Lengkapi hobi musik Anda di toko online Alice. Simak artikel ini untuk informasi lebih lanjut.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Macam-Macam Jenis Gitar

Gitar. Alat musik petik satu ini memang cukup populer di kalangan anak muda. Sudah nggak diragukan lagi deh bagaimana kerennya orang yang sedang bermain gitar. Wajahnya terlihat syahdu, jarinya-jarinya juga lentik memainkan lagu. Kurang keren apalagi coba? Pantas saja semua orang berlomba-lomba ingin bisa memainkan alat musik ini.

Tapi, kekerenan yang ditimbulkan ini nggak datang dengan instan, lho. Demi mempelajari alat musik satu ini ada beberapa orang yang bahkan rela merogoh kocek demi ikut kursus dan belajar langsung dari ahlinya. Namun sebelum Anda belajar alat musik petik yang satu ini, kenali dulu yuk seluk beluk tentang gitar.

Secara umum gitar dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu kelompok gitar akustik dan gitar elektrik. Cara membedakan keduanya sangat mudah karena Anda hanya melihat apakah gitar tersebut bisa disambungkan dengan sound system atau tidak.

Gitar Akustik

Gitar akustik sebenarnya dapat dibagi lagi menjadi dua berdasarkan jenis senarnya yaitu gitar akustik dengan senar nilon dan gitar akustik dengan menggunakan kawat/string. Tetapi secara umum bagian-bagian gitarnya sama hanya mungkin bedanya terdapat pada headstock yang didesain sesuai model tertentu.

Umumnya gitar akustik dengan senar nilon sering digunakan oleh para gitaris klasikal seperti Andreas Segovia, sedangkan gitar akustik dengan senar kawat kebanyakan digunakan oleh para gitaris fingerstyle seperti Sungha Jung, Andy, Mckee, dan lain-lain. Desain gitar akustik juga ada beberapa macam dan tidak terpaku pada enam senar saja, contohnya adalah gitar dengan 12 senar (biasanya untuk musik country).

Gitar Elektrik

Perbedaan mendasar antara gitar elektrik dan gitar akustik adalah bodi gitarnya yang mempengaruhi sound yang dihasilkan. Maksudnya gitar elektrik sangat tergantung sound dari perangkat pendukung lain. Kalau gitar akustik Anda tidak memerlukan sound system untuk membunyikannya, gitar elektrik sangat tergantung dengan sound system seperti amplifier agar suaranya terdengar jelas. Konstruksi gitar elektrik biasanya terbuat dari kayu solid yang kemudian dipasang pickup untuk menangkap suara.

Macam-Macam Aksesoris Gitar dari Alice Indonesia

Anda sedang memulai hobi gitar? Gitar menjadi salah satu alat musik yang sangat digemari oleh anak-anak muda Indonesia. Selain mudah untuk dipelajari, gitar mampu menghasilkan suara yang merdu dan enak sebagai penggiring lagu. Namun tidak hanya gitarnya saja yang perlu Anda miliki, Anda juga perlu mengenal macam-macam aksesoris gitar beserta kegunaannya berikut ini:

Case Gitar

Case atau sering disebut dengan tas gitar digunakan untuk menyimpan gitar atau bisa digunakan untuk melindungi gitar saat dibawa bepergian. Case ini terdapat dua macam yaitu hardcase dan softcase. Hardcase terbuat dari kayu atau plastik dan softcase terbuat dari kain.

Pick Gitar

Kegunaan pick gitar adalah sebagai alat bantu untuk memetik senar gitar. Pick adalah alat bantu untuk memetik gitar sehingga Anda tidak perlu menyentuh jari secara langsung ke senar gitar. Bentuk pick ini pada umumnya berbentuk segitiga sama kaki dengan dua sudutnya dibuat sama bulat dan satu sudutnya dibuat bulat tapi agak lebih runcing. Bahan dasar dari pick ini pada umumnya bahannya berasal dari plastik, fiber, karet, kaca, dan lain-lain. Pick gitar memiliki banyak bentuk, yakni:

Triangle: pick yang berbentuk segitiga dengan tegas dan sedikit lebar

Teardrop: memiliki bentuk standar yang paling sering dipakai dengan sudut yang membulat

Small teardrop: sama seperti teardrop namun ukurannya lebih kecil

Pentagon: berbentuk seperti menara gedung yang terbalik

Leaf: berbentuk seperti gigi taring namun sedikit melengkung pada ujungnya

Strap Gitar

Strap adalah alat bantu agar Anda bisa memainkan gitar sambil berdiri. Strap ini tidak hanya digunakan pada gitar listrik dengan sedikit tamban Anda juga bisa memasang strap pada gitar akustik.

Hanger Gitar

Kegunaan hanger gitar untuk menggantung gitar ditembok saat tidak dipakai. Namun terdapat juga hanger dengan model yang diletakkan di lantai dengan nama stand.

Screeching Halt

Kegunaan screehing halt untuk menutup lubang pada gitar akustik agar tidak mengalami feedback. Screeching halt ini juga dapat meningkatkan suara pada gitar akustik.

Capo

Kegunaan Capo adalah untuk menjepit senar dengan tujuan menaikkan nada dasar. Capo adalah alat yang digunakan gitaris untuk meningkatkan posisi los senar (open string) dengan tujuan untuk memudahkan gitaris untuk memainkan akor dengan nyaman. Capo didesain untuk menaikkan nada pada semua bagian senar dari senar nomor 1 hingga nomor 6 secara bersamaan sesuai dengan stem awalnya.

String Winder

Alat ini digunakan untuk memutar tuning atau peg agar lebih cepat. Digunakan saat mau melepas senar saja bukan untuk menstem gitar.

Slider

Digunakan untuk gitaris yang suka main musik country dan bluse yang banyak menggunakan teknik slide. Cara penggunaannya tinggal memasukkan jari kelingking atau jari manis pada slider yang berbentuk silinder ini.

Tuner

Alat ini mempermudah Anda untuk menstem atau mengatur nada gitar. Cara kerja alat ini adalah dengan mendeteksi dan menampilkan pitch saat gitar dimainkan. Ada jenis beberapa tuner gitar ada yang portable berbentuk kotak dan bisa disimpan di saku, ada juga tuner klip yaitu tuner yang dijepit pada headstock.

Dapatkan Aksesoris Gitar Impian Anda di iPrice Indonesia

Toko online Alice menjual berbagai macam aksesoris untuk menunjang hobi bermain gitar Anda seperti senar gitar, pick gitar, dan juga buku-buku untuk mengasah skill Anda agar lebih baik lagi. Lengkapi hobi Anda secara online di iPrice Indonesia. Selamat berbelanja!

NEW