Toko online Ashley menjual peralatan audio & Hi-Fi seperti mikrofon, set speaker, dan amplifier. Simak artikel ini untuk mengetahui jenis-jenis mikrofon.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Mengenal Kegunaan Mikrofon

Microphone atau Mikrofon yang biasa disebut “mic” merupakan salah satu perangkat elektronik yang memiliki banyak fungsi. Mikrofon memiliki fungsi yang sangat membantu kehidupan sehari-hari Anda, seperti alat bantu pendengaran, perekam suara, penyiaran radio maupun alat komunikasi lainnya seperti handphone, telepon, serta home entertainment seperti karaoke. Pada dasarnya mikrofon digunakan karena dapat mengubah audio menjadi sebuah getaran listrik sinyal analog yang selanjutnya diolah sesuai dengan kebutuhan. Hasil suara yang telah diolah tersebut biasanya dikeluarkan melalui alat yang dinamakan speaker.

Mikrofon dapat dengan mudah Anda temukan di studio rekaman, tempat ibadah, tempat karaoke, dan tempat-tempat yang menggunakan mikrofon sebagai alat untuk berkomunikasi. Mikrofon dapat mempermudah Anda untuk berkomunikasi langsung kepada banyak orang. Tidak perlu repot-repot lagi memberitahu satu-satu, karena dengan menggunakan alat tersebut semua orang bisa mendengar suara Anda. Pengoperasian alat ini pastinya juga harus didukung dengan speaker. Tanpa speaker, mikrofon tidak akan bisa bekerja dengan maksimal.

Jenis-Jenis Mikrofon

Setelah mengetahui kegunaan mikrofon, berikut ini terdapat jenis-jenis mikrofon yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Mikrofon Condenser

Mikrofon condenser biasa digunakan pada berbagai perangkat elektronik seperti ponsel, handsfree, headphone, dan lain-lain. Mikrofon jenis ini memiliki bentuk dan ukuran yang kecil sehingga praktis serta mudah dibawa kemanapun dan lebih membantu dalam kehidupan sehari-hari, seperti untuk menelepon, merekam suara dan lain sebagainya. Mikrofon jenis condenser harus menggunakan daya dalam pengoperasiannya yaitu menggunakan baterai, karena jika tidak mikrofon condenser tidak akan bekerja.

Mikrofon Dynamic

Kemudian ada mikrofon dynamic yang biasa mudah Anda temukan pada studio rekaman, tempat karaoke, dan lain-lain. Karena ukurannya yang cenderung lebih besar, maka kegunaannya tidak akan sama seperti mikrofon condenser. Mikrofon jenis ini biasa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang banyak seperti di tempat ibadah, tempat konser, sarana olahraga, dan lain-lain. Mikrofon ini juga bisa beroperasi tanpa membutuhkan daya listrik, sehingga sangat praktis jika Anda membutuhkannya di saat-saat penting.

Wireless Microphone

Mikrofon jenis ini memiliki ciri khas tidak memiliki kabel, namun memiliki baterai tersendiri untuk mentransmisikan suara yang dikeluarkan. Umumnya mikrofon wireless memiliki pelindung angin bernama windshield yang berfungsi untuk menghalau noise dari lingkungan luar. Fitur windshield ini juga mampu menyerap segala noise dari berbagai arah. Biasanya mikrofon jenis ini digunakan untuk entertainment, public speaking, seminar, dan untuk broadcasting di mana pembicara dapat pindah-pindah tempat saat berbicara.

Kenali Amplifier Berdasarkan Fungsinya

Secara luas, audio amplifier adalah perangkat elektronik yang berfungsi sebagai penguat daya output sinyal audio yang dikeluarkan. Amplifier berfungsi sebagai penguat sinyal audio atau sumber suara agar dapat didengar secara jernih, jelas, lembut dan kuat. Amplifier sendiri bekerja dengan bantuan beberapa fitur dari input impedansi, seperti CD, MP3, AUX dan DVD dan fitur output impedan, seperti USB, headphone, gitar input, microphone input dan stereo mini jack. Tidak hanya itu, banyak juga jenis amplifier yang kini menghadirkan fitur FM Stereo Radio dan fitur bluetooth. Dari situ kita bisa tahu jenis amplifier apa saja yang beredar di pasaran dan kiranya menjadi kebutuhan bagi para penikmat musik. Secara real, kita bisa melihat peran amplifier di rumah, di kantor, di mobil, di tempat karaoke, di sekolah, di mall dan di tempat umum lainnya.

Dengan adanya amplifier, mendengarkan musik dan berkaraoke di rumah dan di mobil jadi lebih asik dan energik. Amplifier karaoke, amplifier pemutar musik di mobil, dan amplifier untuk kebutuhan home theatre adalah beberapa contoh yang dapat kita temukan dan kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Kini menikmati musik, menonton DVD dan berkaraoke menjadi lebih asik karena kualitas suara yang baik dan dapat diandalkan untuk kebutuhan pengeras suara.

Membeli Amplifier Sesuai Kebutuhan

Setelah mengetahui profil dan informasi detail mengenai amplifier, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut sebelum membelinya agar tidak salah memilih. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli amplifier adalah menentukan jenis amplifier yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, perhatikan fitur dan daya maksimal amplifier yang akan dibeli. Pastikan juga Anda mengetahui fungsi fitur-fitur yang tertera agar Anda tidak bisa memilih jenis amplifier mana yang memilki spesifikasi yang baik menurut kebutuhan Anda. Kemudian, carilah beberapa situs internet, blog, thread atau forum sosial yang membahas tentang brand-brand unggulan amplifier beserta spesifikasinya. Pastikan Anda mencari informasi amplifier dari berbagai brand-brand unggulan, Anda bisa mencoba menggunakan amplifier dari Ashley.

Tips Menyanyi Karaoke dengan Baik

Nah, kini Anda sudah mengetahui baik soal mikrofon dan speaker, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah bernyanyi karaoke! Apakah Anda seseorang yang suka menyanyi namun tidak percaya dirri dengan suara Anda? Meskipun suara Anda tidak sebagus penyanyi aslinya namun tidak ada salahnya Anda mencoba belajar bernyanyi dengan benar. Berikut ini terdapat tips bernyanyi karaoke dengan baik:

Bernafas dengan Baik

Salah satu cara agar suara Anda terdengar enak adalah dengan memiliki teknik bernafas yang baik. Saat Anda mengambil nafas kemudian melepaskannya baru Anda bisa memulai menyanyi. Saat Anda tahu cara bernafas, Anda juga bisa mengetahui seberapa kuat Anda menghabiskan bait-bait lagu karaoke dalam satu tarikan nafas.

Penghayatan lagu

Saat Anda ingin menyanyikan suatu lagu, coba dalami dan hayati setiap nada dan lirik yang ada di dalamnya. Hal ini akan membuat Anda dapat memberikan sebuah penampilan yang maksimal. Mimik wajah dan gerak tubuh pun bisa membantu Anda agar tidak mati gaya. Tidak perlu merasa malu, anggap semua yang melihat adalah penggemar berat Anda. Eits… Tapi tetap jaga teknik pernafasan ya!

Dapatkan Peralatan Audio & Hi-Fi dari Ashley di iPrice Indonesia

Salah satu barang yang paling populer di toko online Ashley adalah peralatan audio & Hi-Finya yang terdiri dari mikrofon, amplifier, mobile speaker, perlengkapan studio, hingga karaoke sistem. Jika Anda tertarik untuk melengkapi kebutuhan entertainment di rumah Anda, segera dapatkan peralatan karaoke terlengkap yang bisa Anda dapatkan secara online di iPrice Indonesia.

Positif Seller NEW