Gorden atau hordeng adalah kain khusus yang digunakan untuk menghalau cahaya atau mengurangi pancaran cahaya yang masuk. Apa warna gorden yang bagus?Bahan gorden yang bagusApa saja tips memilih gorden?

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Dapatkan penawaran dan kupon terkini langsung di inbox Anda!

Kabar tentang Gorden

Sepuluh Ide Unik Mendekorasi Rumah dengan Frame Foto

15 September 2017

Frame foto dapat dikreasikan menjadi dekorasi rumah yang menarik, dapatkan sepuluh inspirasinya lewat artikel ini.

Frame foto dapat dikreasikan menjadi dekorasi rumah yang menarik, dapatkan sepuluh inspirasinya lewat artikel ini.

Lukisan Murah nan Artsy untuk Dekorasi Cantik Rumah Anda

10 September 2017

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercantik dekorasi ruangan di rumah Anda. Salah satunya dengan lukisan-lukisan berikut ini.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercantik dekorasi ruangan di rumah Anda. Salah satunya dengan lukisan-lukisan berikut ini.

Apa warna gorden yang bagus?

Warna gorden yang bagus disesuaikan dengan tempat pemasangan. Buat kamu yang suka warna-warna monokrom, kamu bisa memilih gorden warna abu-abu. Sedangkan buat kamu yang menyukai warna klasik bisa memilih warna gorden coklat atau emas/gold sehingga memberi kesan ruangan yang mewah. Salah satu tips lainnya adalah kamu bisa memilih warna gorden sesuai dengan furniture yang ada di ruangan tersebut.

Gorden atau hordeng adalah kain khusus yang digunakan untuk menghalau cahaya atau mengurangi pancaran cahaya yang masuk. Gorden sendiri biasanya dipasang di ruangan misalnya di rumah atau biasa juga digunakan di ruang pertunjukan.

Bahan gorden yang bagus:

  • Gorden bahan blackout - Harga gorden blackout mulai dari Rp60.000

Gorden blackout atau gelap total ini bisa menghalangi cahaya masuk ke dalam ruangan, baik cahaya matahari atau cahaya lampu. Gorden blackout cocok digunakan di ruang tidur sehingga tidak terganggu saat tidur/beristirahat dan juga terkesan minimalis. Bahan gorden blackout biasanya lembut dan mudah dibersihkan. Bukan hanya kain polos, garden minimalis blackout ini juga bisa ditemui dalam berbagai motif. Harga gorden blackout cukup terjangkau sesuai dengan ketebalannya.

  • Gorden bahan sutera - Harga gorden sutera mulai dari Rp61.000

Gorden berbahan kain sutera ini punya tekstur yang juga lembut, tetapi tidak licin. Gorden sutera ini cocok dikombinasikan dengan kain gorden sheer atau tembus pkamung. Bahan gorden sutera ini punya kesan membuat ruangan terlihat lebih cantik. Namun, gorden sutera ini cenderung punya harga yang lebih mahal dibanding kain gorden bahan lainnya.

  • Gorden bahan katun - Harga gorden katun mulai dari Rp33.000

Gorden katun ini jadi bahan yang jadi favorit orang Indonesia. Bahan gorden ini terkenal halus serta hadir dengan motif gorden yang beragam sesuai dengan desain ruangan, seperti gorden katun jepang, katun rayon, dan juga katun sutra. Tidak ketinggalan, gorden bahan katun juga dijual dengan harga yang terjangkau.

  • Gorden bahan kain lace - Harga gorden lace mulai dari Rp75.000

Gorden bahan lace ini bisa jadi pilihan untuk gorden minimalis di ruang tengah. Dengan gorden bahan kain lace, cahaya tetap bisa masuk ke dalam ruangan meski tidak terlalu silau. Biasanya bahan kain lace ini jadi lapisan bagian dalam gorden karena karakteristiknya yang tipis.

  • Gorden bahan kain satin - Harga gorden satin mulai dari Rp42.500

Bahan gorden jenis kain satin ini punya bahan yang lembut dan mengkilap sehingga punya kesan yang mewah. Bahan ini juga tersedia dalam berbagai motif dan warna. Karakteristik gorden satin juga terlihat menjuntai sehingga cocok digunakan pada ruangan dengan jendela yang tinggi. Harga gorden bahan satin juga cukup murah.

Apa saja tips memilih gorden?

Saat membeli gorden, kamu harus memastikan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan ukuran gorden sudah sesuai. Untuk ukuran panjang gorden, kamu ukur dulu tinggi gorden dari rel gorden sampai lantai. Supaya terkesan tinggi, pastikan kamu memasang rel gorden 15-20 cm dari atas jendela. Sedangkan lebar gorden bisa ditambahkan ekstra 10-15 cm supaya gorden bisa menutup semua jendela tanpa cahaya bisa masuk.
  • Pilih desain/bahan gorden sesuai dengan kebutuhan. Misalnya penggunaan gorden di ruang keluarga dan ruang tidur tentunya berbeda. Jika di ruang keluarga, kita membutuhkan cahaya matahari di siang hari sehingga bahan gorden tipis diperlukan, sedangkan di ruang tidur kita butuh gorden yang bisa menangkal cahaya matahari dan juga untuk privasi.
  • Selain bahan, kamu juga harus tentukan warna gorden yang sesuai dengan suasana ruangan. Misalnya penggunaan warna gorden netral seperti abu-abu, putih, dan krem yang membuat gorden bisa membaur dengan ruangan.
  • Kalau kamu ingin gorden minimalis, pertimbangkan warna yang tidak mencolok ya.
  • Gorden minimalis bisa membuat rumah kamu terkesan simpel tapi tetap cantik. Dengan tidak menggunakan banyak motif yang mencolok, gorden minimalis juga cocok untuk kamu gunakan di kamar tidur.

Tips Membersihkan dan Merawat Gorden Rumah

Kamu bisa bersihkan gorden dengan kemoceng atau lap yang dibasahkan terlebih dahulu. Namun untuk bersihkan gorden secara menyeluruh, kamu bisa terapkan cara berikut ini:

  • Kamu harus tahu terlebih dahulu jenis bahan dari gorden itu sendiri. Ada dua jenis kain gorden yang kerap digunakan, beludru dan chenille. Saat mencuci beludru, kamu mesti hati-hati, jangan sampai bulu beludru jadi mudah rontok. Hindari memeras dengan dengan memelintir kain. Sedangkan untuk jenis chenille, gunakan system dry cleaning agar kain tak mudah menciut. Sebab kain jenis ini saat terkena air akan mengalami penyusutan.
  • Kamu dapat melakukan pencucian gorden 3-6 bulan sekali. Bergantung pada jenis kain gorden dan ruangan yang ditempati. Untuk merawat gorden secara berkala, kamu dapat membersihkan menggunakan vacuum cleaner. Penyedotan debu pada gorden dapat dilakukan 1 minggu sekali untuk menghindari kotoran yang menumpuk.
  • Merawat gorden harus memperhatikan beberapa jenis kain yang rentan pudar warnanya apabila terkena cahaya matahari secara langsung. Jadi sebaiknya kain diletakan pada area jemur beratap. Sehingga cahaya matahari bisa difilter. Jangan lupa, hindari melipat kain gorden saat menjemur agar tak muncul lipatan saat gorden terpasang.

Selain gorden, percantik juga rumah kamu dengan cermin dan tirai shade dari iPrice Indonesia.

NEW