Mulai dari raket badminton hingga baju olahraga, Carlton hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda. Simak artikel ini untuk mengetahui cara memilih raket badminton yang benar.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Cara Memilih Raket Badminton Carlton Indonesia yang Ideal

Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh yang paling efektif. Banyak orang yang merasa lebih segar setelah berolahraga. Riset membuktikan olahraga di pagi hari membuat seseorang lebih bahagia menjalani harinya. Namun banyak orang yang tidak punya waktu untuk berolahraga, padahal beberapa olahraga yang menggunakan alat sangat efektif untuk melepaskan stres sambil tetap bertubuh sehat.

Salah satunya adalah badminton atau yang lebih sering kita kenal dengan nama bulutangkis. Siapa sih yang tidak kenal dengan olahraga satu ini? Selain merupakan aktivitas yang banyak dilakukan di masyarakat, olahraga ini juga terkenal sebagai salah satu cabang perlombaan SEAGAMES (Asean Games), PON (Pekan Olahraga Nasional), Indonesia Open dan banyak lomba yang bersifat Internasional maupun domestik lainnya di bidang olahraga bulutangkis.

Banyak orang yang sering bertanya raket bulutangkis apa yang digunakan oleh para pemain top Indonesia. Mereka berharap dengan memiliki raket badminton yang sama dengan para bintang bulutangkis tersebut akan membuat kualitas mereka meningkat tajam. Padahal untuk memilih jenis raket bulutangkis yang tepat harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Setiap pemain pasti memiliki gaya permainan dan tipe pukulan yang berbeda-beda. Dan pastinya Anda harus tahu tipe pemain seperti apakah Anda, apakah penyerang, bertahan, atau rally.

Dalam memilih raket bulutangkis, Anda harus tahu terlebih dahulu apakah Anda bermain dengan power atau control. Jika Anda adalah orang yang bermain dengan power, maka Anda harus mencari raket yang didesain untuk power, begitu pula jika Anda adalah orang yang bermain dengan tipe control. Jika Anda bermain balance maka pilihlah raket yang seimbang antara control dan power. Terdapat empat hal yang harus Anda pertimbangkan saat memilih raket, diantaranya adalah:

Berat Raket

Raket bulutangkis atau badminton sejatinya dibadi dalam beberapa ukuran dan berat yang ditandai dengan kode U. Terdapat lima jenis U di mana semakin tinggi nilai U raket maka raket tersebut akan semakin ringan. Semakin rendah nilai U suatu raket maka semakin berat. Berat rata-rata raket itu sendiri adalah antara 83-100 gram. Pada umumnya raket yang dijual di pasaran adalah 3U (85-89 gram) atau 2U (90-94 gram), sedangkan ukuran lain masih jarang dijual, seperti ukuran 4U dan 5U yang biasanya memiliki harga yang cukup mahal.

Berat yang tercantum ini diluar berat handgrip dan berat dari senar yang dipasang. Rata-rata penambahan berat setelah dibebankan dengan senar adalah kurang lebih 2-6 gram terutama untuk handgrip. Di Jepang sendiri ukuran handgrip didasarkan pada ukuran G1, G3, G4, dan G4 di mana G2 adalah ukuran terbesar dan G5 adalah ukuran terkecil.

Titik Keseimbangan

Pada saat Anda membeli raket pertimbangkan juga titik keseimbangannya. Ambil raket yang Anda beli, hadapkan jari telunjuk Anda ke atas dan taruh batang raket di atas tangan Anda. Geser batang raket sampai Anda menemukan bahwa raket dalam keadaan seimbang. Jika jari telunjuk Anda lebih dekat dengan frame atau kepala raket maka raket ini adalah jenis raket power, sedangkan jika jari telunjuk Anda lebih dekat dengan pegangan raket, maka tipe ini adalah raket control.

Tingkat Kekakuan dari Batang Raket

Ketika Anda membeli raket maka ada dua pilihan batang raket yang tersedia yaitu batang raket yang fleksibel dan batang yang kaku. Batang raket yang fleksibel akan sangat gampang dan mudah untuk melentur ketika Anda melakukan pukulan. Sedangkan batang raket yang kaku adalah berkebalikan dengan yang fleksibel.

Raket dengan batang fleksibel dapat memberikan repulsion yang bagus saat Anda melakukan ayunan. Hal ini disebabkan saat mengayun, batang raket secara fleksibel akan membengkok ke belakang sedikit dan akan menyimpan energi besar yang akan dikeluarkan pada saat bantalan senar bertemu dengan shuttle cock. Energi ini akan dilepas dan ditransfer ke shuttle cock sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan energi terlalu banyak saat memukul.

Raket dengan batang kaku akan menghasilkan sedikit atau bahkan tidak ada repulsin. Shuttle cock akan segera terpental ketika mengenai bantalan karet. Dengan repulsion yang kecil akan membuat pukulan Anda kurang powerful. Hal ini berarti jika Anda memilih raket ini, Anda perlu mengayunkan raket lebih keras ketika melakukan pengembalian bola.

Raket ini paling bagus untuk melakukan serangan cepat, skill menipu dan juga netting tipis. Permainan bulutangkis adalah permainan yang membutuhkan kecepatan. Batang yang fleksibel memberikan kekuatan namun kurang kecepatan dalam merespon shuttlecock. Dengan batang raket yang kaku, Anda hanya memerlukan kekuatan pergelangan tangan daripada gerakan mengayun.

Bentuk dari Bingkai/Frame Raket

Ketika membeli raket, Anda dapat mempertimbangkan apakah akan menggunakan frame yang bertipe konvensional yang berbentuk oval ataukah Anda akan lebih memilih yang berbentuk mendekati persegi atu lebih dikenal dengan isometric. Frame isometric memiliki spot-spot pukulan yang baik di bantalan senar yang lebih luas. Dengan demikian akan ada banyak kesempatan bagi pemain untuk menciptakan pukulan yang cantik dan unik. Frame konvensional yang berbentuk oval memiliki spot atau titik untuk melakukan pukulan yang lebih baik namun lebih sedikit jumlahnya dibanding pada frame isometric. Namun ketika shuttlecock mendarat pada spot yang benar-benar baik akan tercipta pukulan yang berkualitas tinggi.

NEW