Aneka aksesoris sepeda motor dan mobil Aspira dijual murah di iPrice Indonesia! Klik artikel ini untuk mendapat tips merawat mobil dan motor agar awet.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Tips Merawat Mobil dan Motor Agar Awet

Bagaimana jadinya kalau tidak ada mobil dan motor? Apalagi bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, kehadiran mobil dan motor sangatlah penting sebagai sarana transportasi. Menungggu kendaraan umum di Jakarta itu sangat merepotkan. Selain panas dan tidak tepat waktu, harus berdesak-desakan dan banyak copet! Mobil dan motor sudah menjadi sahabat baik sebagian besar orang Indonesia. Setiap kota di Indonesia sangat luas, kalau tidak punya mobil dan motor akan sulit untuk beraktivitas dan berpergian. Nah, bagi Anda yang sudah memiliki mobil dan motor, rawatlah mobil dan motor Anda agar awet dan tahan lama!

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat mobil:

Usahakan agar Kaca dan Cat Body Mobil Tidak Jamuran
Kalau rajin merawat mobil, kaca dan cat body mobil tidak akan jamuran. Namun, bagaimana kalau kaca dan cat body mobil masih jamuran padahal sudah sering dirawat? Begini, jamur suka sekali menempel pada kaca dan cat body Kaca dan cat mobil yan jamuran biasanya terjadi saat keadaan kaca dan cat body mobil berada dalam keadaan lembab atau mengalami pertukaran suhu yang esktrem. Misalnya, Anda suka memarkir mobil di tempat yang lembab, cuaca yang tadinya hujan tiba-tiba panas. Nah, kedua hal ini dapat memicu timbulnya jamur. Ketika mobil basah, segera lap hingga kering sebelum diparkir di tempat panas. Hindari memakai mantel mobel terutama saat musim hukan karena dapat mengundang jamur.
Hindari Tempat Panas Ketika Memarkir Mobil
Sinar matahari itu panas sekali dan berbahaya. Jika manusia saja bisa terkena sunburnt dan merasa pusing ketika berada di bawah terik matahari terus-menerus, begitu juga mobil. Hindari memarkir mobil di lapangan terbuka dengan sorotan sinar matahari secara langsung karena dapat membuat mobil menjadi panas dan warna cat memudar. Akibatnya, mobil jadi rusak dan kusam, deh! Ketika mencari tempat parkir, pilihlah yang teduh di bawah pohon atau di dalam gedung.
Bersihkan Interior Mobil Secara Rutin
Untuk tampil cantik, manusia harus sehat dari dalam dan dari luar. Mobil pun sama, agar tetap awet harus dirawat dari luar dan dalam. Selain rajin mencuci mobil, jangan lupa untuk membersihkan bagian interior mobil seperti dashboard, doortrim, sofa dan karpet. Untuk membersihkan interior mobil cukup dengan kain lap lembut dan produk pembersih. Karpet dapat dibersihkan dengan mesin penghisap debu, ditepuk-tepuk serta disikat (jika benar-benar kotor). Sebagai catatan, interior mobil yang perlu dibersihkan hanya yang berbahan karet atau plastik, ya.
Gantilah Oli Setiap 6 Bulan Sekali
Agar mesin mobil dapat berjalan dengan baik, gantilah oli mobil setiap 6 bulan sekali. Ingat, hal ini harus dilakukan secara rutin agar oli tidak mengendap di dalam mobil dan menodai bagian inti mesin. Noda yang menempel pada inti mesin akan membuat performa mobil menjadi tidak maksimal, lho!

Sementara itu, berikut adalah beberapa tips untuk merawat motor:

Khusus untuk Motor Baru…
Jika Anda baru saja membeli motor baru, ada beberapa tips yang dapat diikuti agar motor menjadi awet. Karena masih baru, jangan gunakan motor untuk membawa beban kecuali sudah mencapai 500 km karena oli masih tercampur dengan serpihan logam akibat gesekan mesin. Kendarai sepeda motor pada kecepatan yang stabil dari pelan hingga maksimal agar mesin lebih awet. Untuk motor baru biasanya Anda mendapat servis gratis dan ganti oli 3 kali jalan, manfaatkan pada km 500, km 1000 dan km 2000. Hal ini dapat membuat usia mesin lebih awet.
Tune Up Motor Secara Rutin
Jangan malas untuk tune up motor. Hal ini sangat penting untuk mengetahui apakah ada komponen yang tergores atau aus yang mengakibatkan setelan mesin berubah. Sebaiknya Anda melakukan tune up di bengkel resmi. Saat tune up, jangan lupa untuk membersihkan debu dan kotoran yang mengendap di karburator agar kinerja mesin menjadi maksimal. Anda dapat mulai melakukan tune up bila kilometer sudah mencapai 2000 km perjalanan, kecuali jika motor sudah terasa tidak nyaman dipakai.
Cara Pemakaian yang Baik
Untuk memakai motor, ada cara-cara yang dapat dilakukan agar motor awet dan tahan lama. Misalnya, jangan ‘menggember-gember’ gas motor Anda atau melakukan tarikan gas secara spontan. Selain norak, hal ini dapat membuat rantai mesin, katup bahan bakar, kopling dan lain-lain cepat aus. Jika jenis motor Anda manual, gunakanlah pemakaian gigi sesuai dengan kecepatan motor. Ketika jalan menanjak, kurangi gigi karena motor membutuhkan tenaga ekstra. Sebelum mengendarai motor, panaskan mesin motor terlebih dahulu agar oli dapat mengalir kedalam bagian mesin yang perlu dilumasi.

Produk Aspira Paling Laris di iPrice Indonesia

Berikut adalah aneka produk Aspira yang dijual secara online dengan harga termurah di iPrice Indonesia:

Produk Mobil Aspira – Dalam koleksi ini, iPrice Indonesia menjual aneka aksesoris mobil Aspira dengan harga murah. Beberapa pilihan aksesoris mobil Aspira yang laris manis terjual secara online adalah Aspira 4W Mi-58765-L3D-1700 Brake Shoe Set, Aspira 4W To-37230-Avz-1100 Center Bearing Assy, Aspira 4W Mi-10989-L3D-1800 Lower Arm [Right and Left Hand] dan Aspira 4W S4-7616A-Fut-1700 Cartridge Shock Absober.

Produk Sepeda Motor Aspira – Dalam koleksi ini, iPrice Indonesia menjual aneka aksesoris sepeda motor Aspira seperti ban motor dengan harga murah. Beberapa pilihan ban motor Aspira yang laris manis terjual secara online adalah Aspira Premio Sportivo 80/80-17 Front Ban Motor Tubeless (Free Pentil Tubeless), Aspira Premio Sportivo 120/70-17 Front dan Aspira Premio Sportivo 70/90-17 Front Ban Motor Tubeless (Free Pentil Tubeless).

Segera dapatkan koleksi mobil Aspira dan sepeda motor Aspira termurah di iPrice Indonesia! Selamat berbelanja!

Anda mungkin juga menyukai

NEW