Bonsai serut dan beringin sangat populer di Indonesia. Yuk, ketahui cara menanam dan merawat kedua tanaman bonsai tersebut lewat ulasan ini!

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Tips Mudah Menanam dan Merawat Bonsai Serut dan Beringin

Tanaman dapat membuat rumah menjadi asri dan lebih nyaman untuk ditinggali. Selain rumput, bunga dan pohon yang tinggi, kamu juga bisa menanam bonsai. Terutama bagi kamu yang ruamhnya kecil, tanaman bonsai yang mini tidak memakan banyak tempat. Bonsai adalah tanaman yang dikerdilkan dalam pot dangkal, tampilannya bagaikan miniatur dari bentuk asli pohon besar. Untuk menanam bonsai, kamu memerlukan pot dangkal. Sebenarnya, dari mana asal bonsai? Kabarnya, seni mengerdilkan tanaman dalam pot bonsai pertama kali muncul di Cina saat pemerintahan dinasti Tsin dan Tang. Bonsai juga merupakan seni tradisional Jepang dalam pemeliharaan tanaman atau pohon dalam pot dangkal. Nama tersebut berasal dari bon (pot dangkal) dan sai (penanaman).

Pembuatan bonsai memakan waktu yang lama dan cukup merepotkan, lho! Kamu harus memberi pupuk memangkas, membentuk tanaman, menyiram, mengganti pot serta tanah. Dua bonsai yang populer adalah bonsai serut dan bonsai beringin. Tanaman bonsai dikerdilkan dengan cara memotong akar dan rantingnya, lalu dibentuk dengan bantuan kawat pada ranting dan tunasnya. Walaupun kerdil, bonsai adalah tanaman hidup yang apat berubah sesuai dengan musim. Dalam artikel ini akan dibahas tips mudah menanam dan merawat bonsai serut serta bonsai beringin.

Mari kita mulai dari bonsai serut. Tanaman bonsai ini sempat populer di Indonesia pada tahun ‘90an sebagai bahan bonsai karena perawatannya yang mudah. Alasan lain banyak orang Indonesia menyukai bonsai serut adalah daunnya sangat kecil, perantingannya mudah dan cabang bonsai serut lebih cepat tumbuh dibanding bonsai lainnya. Pada umumnya, hanya dibutuhkan tiga tahun untuk menjadi bonsai serut yang sudah jadi! Untuk merawat bonsai serut, pertama-tama buang semua daun yang menempel pada bakalan serut. Potong juga batang dan akar yang kurang proporsional. Selanjutnya, siram akar bonsai serut hingga tidak ada lagi sisa-sisa tanah yang menempel.

Langkah mudah menanam bonsai serut selanjutnya, oleskan perangsang akar secara merata pada akar yang telah dibersihkan. Siapkan media tanam yang steril dan porosus agar akar dapat tumbuh secara leluasa. Kamu bisa mencampur pasir gunung yang telah dicuci dengan tanah lempung. Selanjutnya, tanam bakalan serut ke dalam media yang telah kamu siapkan dan sungkup calon bonsai serut ke dalam kantong plastik agar senantiasa lembab. Letakkan calon bonsai serut pada tempat yang teduh. Setelah dua atau tiga minggu, akan tumbuh daun pada bakalan serut. Nah, artinya kamu dapat membuka sungkup plastik tersebut!

Jika kamu telah memiliki bonsai serut hidup, siapkan media tanam berupa campuran pupuk kendang, tanah merah dan sekam bakar atau pasir malang dengan komposisi yang sama. Siramlah tanaman bonsai secara teratur dan pastikan bonsai serut tersebut mendapat sinar matahari yang cukup. Sesekali, cek media tanam apakah telah mengeras. Jika iya, kamu harus mengganti media tanam dengan yang baru.

Bonsai Beringin Juga Populer di Indonesia, Berikut Cara Menanam dalam Pot Bonsai

Tadi kami telah membahas tips menanam dan merawat bonsai serut. Selain bonsai serut, bonsai beringin juga populer di Indonesia! Pohon beringin adalah pohon yang ikonik di Indonesia, ukuran aslinya sangat besar dan tinggi. Namun, kamu bisa memiliki pohon beringin di rumah dengan menjadikannya tanaman bonsai. Pohon beringin sangat mudah dijadikan bonsai karena mudah tumbuh, mudah dibentuk, tidak mudah mati dan daunnya rimbun sehingga sejuk dipandang. Selain itu, daun bonsai beringin juga mudah dipangkas sesuai keinginan.

Untuk menanam bonsai beringin, kamu membutuhkan kreatifitas dan kesabaran. Siapkan bahan dan peralatan yang mendukung seperti bonggol beringin dengan ukuran cukup besar dan pot bonsai yang sesuai dengan ukuran bonggol. Siapkan juga kawat stainless steel berukuran 3 mm dan gunting tanaman untuk membentuk pola batang bonsai. Semuanya bisa kamu dapatkan dalam koleksi perlengkapan taman Bonsai yang tersedia di iPrice Indonesia. Selanjutnya, isilah pot bonsai dengan tanah bercampur parasit dan batu kerikil.

Untuk membentuk batang bonsai sesuai keinginan, kamu memerlukan kawat aluminum putih. Kawat ini berfungsi untuk mempertahankan pola batang dan menahan dahan. Berhati-hatilah saat membentuk pola bahan agar kawat tidak patah. Untuk membentuk pola bonsai beringin, lilitkan kawat secara melingkar pada pola dari dangkal hingga ujung dahan. Untuk mempermudah proses, kamu bisa memakai tang. Agar bonsai beringin tumbuh subur, kamu harus merawatnya dengan baik.

Yang pertama, siapkan pupuk (bisa organik atau tidak) lalu larutkan dengan air. Saat membuat pupuk, unsur-unsur nitrogen, fosfor dan potasium harus terpenuhi agar bonsai beringin dapat tumbuh. Langkah merawat tanaman bonsai selanjutnya, siramlah media pertumbuhan pada pot bonsai dengan air bersih setiap hari. Agar bonsai beringinmu rapi, pangkaslah dahan dan daun, bersihkan juga rumput liar yang tumbuh di sekitar media tanam. Jika batang bonsai beringin sudah besar, lepaslah lilitan kawat. Apabila akar bonsai sudah keluar dari lubang pot bonsai, artinya kamu harus mengganti pot tersebut dengan pot bonsai baru yang lebih besar.

Ini Dia Empat Jenis Bonsai Mahal yang Akan Membuat Tamanmu Mewah!

Ada banyak jenis tanaman bonsai, harganya pun berbeda. Jika kamu ingin menciptakan taman yang indah, elegan dan mewah, kamu bisa menanam empat bonsai mahal seperti bougenvil, asam jawa, azalea dan cemara udang. Bonsai bougenvil sangat mahal karena bunganya yang jarang berbunga. Namun, saat berbunga dan memenuhi satu phon, bonsai bougenvil akan terlihat sangat cantik.

Bonsai asam jawa memiliki banyak daun sehingga teduh, plus batangnya sangat indah – penuh ukiran. Selain bonsai bougenvil, bonsai azalea adalah favorit ibu-ibu Indonesia karena menghasilkan bunga yang cantik. Tanaman bonsai ini dipercahai membawa keberuntungan, lho! Sementar itu, bonsai cemara udang tahan terhadap hama dan gulma sehingga awet. Tanaman bonsai ini berukuran besar dengan bonggol yang meliuk-liuk sehingga unik.

Masih ada juga koleksi dekorasi rumah Bonsai, ruang depan Bonsai, pakaian Bonsai dan perbaikan rumah Bonsai di iPrice Indonesia.

NEW