Ragam batik Indonesia nampak tidak pernah kehilangan keindahannya dalam balutan busana. Simak artikel ini untuk mengetahui cara merawat pakaian batik Semar dengan baik.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Tampil Modis dan Elegan Menggunakan Pakaian Batik

Kalau diminta menyebutkan salah satu pakaian khas Indonesia, satu hal yang terlintas pertama kali di pikiran Anda pasti kain batik. Yap, kain yang memiliki banyak motif ini memang sudah terkenal dengan keindahannya di seluruh dunia, bahkan sampai diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Sebagai salah satu kain kebanggaan Indonesia, batik sudah banyak dikreasikan ke dalam berbagai macam model pakaian. Mulai dari kemeja, blus, hingga gaun mewah. Namun sayangnya, motif batik ini kerap dianggap sebagai pakaian yang membuat penampilan terlihat lebih tua. Padahal jika Anda pintar-pintar memadupadankannya, Anda masih bisa terlihat modis dan elegan dengan menggunakan kain batik.

Gunakan Batik Berwarna Cerah atau Pastel

Umumnya warna yang dimiliki kain batik terdiri dari paduan dua warna, yaitu cokelat dengan sedikit sentuhan keemasan yang elegan. Paduan warna-warna ini memang membuat penampilan Anda terlihat mewah. Namun terkadang untuk acara-acara tertentu seperti memakai batik ke sekolah, kampus, atau kantor, warna dasar batik ini memang kurang sesuai karena akan memberikan efek terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya.

Solusi yang bisa Anda coba adalah dengan memilih pakaian batik yang berwarna cerah atau pastel sehingga Anda bisa tetap terlihat muda, modis, dan elegan secara bersamaan. Anda bisa menggunakan batik berwarna fuschia, hijau toska, atau pink salmon. Jenis warna-warna ini akan memberikan efek cerah ceria pada penampilan Anda secara keseluruhan.

Gunakan Luaran atau Blazer Bermotif Batik

Jika para pria biasanya memakai kemeja batik, para wanita seringnya menggunakan blus batik jika sedang pergi ke acara formal. Sayangnya banyak di antara kita yang sudah bosan menggunakan blus batik dengan model dan motif yang itu-itu saja. Nah, sebagai alternatifinya, Anda bisa menggunakan tank top dengan blazer atau kardigan batik sebagai luarannya. Model kedua kenis pakaian ini akan cukup memberikan kesan semi-formal yang tetap stylish tanpa membuat penampilan Anda terlihat terlalu old school. Anda juga bisa menambahkan kalung sebagai aksesoris sebagai pemanis tampilan Anda.

Padukan Atasan Polos dengan Rok Batik

Batik tidak hanya identik sebagai pakaian resmi saja. Pakaian batik sekarang juga bisa Anda pakai untuk sehari-hari untuk kuliah atau untuk hangout. Jika Anda ingin memiliki penampilan yang lebih berkelas saat sedang hangout bersama teman-teman, cobalah untuk menggunakan blus polos untuk atasanmu dengan warna-warna netral seperti putih, hitam, atau cokelat muda.

Kemudian padukan atasan polos tersebut dengan rok bermotif batik dengan warna senada. Rok yang Anda gunakan bisa merupakan rok bermodel flare atau pencil skirt. Untuk memberikan kesan manis, gunakanlah rok dengan panjang di bawah lutut. Tambahkan kalung sebagai aksesoris tambahan dan kenakan flat shoes berujung runcing agar penampilan Anda semakin elegan.

Bergaya Santai dengan Kemeja Batik Berlengan Pendek untuk Sehari-hari

Bagi Anda para pria, batik juga bisa kok dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Anda tidak perlu takut akan terlihat terlalu resmi. Pilihlah kemeja batik berwarna pastel atau warna-warna muda yang memiliki lengan pendek. Padukan kemeja berlengan pendek tersebut dengan celana model chino berwarna khaki untuk sehari-hari. Anda juga bisa memadukan outfit tersebut dengan sepatu boots berbahan kulit atau sepatu oxfords berbahan suede.

Padukan Mini Dress Batik dengan Ikat Pinggang Kecil

Jika Anda ingin berpenampilan santai, Anda bisa memilih mini dress bercorak batik dengan menambahkan aksesoris yang tepat. Ikat pinggang kecil berbahan kulit bisa jadi pilihan Anad untuk mempermanis dan mengindahkan mini dress Anda, namun juga membuat pinggang Anda terlihat lebih ramping. Anda juga bisa menambahkan kalung kecil yang memiliki liontin mini, beberapa gelang ikat di pergelangan tangan, dan tas tangan (clutch) berbahan kulit yang warnanya senada dengan ikat pinggang Anda. Sangat manis, kan?

Sejarah Batik Semar

Siapa yang tidak tahu Batik Semar? Batik Semar adalah merek lokal asal kota Solo, Jawa Tengah yang sudah berdiri sejak tahun 1947 memproduksi batik-batik berkualitas khas Indonesia. Awalnya label Batik Semar ini memproduksi batik dengan nama Batik Bodronoyo yang merupakan nama lain dari Semar itu sendiri. Namun ternyata nama Semar lebih dikenal luas oleh masyarakat umum sehingga pada tahun 1966, label batik ini berubah menjadi Batik Semar.

Pengembangan penjualan batik pada tahun-tahun tersebut masih terbatas pada kota-kota tertentu yang ada di pulau Jawa. Seiring dengan perkembangannya, Batik Semar yang awalnya hanya memproduksi batik tulis menambahkan ragam batik cap dan batik kombinasi. Coraknya pun tidak hanya terbatas pada corak-corak batik Solo saja, tetapi Batik Semar juga memproduksi corak batik Bledakan (Jogja), Pekalongan, Cirebonan, dan Laseman.

Batik Semar kini semakin modern dengan memadukan motif kain batiknya dengan desain pakaian yang sedang digandrungi oleh kawula muda. Contohnya adalah blus peplum Batik Semar Peplum Cornerblouse Pa Gelombang yang modis namun tanpa meninggalkan ciri khas batik asal Solo ini. Desain pakaian batik prianya pun semakin beragam meskipun masih didominasi oleh kemeja batik berlengan pendek. Namun warna-warna dan motif yang ditawarkan semakin memikat dan beragam.

Dapatkan Pakaian Batik Semar Terlengkap di iPrice Indonesia

Batik merupakan warisan nenek moyang negara Indonesia yang harus dilestarikan oleh warganya hingga kini. Batik yang awalnya digunakan untuk acara-acara formal tertentu kini telah melebur seiring perkembangan fashion menjadi ragam pakaian yang lebih modis dan stylish. Sehingga Anda bisa menggunakannya ke berbagai acara tanpa takut terlihat terlalu formal atau kaku. Lengkapi koleksi pakaian Batik Semar Anda sekarang juga secara online hanya di iPrice Indonesia.

Anda mungkin juga menyukai

Produk lainnya dari Batik Semar Indonesia

Pakaian Tradisional Batik Semar Batik Batik Semar Kain Batik Semar Atasan Batik Semar dress batik Batik Semar
NEW