Seiring zaman, bentuk-bentuk kue menjadi lebi cantik berkat banaknya cetakan berbentuk unik yang beredar di pasaran. Bila Anda mencari cetakan kue yang baik, jangan lewatkan artikel ini!

 Produk Sponsor

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Dapatkan penawaran dan kupon terkini langsung di inbox Anda!

Waktunya Ibu Indonesia Beranjak dari Cetakan Kue Konvensional

Bentuk kue seperti apa yang paling menggugah selera Anda untuk memakanna? Oval, persegi, segitiga, atau persegi lima? Atau Anda bosan dengan bentuk kue kering konvensional yang itu-itu saja? Padahal setiap hari Anda sudah berlangganan foodism channel di kanal Youtube dan melihat olahan tepung, mentega, telur, susu dan gula yang menghasilkan kue kering dengan bentuk-bentuk unik seperti tokoh kartun atau seperti karakter ikonik lainnya.

Lantas, mengapa Anda tidak membeli berbagai cetakan kue yang memiliki bentuk lebih dinamis? Scroll halaman iPrice Indonesia ini, tentukan pilihan Anda. Namun agar lebih ideal, ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan juga sebelum memiliki cetakan kue.

Tips Memilih Cetakan Kue yang Baik

  • Pilihlah ukuran cetakan yang tepat. Anda tidak hanya harus membayangkan seperti apa bentuk kue yang diinginkan. Perhatikan pula jenis dan ukuran oven yang digunakan untuk memanggang kue. Pilihlah cetakan dan loyang yang pas dengan oven yang dimiliki.
  • Sesuaikan dengan kebutuhan memasak. Jumlah loyang yang terlalu banyak akan menjadi ppercuma jika Anda tidak terlalu intens membuat kue. Tapi hal itu akan jauh berbeda bila Anda membuat kue dalam intensitas tinggi. Entah Anda sekadar hobi atau memang memiliki bisnis kue kecil-kecilan, maka jumlah loyang dan cetakan yang bervariasi akan benar-benar Anda butuhkan.
  • Perhatikanlah bahan material cetakan kue Anda. Karena ini menyangkut tentang makanan yag berujung pada kesehatan, maka kualitas material lapisan cetakan dan loyang Anda sangat penting untuk diperhatikan. Ada banyak cetakan maupun loyang murah dengan berbagai bentuk yang unik dijual di pasaran, namun tidak semua peralatan itu dibuat dari bahan yang ramah kesehatan dan lingkungan. Pilihlah produk yang berbahan logam, alumunium atau stainless steel. Sedapat mungkin jangan menggunakan loyang dan cetakan yang mudah lengket karena akan membuat tampilan kue Anda tidak maksimal.
  • Pilihlah cetakan yang sesuai dengan jenis kue. Alasannya, Anda dapat menciptakan hidangan dengan bentuk yang bervariasi dan menggugah selera. Bila Anda ingin membuat sejumlah kue kering, ada baiknya memilih cetakan berbentuk unik seperti berbentuk hewan atau tumbuhan. Bila Anda memilih kue berukuran besar, idealnya memilih loyang berbentuk bundar atau persegi.
  • Pertimbangkan daya tahannya. Setiap orang pasti selalu ingin peralatannya memiliki daya tahan tinggi agar dapat dipaai dalam jangka waktu lama sehingga tidak membuat dompet boros. Memilih cetakan kue ibaratnya seperti melakukan investasi. Tidak terlalu menjadi masalah bila Anda memilih loyang atau cetakan yang sedikit di atas harga rata-rata bila perkakas itu memang memiliki kualitas baik.

Selamat Tinggal Cetakan Lengket!

Terkadang ada perasaan was-was ketika memanggang atau memasak kue. Perasaan ini timbul bukan karena Anda fokus akan rasa, tetapi khawatir bentuk kue yang dinanti-nanti tidak sesuai bayangan. Bisa jadi kue itu “bantet” atau justru lebih buruk, adonan kue itu lengket pada loyang dan cetakan yang digunakan dan membuatnya cacat. Indah? Boro-boro! Karena itu, kami merangkum beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk meminimalisir kemungkinan buruk ini.

  • Sebelum Anda gunakan, cucilah cetakan kue hingga benar-benar bersih. Kadang, sisa adonan atau sisa gosong yang tertinggal pada perkakas membuat kue menjadi lengket.
  • Sebelum adonan kue dituangkan, panaskan cetakan kue dengan api kecil agar sisa air atau permukaan yang lembab dapat kering merata.
  • Olesi mentega atau margarin pada permukaan cetakan untuk membuat cetakan lebih licin.
NEW