Sebagai pria, fashion item bawahan satu-satunya yang bisa dipakai adalah celana. Baca artikel ini untuk informasi jenis celana pria yang perlu Anda ketahui.

Celana Panjang Dockers
Celana Chino Dockers
_

Jenis-Jenis Celana yang Harus Diketahui Pria Indonesia

Berbeda dengan wanita, pria biasanya lebih suka memakai satu jenis pakaian berulang-ulang dengan alasan nyaman dan tidak mau repot. Salah satu item yang sering dipakai berulang kali adalah celana. Ya, namanya juga pria, masa memakai rok. Hehehe. Meski fashion item ini terbilang monoton dan itu-itu saja, padahal terdapat banyak jenis celana pria yang perlu Anda ketahui lho. Untuk memudahkan Anda dalam berpakaian, simak daftar model celana berikut ini.

Celana Formal

Celana formal atau dress pants sebenarnya terdiri dari dua jenis, yaitu pleated (lipit) dan flat front (datar tanpa lipit). Celana formal model pleated biasanya jarang dipakai atau dihindari karena dapat membuat bagian tubuh bawah terlihat sangat besar dan tidak pas di badan. Celana ini cocok untuk pria dengan paha besar agar kaki memiliki ruang yang lebih besar. Celana formal biasanya berwarna gelap seperti abu-abu, hitam, coklat, biru dongker, atau warna khaki.

Celana Khaki

Khaki atau khakis adalah nama sebuah warna turunan coklat, yaitu campuran kuning dan coklat muda, umumnya berwarna seperti pasir atau debu. Awalnya celana pria ini dipakai untuk keperluan militer. Celana khaki sangat cocok untuk dipakai ke kantor karena sesuai untuk tampilan formal. Celana ini seperti celana formal biasa, tersedia dengan lipit dan tanpa lipit. Pada perkembangan selanjutnya, celana khaki dibentuk slim fit atau skinny, dan inilah awal dari celana chino.

Celana Corduroy

Celana corduroy merupakan celana yang terbuat dari bahan corduroy. Kain corduroy merupakan tekstil yang terdiri dari serat yang dipuntir, terbuat dari kain kapas tebal yang memiliki tekstur yang halus. Serat tersebut ditenun sejajar mirip dengan twill membentuk pola kain seperti tali. Kain corduroy pada dasarnya berbentuk seperti gerigi dari beludru. Ciri khas kain corduroy adalah seperti terbuat dari beberapa tali yang diletakan sejajar kemudian dijahit bersama-sama. Kain corduroy berukuran lebarlah yang biasanya digunakan untuk bahan celana. Celana ini bisa dipakai saat santai, tetapi karena bahannya tebal, tidak disarankan mengenakan celana ini di musim panas.

Celana Chino

Celana chino tidak sama dengan celana khaki meskipun banyak yang salah mengartikannya. Celana chino dibuat dari bahan yang lebih sintetis daripada celana khaki. Celana ini lebih ringan dan cenderung memiliki potongan yang lebih sempit dan ujung mengecil atau meruncing, berbeda dengan celana khaki. Nama chino berasal dari kata “china” yang merupakan tempat asal pembuat bahan ini. Chino merupakan sebutan kata “china” dalam bahasa Spanyol. Celana chino memiliki warna yang beragam, mulai dari warna terang ke warna gelap. Sebagai celana semi-formal, celana chino juga sering dipakai pada kesempatan santai atau kasual.

Celana Cargo

Celana cargo awalnya digunakan tentara Inggris karena memiliki banyak kantong yang berfungsi untuk membawa barang keperluan perang seperti radio dan amunisi. Pada perkembangan selanjutnya, celana cargo banyak dipakai di luar militer dan mulai populer di tahun 90-an. Biasanya celana ini dipakai untuk kegiatan di luar yang memerlukan kenyamanan. Selain itu, celana ini juga praktis karena penggunanya tidak perlu membawa tas untuk membawa barang-barangnya.

Celana Jeans

Jeans merupakan celana yang paling banyak dipakai oleh pria maupun wanita. Biasanya celana ini dipakai di saat santai. Jeans terbuat dari bahan denim, dungaree, dan katun. Jeans menjadi sangat populer di tahun 1950-an dimana banyak anak muda yang memakainya. Dari ragam celana pria yang sudah disebutkan di atas, celana jeans merupakan jenis celana yang paling digunakan di seluruh dunia.

NEW