Toko online Contour menjual berbagai macam produk seperti makeup palette, contour stick, makeup brush, perlengkapan kamar mandi, dan lain-lain. Simak artikel ini untuk mengetahui tips mudah mendapatkan contour makeup yang ciamik!

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Tips Makeup Contouring dan Shading Wajah Bagi Pemula

Contouring merupakan teknik yang digunakan untuk mempertegas dan menonjolkan bagian wajah agar makeup tidak terlihat datar (flat). Dalam melakukan teknik contouring, kamu membutuhkan produk makeup bernama bronzer dan highlighter. Namun banyak juga yang memakai concealer untuk membentuk kontur di wajahnya. Bronzer biasa digunakan untuk mempertegas bagian dari wajah kita seperti hidung, rahang, tulang pipi dan pinggir dahi. Bronzer ini berwarna cokelat dan biasanya memiliki warna satu hingga dua tingkat lebih gelap dari warna kulit kita.

Sedangkan highlighter biasa digunakan untuk menonjolkan bagian wajah yang ingin ditonjolkan seperti dahi, bawah mata, dagu dan tulang hidung. Highlighter yang digunakan disarankan memiliki warna satu atau dua shade lebih terang daripada warna foundation-mu. Dengan menggunakan kombinasi ini, kamu akan menghasilkan contouring yang membantu membentuk wajahmu agar lebih sempurna.

Langkah-Langkah Contouring Wajah dengan Benar

Jauhkan Rambut dari Wajah

Contouring yang baik harus menyeluruh dari garis rambut di atas dahi hingga bagian samping wajah mendekati telinga. Jadi pastikan tidak ada rambut yang menghalangi saat kamu akan melakukan teknik contouring.

Langkah 1: Bersihkan Wajah Sebelum Contouring

Ketika akan melakukan contouring pada wajah, pastikan kamu telah membersihkan wajahmu terlebih dahulu. Membersihkan wajah sebelum mengaplikasikan makeup adalah salah satu hal yang wajib dilaksanakan untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Cucilah wajah Anda dengan sabun muka hingga bersih, lalu keringkan dengan cara menepuk-nepuk secara lembut menggunakan handuk. Hal ini akan membersihkan wajah dari kulit mati yang bisa mengganggu aplikasi makeup-mu. Setelah itu, aplikasikan pelembab setelah kulit wajah Anda kering. Pelembab sangat berguna untuk menutrisi kulit walaupun “diserang” dengan berbagai macam produk makeup.

Langkah 2: Aplikasikan Foundation

Setelah menggunakan pelembab, kemudian aplikasikan foundation yang sama atau sesuai dengan warna asli kulitmu. Gunakan brush atau jari saat mengaplikasikan foundation pada seluruh bagian wajah, dari atas dahi hingga bagian bawah dahu. Untuk membuat matamu tampak segar, aplikasikan concealer di bawah kantong mata.

Langkah 3: Aplikasikan Highlight atau Foundation Warna Cerah

Setelah selesai memakai foundation, sekarang adalah tahap untuk membentuk wajah Anda dengan highlight atau foundation dengan warna dua tingkat lebih cerah daripada warna kulitmu. Aplikasikan dengan jari atau foundation brush pada bagian wajah yang biasanya terkena sinar matahari secara alami. Untuk membantu menemukan bagian wajah yang tepat, berdirilah di dalam ruangan dengan pencahayaan yang baik dan lihat di mana cahaya berada di wajahmu.

Berikut ini beberapa area wajah yang biasa terkena highlight: di bagian tengah dahi, di atas alis mata, sepanjang garis hidung, di bagian pipi, di atas bibir dan tengah dagu. Untuk bagian pipi, kamu bisa mengaplikasinnya sambil tersenyum dan bubuhkan pada bagian yang menggembung di sekitar pipi.

Langkah 4: Lakukan Shading

Setelah mengaplikasikan highlight, tahap selanjutnya adalah mengaplikasikan foundation/concealer berwarna lebih gelap dari warna foundation untuk melakukan teknik shading. Gunakan jari atau brush dan letakkan di bagian wajah yang biasanya terdapat bayangan terlihat.

Biasanya shading ini diaplikasikan pada daerah tepat di garis rambut pada dahi, sudut kini dan kanan dahi, pada bagian sisi hidung, cekungan di pipi, dan sepanjang rahang bagian kiri dan kanan wajah dari telinga hingga ke arah dagu.

Langkah 5: Blend It!

Ratakan semua warna foundation yang ada di wajahmu menggunakan jari maupun blending brush atau beauty blender. Pastikan kamu meratakan warnanya dengan rapi dan pastikan warna highlight dan shading bertahan di posisinya masing-masing namun tetap terlihat natural pada garis-garis batas pertemuannya.

Setelah contouring selesai, kamu bisa mengaplikasikan blush dengan warna peach, gold atau warna yang kamu anggap sesuai dengan tema riasan dan warna kulitmu. Menambahkan warna yang shimmery juga tidak ada salahnya untuk tampilan yang lebih glamor. Kemudian kenakan warna lipstik dan rias mata yang senada.

Rekomendasi Produk Contouring yang Bagus

Untuk memilih jenis produk contouring yang akan kamu gunakan, kamu bisa menyesuaikan dengan keterampilan yang dimiliki. Bagi pemula bisa mencoba contouring kit sederhana yang terdiri dari satu atau dua warna. Bagi kamu yang bingung, berikut ini terdapat sejumlah produk contouring yang bisa kamu coba sebagai koleksi tambahan untuk makeup pribadi.

  • Contour Beauty Stick 2in1 Concealer

Produk ini sangat pas untuk kamu yang masih belajar karena mudah diterapkan. Bentuknya seperti stik yang memiliki dua warna yaitu concealer berwarna gelap dan terang. Kamu bisa membuat garis kontur dengan mudah menggunakan produk contour jenis stik ini. Produk ini juga mengandung krim sehingga lembut dipakai dan mudah diblend.

  • Contour City Color Photo Chic Concealer & Palette

Produk ini kemasannya sangat menarik dengan palet warna yang cukup lengkap, terdiri dari delapan perpaduan warna gelap dan terang yang bisa kamu pilih sesuka hati. Kamu bisa mengaplikasikan palet ini dengan blush kemudian terapkan ke wajah sesuai dengan keinginanmu. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakanlah blending brush atau beauty blender berbentuk sponge yang meminimalisir garis kasar saat meratakan warna contour. Selamat bereksperimen!

Dapatkan Produk Contour Secara Lengkap di iPrice Indonesia

Semua produk contouring yang direkomendasikan bisa kamu beli secara online di iPrice Indonesia, lho. Selain itu, toko online Contour juga menjual ragam makeup brush, pakaian dalam Sorella, keset kamar mandi hingga masker wajah dan mata. Dapatkan diskon-diskon menggiurkan untuk setiap produk yang kamu beli dari toko online Contour ini. Selamat berbelanja!

NEW