Tutupi luka Anda dengan Band Aid agar lekas sembuh dan tidak menimbulkan infeksi! Klik artikel ini untuk mengetahui cara mengobati berbagai macam luka.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Cara Mengobati Luka dengan Band Aid Indonesia

Ketika kecil, apakah Anda sering terluka? Baik ketika belajar bermain sepeda, berlarian, tersandung hingga tersayat benda tajam, anak-anak paling sering terluka. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa terluka, misalnya ketika memotong sayur, tidak sengaja menginjak pecahan kaca, terjatuh dan lain-lain. Bagi anak-anak, terluka ketika bermain sebenarnya baik jika luka tersebut kecil, ini karena memberikan pengalaman dan pelajaran baru untuk si kecil agar dapat lebih berhati-hati. Luka, misalnya luka sayatan atau luka yang mengeluarkan darah harus segera diobati dan ditutup dengan Band Aid agar tidak infeksi. Luka terbagi menjadi dua macam, yaitu luka ringan dan luka dalam.

Luka ringan adalah luka yang tidak begitu parah, contohnya luka sayatan yang tidak dalam. Walaupun terlihat ringan, luka tersebut juga harus tetap dirawat agar cepat sembuh, tidak menimbulkan bau serta tidak infeksi. Ada mitos yang menyebutkan kalau luka ringan dan luka dalam akan lebih cepat sembuh jika tidak ditutup, hal ini sebenarnya salah! Luka yang tidak ditutupi akan mengering dan akhirnya berubah menjadi koreng. Koreng akan membuat proses penyembuhan luka melambat karena menjadi sebuah penghalang antara sel-sel kulit yang sehat. Sel-sel kulit tersebut harus bekerja lebih keras dibawah koreng agar dapat membentuk jaringan tisu baru agar kulit dapat sembuh. Selain itu, luka yang tidak ditutup juga lebih beresiko meninggalkan bekas, lho! Yang lebih parah lagi, ketika luka berubah menjadi koreng, koreng tersebut dapat tidak sengaja terkelupas atau tergores sehingga berdarah kembali dan luka lebih lama sembuh.

Lain halnya dengan luka yang ditutup. Luka yang ditutup dengan Band Aid akan ebih cepat kering karena mencegah timbulnya koreng. Menutup luka dengan Band Aid juga mencegah luka terekspos air, kotoran dan kuman sehingga menjadi infeksi. Yang lebih menarik lagi, Anda juga akan merasa lebih nyaman kurang sakit ketika menutup luka karena pada Band Aid terdapat bantalan empuk untuk melindungi luka dari terbuka kembali hingga benar-benar sembuh.

Cara Mengobati Luka Ringan

Ketika Anda tidak sengaja tersayat atau terjatuh, apabila luka tersebut tidak dalam maka berikut adalah langkah-langkah untuk mengobati luka ringan:

  1. Cucilah tangan dan bagian tubuh yang terluka dengan air bersih yang mengalir. Gunakan sabun yang berformula lembut dan gunakan juga Band Aid Antiseptic Wash agar luka menjadi lebih bersih, selanjutnya tunggu hingga luka menjadi kering. Band Aid Antiseptic Wash adalah cairan antiseptic untuk membersihkan luka, dapat mengurangi rasa sakit untuk sementara serta membunuh kuman dan menghilangkan kotoran.
  2. Selanjutnya, oleskan juga salep antibiotik yang dapat membuat luka menjadi lebih cepat sembuh. Salep antibiotik tidak hanya membantu agar luka cepat sembuh tapi juga memberikan perlindungan selama 24 jam dan mencegah timbulnya bekas luka. Sebagai catatan tambahan, salep antibiotik hanya dapat diberikan pada bayi berusia 2 tahun keatas dan orang dewasa.
  3. Langkah terakhir, tutuplah luka tersebut dengan Band Aid hingga benar-benar sembuh. Jangan lupa mengganti Band Aid dengan yang baru setiap kali Anda selesai mandi.

Cara Merawat Luka Jahitan

Apabila Anda memiliki luka sobekan yang dalam, segeralah bersihkan luka tersebut dan pergilah ke rumah sakit untuk dijahit. Luka sobekan yang dalam akan lebih cepat sembuh jika dijahit. Hal ini tentu tidak boleh dilakukan sendiri, harus dilakukan oleh dokter dan suster yang berpengalaman. Setelah keluar dari rumah sakit bukan berarti luka jahitan dapat dibiarkan begitu saja, Anda juga harus merawatnya agar tidak infeksi, pendarahan, nyeri, timbul bau busuk dan demam. Pada umumnya, luka jahitan akan sembuh dalam waktu tiga minggu. Jika terkena infeksi, luka jahitan dapat sembuh lebih lama hingga berbulan-bulan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk merawat luka jahitan:

  1. Lindungilah luka jahitan dengan cara menghindari air dan menutupnya dengan perban. Ketika luka baru selesai dijahit, sangat penting agar luka tidak terkena air selama 24 jam karena luka belum tertutup dengan sempurna. Kuman dalam air dapat masuk ke dalam luka dan menyebabkan infeksi. Selain itu, oleskan obat antibiotik lalu tutupi luka dengan perban.
  2. Memiliki luka yang jahitan bukan berarti Anda menjadi malas mandi, ya. Mandi tetap harus dilakukan secara rutin dua kali sehari agar tubuh tetap bersih, segar dan terhindari dari kuman. Agar luka jahitan tidak terkena air ketika mandi, bungkuslah luka jahitan dengan plastik sebelum mandi. Apabila luka jahitan ada pada bagian tubuh yang tidak dapat dibungkus dengan plastik, misalnya pada abdomen, maka Anda tidak perlu mandi. Cukup lap badan Anda menggunakan handuk.
  3. Selain melindungi luka jahitan, Anda juga harus rajin membersihkan luka jahitan dua kali sehari. Bagaimana caranya? Mudah saja, sediakan cotton bud dan baasahi dengan antibiotik yang telah dianjurkan oleh dokter. Usapkan cotton bud tersebut dari bagian tengah hingga bagian luar luka jahitan. Biarkan selama beberapa saat hingga antibiotik mengering lalu tutup kembali luka dengan perban. Untuk catatan penting, jangan pernah meniup luka atau menggunakan tisu.

Produk Band Aid Paling Laris di iPrice Indonesia

Di iPrice Indonesia, Anda dapat menemukan berbagai macam produk alat medis Band Aid secara online dengan harga murah. Ada produk Band Aid yang berdesain netral alias polos dan ada juga yang berdesain khusus untuk anak-anak. Beberapa pilihan produk Band Aid yang laris manis terjual secara online adalah Band Aid Brand Adhesive Bandages Tough Strips Extra Large 10 Bandages, Band Aid Free Shipping First Aid Kit Bag+115PCs Variety Pack Waterproof Bandages Sets Home Small Medical Box Emergency Survival dan Band Aid Spongebob Glow In The Dark. Selamat berbelanja dan semoga lekas sembuh!

Anda mungkin juga menyukai

Produk lainnya dari Band Aid Indonesia

Plester Band Aid Kotak P3K Band Aid
NEW