Sekarang Anda bisa membeli aneka buku terbitan BPK Gunung Mulai di iPrice Indonesia! Klik artikel ini untuk mendapat tips agar anak semangat belajar.

_

Tips Jitu Membuat Anak Semangat Belajar

Menjadi orangtua tidak mudah. Selain harus mencari nafkah dan mengurus rumah tangga, bagi yang memiliki anak juga harus mengurus anak. Salah satu kendala bagi orangtua yang memiliki anak adalah ketika anak mereka malas belajar. Aduh, mau dimarahi kasihan, tapi kalau dimanjakan terus nanti tidak pintar. Sebenarnya, ada berbagai cara yang dapat orangtua lakukan agar anak-anak menjadi semangat belajar.

Berikut adalah beberapa tips jitu untuk membuat anak Anda menjadi semangat belajar:

Terapkan Waktu Belajar dan Bermain yang Seimbang
Anak Anda malas belajar? Bisa jadi ia merasa bosan atau lelah karena terlalu banyak belajar! Ketika masih kecil, anak-anak juga membutuhkan waktu bermain yang cukup. Bagi anak-anak, bermain sama pentingnya dengan belajar karena dengan bermain mereka dapat mempelajari banyak hal-hal baru! Hindari memaksa anak belajar selama berjam-jam, misalnya lebih dari 3 jam karena ia akan merasa stres. Selain itu, jangan kaku harus mengikuti jam belajar setiap hari. Ada kalanya anak Anda melalui hari yang panjang dan melelahkan, jadi jangan memaksanya untuk belajar berjam-jam.
Dampingi Anak Ketika Belajar
Jangan biarkan anak Anda belajar sendirian, sebisa mungkin damping si kecil agar ia merasa diperhatikan dan disayang. Misalnya, seseklai tanyakan apakah ada yang tidak dimengerti. Ketika akan ulangan keesokan harinya, damping si kecil dalam sesi tanya jawab, memecahkan rumus dan mengulang pelajaran. Kunci utama untuk mendapingi anak belajar adalah harus banyak bersabar.
Janjikan Hadiah
Cara lainnya yang dapat membuat anak semangat belajar adalah dengan menjanjikannya hadiah apabila mendapat nilai bagus. Semakin bagus hadiah tersebut, anak Anda akan semakin semangat belajar, apalagi jika itu adalah sesuatu yang sangat diinginkannya. Selain hadiah dalam bentuk barang, Anda juga dapat membawa anak traveling ke luar kota, luar negeri atau ke taman hiburan. Sebagai catatan tambahan, sangat penting bagi Anda untuk menepati janji yang telah dibuat sebagai panutan yang baik.
Selalu Dukung si Kecil
Anak-anak sangat sensitif, setiap perkataan dan perilaku Anda dapat melukai perasaan mereka. Ketika anak Anda belum mendapat nilai yang bagus, jangan marahi si kecil. Dukunglah anak Anda agar ia senantiasa semangat belajar. Cari tahu penyebab mengapa anak Anda tidak bisa mendapat nilai bagus, apakah ia tiba-tiba sakit, tidak teliti dan sebagainya. Dengan begini, anak Anda akan tetap percaya diri dan tidak berputus asa belajar.
Hadirkan Suasana Belajar yang Asik
Anak Anda sudah cukup lelah belajar di sekolah, oleh karena itu ciptakanlah suasana belajar yang asik di rumah. Jangan memasang wajah galak dan bersikap terlalu tegas padanya, nanti anak Anda jadi takut. Sediakan camilan-camilan enak dan menyehatkan agar anak menjadi lebih semangat belajar. Anda juga bisa menata kamar atau ruang belajar agar menjadi lebih nyaman, misalnya memilih meja belajar yang lucu, kotak pensil bergambar kartun favoritnya dan lain-lain. Selain itu, Anda juga dapat membeli beberapa mainan edukatif untuk menghilangkan rasa jenuhnya ketika belajar.

Mengapa Anak Harus Diberikan Pendidikan Agama Sejak Dini?

Di iPrice Indonesia, Anda dapat membeli aneka buku agama untuk anak-anak dan orang dewasa. Sebagian besar orangtua di Indonesia telah mengajarkan dan mengajak anak mereka menerapkan agama, baik Kristen, Katolik, Islam, Hindu maupun Buddha. Apapun agama yang dipeluk. Sangat penting untuk memberikan pendidikan agama kepada anak sejak mereka masih kecil.

Mengapa anak harus diberikan Pendidikan agama sejak kecil? Jawabannya simpel saja, agar anak Anda memiliki panduan dalam menjalani hidup. Pada dasarnya, semua agama mengajarkan aturan-aturan dan pedoman hidup yang baik dan penuh kasih sayang. Dengan mengajarkan agama pada anak, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang penuh kasih sayang dan melatih anak untuk taat pada aturan-aturan yang berlaku, baik aturan agama atau aturan lainnya. Selain itu, memberikan pendidikan agama kepada anak sejak dini dapat membuat mereka lebih dekat kepada Maha Kuasa dan membantu mereka secara spiritual. Misalnya, ketika anak sedang merasa takut, cemas atau khawatir, ia dapat berdoa kepada yang Maha Kuasa sehingga hatinya menjadi lebih tenang.

Agama yang telah ditanamkan sejak dini kepada anak juga dapat membantu anak mengerti bahwa di dunia ini segala perbuatan mereka akan memberikan dampak bagi kehidupan mereka sendiri di masa depan. Dengan agama, anak belajar mengenai konsep baik dan buruk serta membentuk kepribadian mereka menjadi orang yang jujur, bijaksana dan lain-lain. Misalnya ketika mereka dewasa nanti dan sudah bekerja, mereka akan tahu kalau mencuri dan menipu adalah hal yang tidak baik. Ia tidak akan mementingkan dirinya sendiri tapi juga kepentingan bersama. Semakin banyak kebaikan yang ia perbuat, maka hidpunya akan menjadi semakin lancar tanpa masalah.

Pemahaman tentang agama kepada anak harus diseimbangkan dengan pendidikan formal dan pendidikan non-formal lainnya. Oleh karena itu, sebagai orangtua lebih baik memilih sekolah yang juga mengajarkan agama yang dianut oleh Anda sekeluarga. Jika memang tidak bisa, berikan si kecil pendidikan agama di rumah. Pendidikan agama tidak hanya melalui buku dan DVD saja, tapi juga melalui tingkah laku orangtua. Sebagai orang yang beriman, Anda harus menjadi teladan yang baik untuk anak Anda.

Beberapa pilihan buku agama BPK Gunung Mulia untuk anak-anak yang bisa Anda beli secara online di iPrice Indonesia adalah BPK Gunung Mulia 101 Cerita Alkitab Balita, BPK Gunung Mulia Alkitab Kecil: Cerita Bergambar 2, BPK Gunung Mulia Di Tepi Sungai Kecil, BPK Gunung Mulia Buku Aktivitas Cerita Alkitab 1 dan BPK Gunung Mulia Anak Laki-Laki Yang Meninggalkan Rumahnya.

Masih ada juga buku agama lainnya di iPrice Indonesia. Selamat berbelanja dan membaca!

Anda mungkin juga menyukai

Produk lainnya dari BPK Gunung Mulia Indonesia

Buku BPK Gunung Mulia Buku Agama BPK Gunung Mulia
NEW