Sekarang ada pengganti popok sekali pakai yang lebih ramah lingkungan bernama cloth diaper atau biasa disebut clodi. Simak artikel ini untuk mengetahui keunggulan clodi.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Keunggulan Clodi Babyland Indonesia dibandingkan Pospak (Popok Sekali Pakai)

Apakah Anda pernah mendengar istilah cloth diaper atau popok kain? Sekarang memang sudah tidak jaman menggunakan popok sekali pakai karena dinilai dapat merusak lingkungan dengan limbah yang dibuang. Di jaman sekarang, penggunaan cloth diaper atau popok kain semakin meningkat akibat kepedulian ibu-ibu Indonesia tentang bahaya popok sekali pakai.

Popok kain atau biasa disebut cloth diaper atau clodi yang memiliki fungsi yang sama seperti popok sekali pakai (pospak), yakni menyerap urin bayi dan menahannya selam beberapa jam. Bedanya, jika popok sekali pakai mengandalkan bahan semacam gel sebagai penyerap urin, maka clodi menggunakan insert.

Mengapa sekarang banyak ibu-ibu yang beralih ke clodi? Hal ini dikarenakan clodi dapat mencegah iritasi atau ruam popok pada bayi, tidak seperti popok sekali pakai, selain itu penggunaan clodi pun sangat hemat karena Anda tidak perlu membeli pospak terus menerus. Manfaat lainnya dari penggunaan clodi adalah aman untuk bayi karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya serta terbuat dari bahan yang lembut dan sejuk di kulit. Penggunaan clodi ini juga merupakan pertimbangan untuk membantu melestarikan lingkungan, karena pospak termasuk sampah yang sulit terurai.

Keuntungan Penggunaan Clodi untuk Bayi Anda

Clodi atau cloth diaper adalah popok kain modern yang bisa dicuci ulang dan dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama. Popok kain kian lama semakin menjadi favorit para ibu-ibu karena penampilannya yang sangat lucu dan bervariasi. Berikut ini terdapat keuntungan yang bisa Anda dapat dari penggunaan clodi bagi bayi Anda:

Keuntungan dari Segi Harga

Berbicara soal harga tentu sebanding dengan kualitas yang diberikan. Meskipun harga clodi relatif lebih mahal daripada jika Anda membeli pospak, namun clodi bisa dipakai berulang kali bahkan bisa dilungsurkan, sehingga Anda hanya akan mengeluarkan sedikit modal besar pada awal membelinya.

Keuntungan dari Segi Kenyamanan

Biasanya bagian lapisan dalam clodi terbuat dari bahan-bahan yang tidak berbahaya seperti microfleece, fleece, atau bamboo yang sangat lembut di kulit. Karena itulah penggunaan clodi saat aman dan nyaman, serta tidak menimbulkan reaksi alergi pada bayi.

Dari Segi Perawatan

Meskipun begitu, memang sedikit repot dalam perawatan karena clodi harus dicuci dengan benar agar tidak menjadi sarang kuman. Sebulan sekali clodi harus dibilas bersih-bersih tanpa sabun agar daya serapnya tetap baik. Usahakan Anda menggunakan detergen khusus saat mencuci clodi.

Dari Segi Penampilan

Biasanya clodi memiliki desain motif dan warna yang lucu nan cantik sehingga bayi Anda bisa mengenakannya tanpa perlu dilapisi celana lagi, terutama saat sedang di rumah. Namun bentuknya memang terlihat sedikit tebal karena terbuat dari lembarang kain yang berlapis-lapis.

Cara Mencuci Clodi Babyland yang Benar

Bagi ibunda yang baru pemula menggunakan clodi kepada sang buah hati, pasti sedikit kebingungan bagaimana mencuci clodi yang benar. Berikut ini terdapat langkah-langkah yang bisa diikuti oleh Anda.

Bilas Clodi dari Segala Jenis Kotoran

Keluarkan insert dari pocket clodi dan lepaskan semua kancing. Untuk clodi jenis aplix/Velcro jangan lupa rekatkan pad laundry tab supaya bahan velcronya tidak cepat rusak dan tidak merusak bahan kain yang lain. Bilas clodi dengan cara disemprot dengan semprotan toilet atau menggunakan selang untuk menghilangkan pup dan kotoran. Bilas terlebih dahulu dengan air supaya clodi tidak berbau pesing dan tidak meninggalkan bau tidak sedap. Letakkan clodi ke dalam ember cucian dan rendam selama 30 menit. Ingat, kalau terlalu lama merendam, clodi akan cepat rusak.

Cuci Clodi Anda Setiap Hari Setelah Digunakan

Salah satu kelemahan dari clodi adalah Anda tidak boleh malas untuk mencucinya setiap hari setelah anak Anda pup atau kencing. Pertama, anak Anda akan merasa tidak nyaman bila clodi yang digunakannya sudah basah karena kencing. Kedua, memakai clodi yang terlalu lama akan menimbulkan bau pesing dan celana basah. Mencuci clodi setiap hari juga untuk menghindair noda kotor yang menetap.

Gunakan Detergen Khusus

Ingat, kulit bayi Anda masih sangat sensitif sehingga perlu mempertimbangkan detergen khusus supaya tidak menimbulkan ruam pada kulit di sekitar kelaminnya. Ruam ini bisa disebabkan karena penggunaan detergen yang tidak cocok dan terlalu keras bagi kulit bayi. Gunakanlah detergen yang tanpa mengandung pemutih, pelembut, dan pewangi. Detergen ini memang tidak memiliki busa yang banyak tapi ampuh untuk menghilangkan noda-noda dan kotoran pada clodi secara menyeluruh. Rekomendasi detergen khusus yang sering digunakan adalah detergen dari Ultraco.

Kucek dengan Lembut, Jangan disikat

Ada alasan mengapa clodi tidak boleh disikat. Pertama karena bahan clodi yang lembut sehingga tidak membutuhkan sikatan yang keras karena akan membuat bahan menjadi rusak. Kedua, clodi Babyland menggunakan bahan berkualitas yang mudah dibersihkan sehingga hanya kucek lembut saja sudah cukup untuk menyingkirkannya dari segala kotoran.

Bilas Hingga Bersih

Jangan menyudahi pencucian clodi Babyland bila masih ada residu sabun atau detergen. Bilaslah clodi Anda hingga bersih sampai benar-benar tidak ada sisa sabun. Hal ini dikarenakan residu detergen dapat menimbulkan alergi dan ruam pada kulit bayi Anda. Peras clodi Anda secara perlahan tanpa memelintirnya agar bahan clodi tidak rusak.

Jemur di Bawah Sinar Matahari

Salah satu hal yang paling direkomendasikan dalam mencuci clodi adalah menjemurnya langsung di bawah terik matahari agar kuman-kuman yang dikandungnya mati semua. Penggunaan spin pada mesin cuci sebenarnya tidak dianjurkan namun Anda bisa menggunakan setting yang paling ringan. Setelah kering, clodi bisa langsung dipakai kembali. Clodi Babyland ini tidak perlu disetrika, ya. Selamat mencoba, Bunda!

NEW