Dapatkan aneka sepatu safety Cheetah yang bermutu dan termurah di iPrice Indonesia! Klik artikel ini untuk mengetahui sepatu safety mana yang cocok untuk Anda.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Sepatu Safety Cheetah, Andalan di Medan Sulit

Banyak hal di dunia ini bermula dari bawah. Bila berbicara karir, Anda tentu memulainya dari bawah. Bila berbicara membuat bangunan, rangka konstruksi jamak diawali dengan menancapkan besi di bawah tanah.

Keselamatan bekerja juga sama, bermula dari bawah. Tepatnya dimulai dari telapak kaki. Banyak orang, terlepas dari apapun profesinya, tidak benar-benar menyadari hal ini. Jika bukan sesuatu yang penting, lalu untuk ada penemuan alas kaki di dalam peradaban manusia?

Ada banyak pekerjaan yang membutuhkan keamanan pada kaki (kita baru berbicara tentang keamanan, belum menyentuh sisi kenyamanannya). Mulai dari pelayan restoran, pekerja konstruksi, pekerja mekanik hingga musisi. Kesemua pekerjaan itu membutuhkan perhatian khusus untuk kaki agar dapat bekerja dengan prima.

Oh iya, sebenarnya ada satu lagi ranah pekerjaan yang skala pengamanan kakinya sangat penting, yakni atlet. Tapi, karena kita sedang berada di halaman sepatu safety Cheetah, jadi ranah olahraga kita kesampingkan terlebih dahulu.

Perlukah Anda memiliki sebuah sepatu safety? Bila Anda memiliki pekerjaan yang level stres dan tingkat kecelakaan kakinya tergolong tinggi, maka jawabannya adalah iya.

Apa sih sebenarnya sepatu safety itu? Di masa sekarang, sepatu safety memiliki visual sepatu boot. Tapi sepatu ini dibuat dengan material dan teknologi yang lebih menjanjikan dibandingkan sepatu boot biasa.

Sepatu safety jamak dipakai oleh sejumlah orang yang bekerja di lapangan, di medan berat, maupun tempat-tempat penuh resiko yang berpeluang membuat kaki cedera. Dulu, sepatu safety hanya fokus menawarkan keselamatan kaki dan meminggirkan faktor kenyamanan.

Tapi sekarang, seiring berkembangnya teknologi pembuatan sepatu safety, aspek kenyamanan kaki ketika mengenakan sepatu itu juga telah diperhatikan. Sepatu safety Cheetah adalah salah satu yang menawarkan sepatu nyaman dan penuh keselamatan.

Bentuk Boleh Sama, Tapi Tipe Sepatu Safety Berbeda-beda

Sekilas, sepatu safety memiliki ciri umum yang nyaris sama antara satu dengan lainnya. Biasanya, sepatu safety memiliki sol yang tebal dan bergerigi. Material permukaan sepatu pun cukup tebal bila diraba. Tinggi sepatu umumnya juga mencapai mata kaki.

Tapi sejatinya, sepatu safety memiliki sejumlah tipe. Dilansir dari Nicer Shoes, setidaknya ada empat tipe yang membedakan masing-masingnya.

  • Sepatu Safety Toed

Sesuai namanya, sepatu safety ini dibuat menggunaan material yang menguatkan area sekitar jari kaki. Material kuat ini memberi keamanan tingkat tinggi dari kecelakaan maupun hal-hal buruk lain yang tak terduga.

Sepatu tipe ini umumnya merupakan standar sepatu safety untuk dikenakan pekerja di industri berat. Seiring perkembangan teknologi, sepatu safety toed mulai menggunakan material baja pada bagian ujung kakinya. Tapi, semakin bagusnya bahan yang digunakan, maka akan semakin mahal pula harga sepatu itu.

  • Sepatu Steel Insole

Sepatu ini menggunakan sol dalam yang dilapisi baja untuk sejumlah tujuan spesifik. Misalnya, sepatu ini mengakomodir keselamatan kaki ketika Anda bekerja di tempat yang memberi beban atau kemungkinan kaki terinjak objek berat seperti pekerjaan mengemudikan truk. Sepatu ini akan melindungi kaki dari kemungkinan terlindas atau tertimpa ban truk. Selain itu, sepatu ini juga dapat membuat pengemudi truk lebih bertenaga dalam menekan pedal gas, rem maupun persneling.

  • Sepatu Metal Instep

Sepatu ini didesain spesifik untuk menjadi pelindung kaki dari sejumlah objek tajam yag dapat menusuk kaki. Biasanya, pengguna sepatu ini bekerja di tempat-tempat penuh beling atau semburat kawat dan semacamnya.

  • Sepatu Metatarsal

Sepatu tipe ini dibuat secara khusus untuk melindungi struktur bagian atas sebuah kaki, seperti tulang dan sebagainya. Sepatu ini dapat dipakai bila Anda bekerja di tempat-tempat yang mudah kejatuhan benda berat seperti di sejumlah situs konstruksi bangunan atau di tempat yang menggunakan mesin-mesin besar.

Pertanyaan Umum Terkait Sepatu Safety di Indonesia

Bila berbicara tentang sepatu safety, maka pertanyaan paling umum yang sering muncul yakni tentang tipe sepatu seperti apa yang cocok dibeli. Nah, sebelumnya Anda harus memahami lokasi dan tipe pekerjaan yang digeluti. Setelah itu, pertimbangkanlah jenis material yang dipakai untuk membuat sepatu safety yang akan dipilih.

Disamping itu, hetahui pula seberapa banyak objek yang akan berpeluang jatuh menimpa kaki Anda ketika bekerja. Apakah objek itu akan mengancam keselamatan kaki karena tusukan atau tindihan? Jangan lupa, bila Anda bekerja di medan yang rawan akan sengatan listrik, maka pilihlah sepatu safety yang memiliki sol berbahan isolator. Intinya, ketahui dengan seksama seperti apa tempat kerja Anda.

Mudahnya Merawat Sepatu Safety

Sepatu safety memiliki ketahanan yang jauh lebih tinggi dibanding sepatu biasa. Tapi hal ini bukan menjadi alasan bagi Anda untuk mengabaikan perawatan sepatu itu. Apapun jenis dan materialnya, perawatan akan membuat usia pakai sepatu itu menjadi lebih panjang.

Agar sepatu tetap awet, lakukanlah sejumlah hal seperti pengecekan, pembersihan maupun perbaikan. Sepatu yang bersih tentunya akan membuat kesehatan kaki ikut terjaga. Misalnya, kaki akan terhindar dari jamur atau bau tak sedap.

Secara berkala, Anda dapat mengecek fisik sepatu safety. Terkadang, Anda tak akan menyadari bahwa sepatu menjadi lecet akibat benturan atau gesekan pada sejumlah objek di medan kerja.

Jika ada crack, segerakanlah perbaiki sepatu agar kerusakannya tidak membesar ke bagian lain. Jika bagian sol bawah mengalami degradasi atau penipisan, maka segerakanlah untuk menggantiny dengan sol baru yang lebih tebal. Hal ini akan menghemat biaya pengeluaran dibandingkan harus membeli sepatu safety Cheetah yang baru.

NEW