis ini berkisar antara 21-24 kilogram dan bisa dilipat. Kursi roda manual pun masih terbagi dalam dua macam yaitu kursi roda standar dan kursi roda reclining.

Kursi roda standar yaitu umumnya digunakan oleh pasien di Rumah Sakit. Sedangkan kursi roda jenis reclining yaitu kursi roda rebah yang fungsinya memudahkan pasien untuk menyandarkan kepalanya agar dapat duduk lebih nyaman. Kemiringan sandaran punggung berkisar kurang lebih 145 hingga 180 derajat sesuai kebutuhan pasien.

Kelebihan dari kursi roda manual ini adalah harganya yang terjangkau sehingga dapat menghemat anggaran Anda ketika benar-benar membutuhkan kursi roda ini. Kursi roda manual juga cocok untuk pemakaian jangka pendek seperti untuk pasien yang mengalami cedera kaki. Kekurangan kursi roda manual adalah pengguna harus memutar sendiri rodanya agar kursi roda tersebut dapat berjalan. Jika pengguna merupakan tipe orang yang memiliki mobilitas tinggi tentu akan membuatnya cepat lelah karena harus terus-terus memutar roda pada kursinya.

Kursi Roda Elektrik

Kursi roda elektrik yaitu kursi roda yang digerakkan dengan tenaga baterai atau listrik. Model ini juga bisa disebut dengan motorized wheel chair dan sering dilengkapi dengan remote control. Ada pula jenis khusus yang dirancang untuk kemudahan dalam bepergian atau sedang liburan. Kursi roda jenis ini umumnya dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki bobot yang lebih ringan dibanding kursi roda manual, yaitu dengan berat antara 12 hingga 15 kilogram saja.

Kelebihan dari kursi roda elektrik adalah tentu saja pengguna tidak perlu repot-repot memutar rodanya sendiri atau meminta bantuan orang lain untuk mendorong kursi rodanya. Kursi roda elektrik juga sangat praktis jika dibawa bepergian atau jalan-jalan, serta cocok digunakaan dalam jangka waktu panjang. Kekurangan dari kursi roda elektrik adalah harganya yang cukup menguras dompet jika membelinya dalam kondisi baru. Kursi roda elektrik juga akan merepotkan bila terjadi kerusakan di listriknya, serta harus secara rutin untuk mengisi ulang daya baterainya.

Dapatkan Ragam Kursi Roda di iPrice Indonesia

Mendengar kata kursi roda pun Anda pasti kebingungan harus membeli benda tersebut di mana. Selain menjual pakaian wanita dan pria, barang elektronik, dan lainnya, iPrice Indonesia juga menjual peralatan medis yang sangat berguna bagi Anda yang sedang membutuhkan, lho! Mulai dari kursi roda, alat timbangan berat badan, alat pengukur kadar gula, hingga alat pengukur kadar lemak. Kini Anda bisa membeli semua peralatan medis tersebut secara online dengan harga termurah di situs iPrice Indonesia. Selamat berbelanja!