Toko online Doterra memproduksi berbagai macam esensial oil yang berguna bagi tubuh. Simak artikel ini untuk mengetahui berbagai macam kegunaan esensial oil.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Daftar Harga doterra Terbaik 2020

Terpopuler
doTERRA On Guard Spray

Tersedia di Tokopedia Rp 135.000 Kunjungi Toko

Apa Itu Essential oil?

Belakangan ini pasti Anda sering mendengar essential oil atau kerap disingkat dengan sebutan EO. Ternyata essential oil memiliki banyak kegunaan seperti mengatasi masalah hormonal pada wanita. Gangguan hormon bisa dibilang masalah yang paling umum dialami oleh perempuan. Cuma kadang-kadang kita tidak menyadari kalau keluhan seperti sulit menurunkan berat badan, merasa lesu, migren, kerontokan rambut, mood yang naik-turun, dan sebagainya, adalah tanda hormon kita sedang terganggu.

Mungkin banyak yang belum tahu kalau ternyata hormon memainkan peran yang penting untuk kesehatan fisik dan emosional. Hormon juga mengatur setiap fungsi metabolisme dalam tubuh kita. Ketidakseimbangan hormon dapat meningkatkan resiko terkena penyakit, termasuk kanker, penyakit kardiovaskular, osteoporosis, arthritis, diabetes, dan lain-lain.

Essential oil ternyata telah digunakan selama ribuan tahun, tidak hanya untuk tujuan bersifat kosmetis, tapi juga untuk mendapatkan efek terapi dan pengobatan, baik secara fisik, spiritual, maupun emosional. Essential oil diekstrak secara seksama melalui proses distilasi dan juga cold pressing. Melalui cara tersebut dihasilkan essential oil berkualitas tinggi yang disebut sebagai pure theurapetic-grade essential oil.

Essential oil dapat digunakan dengan berbagai cara, antara lain dengan dihirup, dioleskan pada kulit, dibaurkan, bahkan juga bisa diminum. Tapi perlu diingat bahwa essential oil yang tergolong theurapetic-grade yang dapat digunakan dengan berbagai cara tadi. Essential oil bekerja dengan mengaktivasi sistem limbik, yang merupakan pusat pengaturan emosi dan memori, melalui cara pemakaian yang bermacam-macam tadi.

Berikut Ini Terdapat Essential Oil Paling Populer

Berikut ini terdapat beberapa jenis essential oil yang paling populer.

Lemon Essential Oil

Jean Valnet MD dalam bukunya “The Practice of Aromatherapy” memperkirakan setidaknya kita membutuhkan 3000 buah lemon untuk memproduksi 1 kg lemon essential oil melalui proses cold pressed. Hal ini berarti dibutuhkan sekitar 75 lemon untuk menjadi 15 ml lemon essential oil.

Manfaat Lemon Essential Oil:

  • Lemon essential oil sangat berguna bagi kesehatan tubuh yang berperan sebagai antioksidan dan anti viral. Bisa juga untuk menyamarkan selulit, menguatkan kuku, mengecerkan dahak saat batuk, dan juga untuk mencerahkan kulit muka. Saat anak Anda demam, oleskan lemon essential oil di sepanjang tulang belakang dan telapak kaki.
  • Penambah rasa di masakan atau air minum, smoothies serta Selain rasanya menjadi tambah enak juga memberikan efek detoksifikasi untuk tubuh Anda.
  • Pewangi ruangan. Wangi lemonnya dapat membuat rileks dan membantu meningkatkan mood
  • Kebersihan dan perawatan rumah. Anda dapat membersihkan noda membandel di kamar mandi, dapur, dan karpet. Lemon essential oil ini juga dapat mengangkat noda seperti bekas krayon, minyak, dan permen karet. Bahkan bisa juga untuk sebagai pengganti detergen di rumah.

Lavender Essential Oil

Lavender dengan harum yang fresh, manis, dan khas bunga biasa disebut sebagai first aid oil. Saat memiliki keluhan fisik dan bingung mau pakai oil yang mana, Anda bisa langsung menggunakan oil ini. Fungsi lavender oil di antaranya dapat memberikan keseimbangan pada tubuh dan bekerja di bagian tubuh yang membutuhkan.

Manfaat Lavender Essential Oil:

  • Lavender essential oil dapat membantu meringankan penderita alergi, baik alergi udara atau alergi di kulit. Lavender juga bagus untuk kesehatan rambut karena dapat mengurangi ketombe dan mencegah kerontokan.
  • Lavender essential oil dapat menjadi perawatan kulit. Seperti untuk kulit kering dan pecah-pecah, varises, terbakar matahari, eksim, gatal-gatal, diaper rash, luka bakar, luka berdarah bahkan jerawat. Saat terkena gigitan serangga juga bisa langsung dioleskan dan untuk mengusir nyamuk. Untuk nyeri perut seperti saat menstruasi atau perut kembung juga bisa dioleskan pada bagian perut.
  • Lavender essential oil berguna untuk mengusir nyamuk. Coba Anda lihat beberapa produk lotion atau mosquito repellant pasti banyak yang mengandung lavender.
  • Wangi lavender oil juga memiliki efek relaksasi di mana akan membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Penting untuk Anda yang menderita insomnia seperti menghirup aroma lavender saat sedang stress atau cemas. Wewangian ini akan memberikan efek tenang dan bisa digunakan saat bayi Anda menangis terus-menerus dengan mengoleskannya di belakang telinga.

Peppermint Essential Oil

Peppermint essential oil memiliki bau yang kuat dan khas daun mint yang fresh. Peppermint oil termasuk jenis minyak yang panas di kulit sehingga harap hati-hati saat menggunakannya pada anak dan penggunaannya harus selalu dicampur terlebih dahulu dengan carrier oil seperti minyak kelapa atau minyak zaitun.

Manfaat peppermint essential oil:

  • Peppermint essential oil dapat melancarkan pencernaan, mengurangi nyeri, mual, maag, kram, atau kembung dengan meneteskan 1 tetes pada air minum hangat. Untuk nyeri sendi dan sakit kepala, bisa dioleskan di bagian yang sakit. Essential oil juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap, sakit gigi, dan radang tenggorokan. Minyak esensial dengan wewangian peppermint ini juga bagus untuk mengatasi masalah pernafasan, melegakan hidung tersumbat, dan sesak nafas. Caranya cukup teteskan satu drop di mangkuk yang berisi air panas kemudian hirup udaranya. Bisa juga dicampur dengan vegetable oil dan dioleskan di bagian dada untuk membantu mengatasi pilek, batuk berdahak, sinusitis, dan asma.
  • Peppermint essential oil juga memiliki efek relaksasi. Saat Anda lelah dan membutuhkan energi serta konsentrasi, Anda bisa menghirup peppermint oil dan mengoleskannya di belakang leher. Peppermint oil akan memberikan efek semangat bagi mood Anda, menambah energi dan meningkatkan pikiran positif.

Dapatkan Essential Oil Doterra di iPrice Indonesia

Doterra merupakan merek yang khusus menjual berbagai macam jenis essential oil yang berguna bagi Anda. Mulai dari essential oil therapeutic, essential oil untuk perawatan wajah, dan essential oil yang bisa dimakan. Dapatkan essential oil dari Doterra dengan harga termurah di iPrice Indonesia.

NEW