Hobi oprek perangkat audio di mobil? Simak dulu tautan ini agar nanti Anda tidak merusaknya karena ketidaktahuan.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Alpine, Untuk Orang Indonesia yang Hobi Oprek Perangkat Audio Mobil

Demi musik yang memanjakan telinga, banyak pemilik mobil rela mengalokasikan uang untuk mengutak-atik speaker, tape dan perangkat audio lain yang ada di dalam kendaraan roda empat mereka. Biaya yang disuntikkan untuk meningkatkan performa sistem car entertainment ini juga tidaklah sedikit.

Ada orang yang tidak paham dengan masalah audio memilih untuk memnyerahkan pengerjaannya pada orang-orang yang ali. Ada pula orang yang ingin mengkustomisasi sendiri perangkat audio pada mobilnya. Mereka yang ingin merakit sendiri sistem hiburan di mobil pada masa kini juga telah dimudahkan karena banyak situs yang menjual dan merekomendasikan perangkat car audio. Salah satunya di iPrice Indonesia yang memiliki etalase produk dari merek Alpine.

Tapi bila Anda tidak terlalu ahli untuk merakit audio sendiri, resiko yang akan dihadapi sungguhlah besar. Terlebih bila mobil Anda merupakan mobil masa kini kelas high-end yang telah amat canggih. Tahukah Anda bahwa sejumlah mobil terbaru yang dikeluarkan oleh berbagai merek ternama memiliki sistem yang sangat terintegrasi satu sama lain di dalam operasi mobilnya.

Misalnya sistem air bag terintegrasi dengan audio, ECU, brake assist, kontrol traksi, sistem keamanan, data display, hingga sistem navigasi satelit (SATNAV). Jika Anda asal-asalan bekerja, maka salah satu fitur ini akan berpotensi mengalami kerusakan dan berujung pada pengeluaran yang lebih besar untuk memperbaiki kerusakan yang Anda buat.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Utak Atik Audio Mobil

Memasang sisem audio pada sebuah mobil merupakan pekerjaan yang menyenangkan. Tentu saja akan menyenangkan bila Anda paham dengan yang akan dilakukan. Namun tak jarang ketika mengutak-atik sistem audio mobil mengantarkan Anda pada pengelaman yang tidak mengenakkan, bisa saja karena speaker rusak atau suara audio tidak sesuai dengan yang dibayangkan. Pengalaman yang benar-benar berharga untuk dipelajari bukan?

Meski pengalaman buruk dapat menjadi pelajaran berharga, namun Anda dapat menghindarinya. Selain karena agar tidak ada uang tambahan yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki audio yang rusak, terkadang proses perbaikannya juga memakan waktu panjang. Terlebih bila tempat audio yang Anda pilih sedang melakukan pekerjaan untuk pelanggan lain. Berikut kami rangkum sejumlah hal yang bisa Anda hindari ketika ingin mengutak-atik audio mobil kesayangan:

  • Lack of Planning
  • Tidak mematikan sistem perlistrikan pada mobil
  • Perangkat yang tidak sesuai dengan perangkat lain
  • Tempat audio yang tidak layak
  • Tidak menambah daya/aki pada mobil
  • Menggunakan peralatan yang tidak sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda
  • Abai pada head unit

Lack of Planning

Poin pertama, ketika Anda tidak mematangkan rencana terkait audio system, maka jangan heran bila Anda acap mengalami kebuntuan dalam mengutak atik perangkat audio mobil Anda. Setidaknya, tanyakanlah pada diri sendiri beberapa pertanyaan mendasar seperti, “apa yang Anda inginkan untuk mobil Anda?”, “perangkat apa yang memungkinkan untuk dipasang pada mobil Anda?”, atau “berapa banyak uang yang akan Anda habiskan untuk diinvestasikan pada perangkat audio di mobil?”. Pertanyaan-pertanyaan seperti ini akan membangun gambaran tentang rencana apa yang akan disusun sebelum mengutak-atik audio mobil.

Tidak mematikan sistem perlistrikan pada mobil

Beberapa orang terkadang ceroboh ketika tengah mengutak-atik sistem audio mobilnya. Orang-orang seperti ini cenderung lupa mematikan sistem perlistrikan di mobil saat bekerja. Padahal ketiadaan arus listrik menjadi sangat penting ketika Anda membongkar bagian dalam mobil. Ini dapat melindungi Anda dari cedera karena tersengat tegangan dan juga dapat meminimalisir hubungan arus pendek yang membuat rusak berbagai perangkat lain pada mobil.

Perangkat yang tidak sesuai dengan perangkat lain

Ada orang yang asal-asalan membeli perangkat audio untuk mobilnya. Pertimbangannya barangkali harga yang murah atau ketersediaan barang. Padahal, tidak semua perangkat audio kompatibel dengan perangkat di mobil.

Memasang perangkat yang tidak setipe akan memunculkan sejumlah masalah pada bagian dalam mobil. Mulai dari kemungkinan menularkan kerusakan pada komponen lain seperti subwoofer, amplifier, tape hingga rusaknya sistem listrik untuk pengoperasian mobil itu sendiri. Maka, sebelum Anda membeli sebuah perangkat, pastikan perangkat terkait cukup kompatibel dengan perangkat mobil Anda.

Tempat audio tidak layak dan tidak tepat

Kesalahan penempatan akan membuat sejumlah masalah di masa depan. Bisanya bila penempatan audio system Anda asal-asalan, maka harga mobil akan jatuh ketika dijual. Dan bila Anda ingin mengembalikan penempatan audio seperti sedia kala, maka sejumlah uang pengeluaran pun harus disediakan.

Tidak menambah daya/aki pada mobil

Biasanya daya listrik bawaan pabrik pada mobil tidak didesain untuk menjalankan perangkat audio system yang telah Anda upgrade. Bila dipaksakan, bukan tidak mungkin mobil akan mogok atau audio tidak berjalan sebagaimana mestinya. Karena itu, bila Anda melakukan upgrade pada audio system, lakukan pula peningkatan daya pada aki yang dipakai pada mobil Anda.

Menggunakan peralatan yang tidak sesuai dengan kebutuhan

Peralatan yang tidak lengkap atau tidak mendukung akan menyulitkan proses pekerjaan Anda. Bisa saja alat yang Anda pakai justru mematahkan baut atau komponen lain audio system. Maka, sebelum mengutak-atik perangkat audio, belilah peralatan yang cukup lengkap.

Abai pada head unit

Head unit merupakan bagian esensial pada perangkat audio di dalam mobil. Tidak maksimalnya output suara yang keluar dari speaker terkadang bukan disebabkan oleh speaker yang jelek. Bisa jadi mobil Anda menggunakan head unit yang berkualitas di bawah standar. Ada beberapa merek head unit yang terkenal menghasilkan suara bagus. Salah satunya yakni Alpine. Anda dapat mencermati di Iprice Indonesia beberapa jenis head unit produksi merek Amerika ini.

NEW