Model rak piring apakah yang cocok Anda gunakan untuk keperluan dapur di rumah Anda? Apakah rak piring plastik, rak piring aluminium atau biasa dikenal sebagai rak piring stainless, rak piring gantung, ataukah rak piring biasa (rak piring minimalis)? Dan apakah harga rak piring murah menentukan kualitasnya juga? Baca artikel selengkapnya di bawah ini.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Apakah Harga Rak Piring Murah yang Anda Cari?

Anda pastinya sudah tahu kalau harga rak piring yang murah belum tentu menentukan kualitas dari rak piring itu sendiri. Ada banyak faktor yang menentukan kualitas dari rak piring yang Anda cari, terlepas dari rak piring aluminium atau yang biasa dikenal sebagai rak piring stainless, rak piring plastik, rak piring biasa atau bisa disebut rak piring minimalis, atau rak piring gantung, semuanya memiliki kualitas yang berbeda. Lalu apa perbedaannya satu sama lain?

Model Rak Piring Plastik dan Rak Piring Aluminium (Stainless)

Sudah terlihat jelas jika bahan utama yang digunakan rak piring plastik adalah bahan plastik sedangkan untuk rak piring aluminium atau yang biasa dikenal juga sebagai rak piring stainless berbahan dasar aluminium. Rak piring aluminium atau stainless biasanya digunakan untuk menyimpan lebih banyak barang karena fondasinya yang kuat untuk menahan lebih banyak beban juga memiliki model yang lebih kompleks, terdapat banyak susunan (tingkatan) di dalamnya untuk menyimpan piring atau gelas yang tidak hanya terbuat dari bahan aluminium, tetapi juga bisa menyimpan piring plastik hingga piring beling atau yang terbuat dari bahan keramik. Sedangkan untuk jenis rak plastik, model pada rak ini biasanya lebih sederhana dan minimalis, sehingga biasanya digunaakan untuk menyimpan barang-barang atau piring dan gelas yang jumlahnya lebih sedikit atau terbuat dari bahan yang lebih ringan seperti plastik dan aluminium, namun Anda pun bisa menyimpan piring dan gelas yang terbuat dari keramik dengan jumlah yang lebih sedikit.

Rak Piring Minimalis versus Rak Piring Gantung

Manakah yang lebih Anda perlukan, apakah rak piring minimalis ataukah rak piring gantung? Kedua jenis rak piring tersebut memang memiliki fungsi yang berbeda. Jika dapur di rumah Anda cukup sempit dan tidak cukup banyak menampung banyak barang, maka rak dapur yang perlu Anda gunakan adalah rak piring gantung. Anda bisa menggunakan rak piring ini dengan cara menggantungkannya di atas tempat pencuci piring atau sink, sehingga pada saat mencuci piring, Anda akan dapat dengan mudah meletakannya pad arak piring gantung tersebut, sehingga air sisaan dari cucian piring tersebut akan menetes ke dalam sink atau tempat pencucian piring secara langsung. Akan tetapi, jika Anda memiliki ruang yang lebih untuk menyimpan benda lain di dapur dan Anda tidak ingin menggantungnya, maka rak piring minimalis merupakan pilihan yang tepat karena rak piring ini tidak akan memakan lebih banyak ruang, sehingga Anda pun bisa menyimpan benda-benda lainnya di dapur Anda seperti kulkas, bahkan hingga mesin cuci. Jadi, dapur Anda akan masih memiliki cukup ruang untuk menyimpan peralatan dapur lainnya.