Prosesor dan aneka produk AMD lainnya dijual termurah di iPrice Indonesia! Bingung memilih antara AMD dan Intel? Ulasan ini dapat membantu.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Daftar Harga AMD Terbaik 2020

10 Produk Terbaik Harga Toko
AMD Radeon R7 Rp 2.395.000 Bukalapak
AMD A6-6400K Rp 617.500 Blibli
AMD Phenom II X4-955 Rp 333.000 Bukalapak
AMD Radeon R3 Rp 1.344.000 Shopee
AMD FX-4100 Rp 320.000 Lazada
AMD Athlon X4-860K Rp 673.200 Bukalapak
AMD A8-6600K Rp 650.000 Bukalapak
AMD Athlon X4-880K Rp 1.665.000 Shopee
AMD Athlon X4-845 Rp 837.000 Shopee
AMD Athlon X4-870K Rp 500.000 Shopee
Terpopuler
AMD Radeon R7

Termurah di Bukalapak Rp 2.395.000 Kunjungi Toko

Kelebihan dan Kekurangan Prosesor AMD dan Intel, Mana yang Lebih Baik?

Saat memilih gadget seperti HP, tablet, laptop maupun PC, hal-hal apa saja yang kamu perhatikan? Desain, teknologi, fitur, harga? Bagaimana dengan prosesor? Bagi mereka yang hobi gadget, terutama komputer, prosesor adalah salah satu komponen penting yang menjadi faktor penentu apakah akan membeli atau tidak. Jika kamu termasuk orang yang tidak begitu peduli terhadap gadget, ada baiknya kamu mengenal prosesor lebih dalam agar tidak salah pilih. Di pasaran, ada dua buah prosesor yang menjadi unggulan dan senantiasa bersaing, yaitu AMD dan Intel. Sebagian besar orang mengenal Intel, tapi tidak begitu dengan AMD. Sebelum kita membahas kelebihan dan kekurangan prosesor AMD dan Intel, mari mengenal prosesor lebih lanjut.

Prosesor adalah otak sebuah komputer yang berperan penting pada jalan dan kinerja komputer tersebut. Tak peduli apa hardware yang digunakan pada sebuah komputer, jika prosesornya tidak oke maka hardware tersebut akan berjalam lambat. Saking pentingnya prosesor, banyak produsen berusaha untuk memperbaiki dan mengembangkan agar dapat meningkatkan kinerja komputer. Di dunia ini, modifikasi pada prosesor bisa terjadi dalam hitungan detik! Sebagian besar orang di dunia, termasuk Indonesia, mempercayakan AMD dan Intel sebagai otak komputer mereka.

Bentuk prosesor kecil, berupa chip Integrated Circuit (IC) yang berfungsi mengontrol seluruh sistem komputer. Prosesor adalah otak dari kegiatan komputer dalam melakukan perhitungan dan menjalankan tugas input serta output. Dimana prosesor terletak? Ada pada soket motherboard! Kamu bisa mengganti prosesor sebuah komputer dengan prosesor lainnya asalkan sesuai dengan soket motherboard dan sistem motherboard dapat mendukung prosesor tersebut. Semakin cepat sebuah prosesor, semakin cepat pula sebuah komputer bekerja. Sekarang, ukuran prosesor sangat kecil sehingga disebut sebagai microprocessor. Kecil-kecil cabe rawit, prosesor mampu memproses data dengan sangat cepat, lho!

Advanced Micro Devices, inc. (AMD) adalah perusahaan semikonduktor multinasional asal Amerika yang berbasis di California, Amerika. AMD memproduksi sirkuit terpadu, prosesor komputer dan beberapa produk teknologi lainnya. AMD adalah suplier prosesor kedua terbesar di dunia dan merupakan satu-satunya saingan Intel. Banyak orang memilih AMD karena harga prosesor yang ditawarkan lebih murah, namun soal kualitas dapat menyamai Intel. Pada tahun 2006 lalu, AMD mengambil alih perusahaan grafis terkemuka Amerika, ATI Technology, yang merupakan penyedia prosesor kompatibel tersbesar di dunia. Beberapa prosesor yang dihasilkan oleh AMD yaitu AMD Sempron, AMD Athlon FX, AMD Athlon 64, AMD Athlon X2, AMD PHENOM X3, AMD PHENOM X4 dan AMD Bulldozer.

Saingan AMD adalah Intel Corporation, perusahaan multinasional Amerika yang juga memproduksi prosesor, terutama sirkuit terpadu. Intel juga memproduksi chipset papan induk, komponnen, kartu jaringan dan lain-lain. Intel sangat populer dengan proyek-proyek riset mereka megenai produksi semikonduktor, contohnya MEMS. Beberapa contoh prosesor yang dihasilkan oleh Intel adalah Intel Pentium 4, Intel Pentiu Dual-Core, Intel Core 2 Duo, Intel Core 2 Quad, Intel Core 2 Exrtreme dan Intel Core i3, i5, i7.

Kelebihan dan Kelemahan Prosesor AMD dan Intel

Dalam koleksi komputer AMD yang ada di iPrice Indonesia, kamu bisa menemukan rangkaian pilihan prosesor dengan harga termurah. Selain itu, kamu juga bisa membandingkan harga prosesor AMD idamanmu yang dijual oleh sebuah toko online dengan toko online lainnya! Sebelumnya, mari kita kupas kelebihan dan kelemahan prosesor AMD dan Intel agar kamu lebih yakin saat membuat keputusan.

Salah satu contoh kelebihan prosesor AMD daripada Intel adalah memiliki banyak instruksi yang bahkan tidak dimiliki oleh Intel. Set instruksi pada Intel adalah MMX, SSE, SSE2 dan SSE3, sementara AMD memiliki SSE2 dan 3DNow. Nah, dalam prosesor AMD 3DNow sebenarna sudah mencakup instruksi Intel. Kelebihan lainnya prosesor AMD dibandingkan prosesor Intel, L1 pada Intel maksimal 32k sementara pada AMD 128k. Tuh, sangat jauh kan, perbedaannya? Transistor pada AMD juga lebih banyak daripada Intel, yaitu 105 milyar berbanding 100 milyar.

Prosesor AMD juga lebih cepat daripada prosesor Intel karena memiliki jumlah Decoded, Integer dan FP yang lebih banyak. Namun, dari segi temperatur, kamu dapat mengatur temperatur Intel sehingga prosesor Intel dapat mengurangi kecepatan saat mulai panas. Sementara itu, temperatur maksimum pada AMD64 adalah 900C. Dari segi anti panas, prosesor Intel lebih unggul. Dilihat dari pengolahan komunikasi aplikasi seperti transfer data pada model, MP3, ADSL dan Dolby Digital Surround Sound, prosesor AMD lebih unggul daripada prosesor Intel.

Untuk pipeline, Intel memiliki pipeline yang lebih panjang daripada AMD namun sayangnya bermasalah saat pertukaran tugas. Akibatnya, prosesor tersebut bekerja lebih lambat daripada AMD. Membahas soal popularitas, lebih banyak orang yang mengenal Intel daripada AMD karena strategi marketing dan merek. Hal ini membuat harga prosesor Intel lebih mahal daripada AMD.

Jadi, mana yang lebih baik: prosesor AMD atau Intel? Hal ini bergantung dari kebutuhan dan besar budget yang kamu miliki. Prosesor Intel misalnya, membutuhkan banyak biaya karena performanya tinggi, dapat dilihat dari Intel i7. Sementara itu, dengan prosesor AMD kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk performa yang tinggi. Jika kamu memiliki budget besar, prosesor Intel bisa menjadi pilihan. Jika kamu memiliki budget kecil atau ingin hemat, prosesor AMD dengan harga yang lebih murah dan berkualitas setara Intel dapat menjadi pilihan. Prosesor Intel ternyata lebih kuat daripada prosesor AMD dari segi multimedia, namun prosesor AMD lebih unggul dari segi gaming.

Masih ada banyak koleksi AMD di iPrice Indonesia, seperti pakaian AMD, tv, video dan DVD AMD dan lain-lain.

NEW