Temukan aneka drum dan produk merek Drum lainnya dengan harga miring di iPrice Indonesia! Berbagai kebaikan drum untuk kesehatan dapat dilihat dalam artikel ini.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Bermain Drum Tidak Asal Pukul, Tapi Juga Baik untuk Kesehatan!

Kalau melihat orang bermain drum rasanya enak sekali, bisa memukul-mukul sepuas hati, menimbulkan suara yang menggelegar dan berisik. Apalagi jika sedang marah, wuiiih enak sekali bisa memukul drum sekencang-kencangnya! Drum adalah alat musik pukul yang sangat penting dalam musik. Dengan drum, ketukan dan irama musik menjadi teratur, musik pun juga menjadi lebih catchy. Genre musik yang banyak memakai drum adalah musik rock dan metal, maka dari itu kedua genre musik tersebut berisik, hehe! Musik yang memiliki hentakan drum yang kuat juga sangat baik untuk mengejutkan orang dan mencegah kantuk. Tak heran kalau banyak orang mendengarkan musik rock dan metal ketika mengemudi jauh atau begadang!

Bermain drum tidak asal pukul, lho, tapi ada cara tersendiri agar dapat menghasilkan ketukan yang enak didengar. Tapi, baik dimainkan dengan benar atau tidak, ternyata bermain drum sangat baik untuk kesehatan, lho! Salah satunya adalah dapat mengontrol penyakit kronis. Misalnya, seseorang yang mengidap penyakit kronis pasti sangat menderita dan menjalani kualitas hidup yang kurang baik dibanding mereka yang sehat. Berdasarkan penelitian, orang yang menderita penyakit kronis dan sering bermain drum di kala senggang dapat mencegah timbulnya rasa sedih, sakit dan gelisah. Tidak seluruhnya sih, namun mereka merasa lebih baik. Mengapa bisa begitu? Ini karena bermain drum mampu meningkatkan zat endorfin dan opiat, yaitu dua zat yang tergolong sebagai neurotransmitter zat yang mengirimkan sinyal dari satu sel saraf ke sel saraf lainnya. Endorfin dan opiat berfungsi sebagai obat penghilang rasa sakit, terbentuk secara otomatis ketika seseorang merasa stres atau tertekan. Itulah sebabnya mengapa bermain drum dapat mengurangi stres!

Banyak orang berpikir sistem imun yang kuat didapat dari pola hidup sehat, mendapat waktu tidur yang cukup serta makan buah-buahan dan vitamin C. Ada satu hal lagi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan sistem imun, yaitu bermain drum! Ternyata, memukul-mukul drum dapat meningkatkn sistem imun, lho! Orang yang hobi bermain drum dinyatakan memiliki kekebalan tubuh yang lebih tinggi dari mereka yang jarang atau tidak bermain drum. Yang lebih fantastis lagi, ternyata sering bermain drum dapat membuat sistem imun tubuh Anda super kuat sehingga dapat melawan kanker dan virus HIV atau AIDS, lho!

Drum memang bukan alat musik yang menonjol dalam musik klasik, tapi bermain drum dapat meningkatkan cara kerja otak. Ketika bermain drum, Anda menghasilkan ritme yang keras. Nah, ritme yang keras inilah yang berfungsi membuat otak bekerja lebih baik karena dapat menembus seluruh bagian otak! Hal ini membuat semua bagian otak, misalnya bagian yang mengatur penglihatan, kemampuan mendengar atau berbicara terhubung dan terkoordinasi dengan baik. Bagi orang yang mengidap Parkinson, mengalami stroke atau gangguan sistem saraf lainnya bisa mulai bermain drum agar membantu proses pemulihan otak dan sistem saraf.

Dengan begini, Anda pasti sudah dapat menebak kalau bermain drum adalah sebuah terapi juga, bukan? Ritme yang dihasilkan drum juga baik untuk membantu mereka yang mengalami penyakit mental. Barry Quin Ph.D dalam penelitiannya membuktikan kalau bermain drum, walau hanya sebentar, dapat mengubah gelombang otak dari gelombang beta menjadi alpha. Gelombang beta adalah gelombang yang muncul ketika seseorang merasa tertekan, sementara gelombang alpha adalah gelombang yang muncul ketika seseorang merasa tenang. Inilah sebabnya orang yang mengalami gangguan jiwa disarankan untuk bermain drum.

Bagaimana, apakah artikel ini membuat Anda ingin segera memilki drum? Temujkan berbagai jenis drum dengan harga termurah hanya di iPrice Indonesia! Alat musik drum dapat Anda temukan dalam koleksi hobi Drum. Selain alat musik, tersedia juga aneka produk bermerk Drum seperti dalam koleksi mainan Drum, tas Drum, kesehatan Drum dan lain-lain.

Drum Indonesia – Tips Merawat Drum Agar Awet

Tadi Anda telah mengetahui berbagai manfaat drum yang baik untuk kesehatan. Agar drum Anda dapat dipakai dalam jangka waktu lama, tentu harus dirawat dengan baik. Cara termudah adalah membersihkan drum setelah dipakai. Haruskah dilakukan setiap kali? Ya, agar awet sebaiknya Anda membersihkan drum setiap kali selesai dipakai. Gunakan kain lap berbahan super lembut, bersihkan drum mulai dari cymbal hingga semua bagian drum.

Untuk membuat cymbal drum mengkilap, Anda bisa menggunakan krim pembersih cymbal. Caranya, pencet krim pembersih cymbal untuk membersihkan setengah bagian cymbal, gunakan kain lembut dan usap cymbal hingga merata. Ketika seluruh bagian cymbal menghitam, hilangkan dengan sampo dan sedikit air. Caranya, tuang sampo pada cymbal dan ratakan sembari ditekan sedikit agar warna hitam pada cymbal terangkat. Selanjutnya, bilas cymbal dengan air dan keringkan hingga benar-benar kering.

Anda juga dapat menggunakan minyak pembersih untuk membersihkan bagian drum lainnya. Sebagai catatan tambahan, gunakanlah minyak antikarat untuk membersihkan bagian drum yang terbuat dari besi. Pedal drum juga harus dirawat agar awet karena jika tidak akan berkarat. Hasilnya? Setiap kali digunakan akan berbunyi! Hal ini akan mengganggu kualitas suara musik dan pentas Anda. Untuk mencegah hal ini, oleskan pelumas pada pedal drum secara rutin. Cara lainnya untuk menjaga keawetan drum adalah dengan mengencangkan membrane pada drum. Lakukan cek secara rutin apakah ada membrane yang kendor. Membran drum tidak boleh terlalu kencang atau kendor, gunakan kunci drum untuk mengaturnya. Mudah sekali bukan, merawat drum?

NEW