Walkie talkie atau disebut juga handy talkie masih menjadi salah satu peralatan penting ketika untuk berkomunikasi. Simak artikel ini untuk mengetahui serba serbi perangkat tersebut!

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Daftar Harga Walkie Talkie Terbaik 2019

10 Produk Terbaik Harga Toko
Maxtron C15 Rp 144.000 Shopee
Motorola TLKR T80 Rp 1.115.000 Lazada
Motorola TLKR T60 Rp 664.550 Lazada
Motorola TLKR T8 Rp 869.000 Lazada
KENWOOD TH-225A Rp 1.350.000 Tokopedia
Motorola T260TP Rp 1.273.496 Amazon
Motorola MS350R Rp 110.099 Amazon
BaoFeng ht bf 888s / handy talkie murah Rp 165.500 Tokopedia
BaoFeng talkie walkie ht 2 pcs Rp 165.000 Tokopedia
Motorola ht cp1660 / cp 1660 uhf 403-438 mhz Rp 2.220.000 Tokopedia
Terpopuler
Maxtron C15

Termurah di Shopee Rp 144.000 Kunjungi Toko

Walkie Talkie, Alat Komunikasi Indonesia Tanpa Pulsa

Walkie talkie merupakan sebuah perangkat komunikasi dua arah berbasis gelombang radio yang biasa digunakan oleh orang-orang dalam kondisi spesifik, seperti orang-orang yang bekerja di tempat terpencil, jauh atau daerah yang sulit dijangkau oleh perangkat ponsel. Perangkat ini dapat menjadi bagian penting dalam pekerjaan Anda, terutama ketika membutuhkan bertukar informasi pada orang yang tidak berada di dekat Anda

Sistem kerja perangkat ini hampir sama dengan sistem kerja pada ponsel untuk berkomunikasi. Namun untuk menggunakan walkie talkie, Anda tidak perlu mengisi pulsa atau berlangganan paket terlebih dahulu. Seperti yang telah kami singgung pada awal paragraf, perangkat ini menggunakan frekuensi radio sebagai kurir penghubung komunikasi dengan lawan bicara. Frekuensi radio yang digunakan dapat menghubungkan orang-orang sejauh 10 meter, bahkan ada produk walkie talkie yang mendukung digunakan dalam area 10 kilometer.

Karena tidak memiliki sistem seperti ponsel, maka Anda tidak perlu melihat spesifikasi “jeroan” CPU atau RAM dari walkie talkie. Bila Anda ingin membeli walkie talkie yang ideal, ada beberapa aspek yang bisa menjadi bahan pertimbangan.

Frekuensi

Walkie talkie memiliki dua jenis frekuensi, yakni UHF dan VHF. Anda harus pahami frekuensi ini sebelum memilih perangkat walkie talkie karena frekuensinya akan mempengaruhi kelancaran Anda bekerja. Walkie talkie berfrekuensi VHF biasanya digunakan pada area terbuka yang tidak memiliki penghalang / obstacle. Walkie talkie berfrekuensi ini biasanya dipakai di laut lepas atau di puncak gunung. Sedangkan frekuensi UHF biasanya digunakan pada tempat-tempat yang memiliki banyak obstacle seperti di dalam hutan yang penuh pepohonan, di dalam gedung atau area urban lainnya. Dengan kata lain, aliran frekuensi UHF lebih baik dibanding VHF dalam menembus objek.

Jangkauan

Ada walkie talkie yang hanya mampu terhubung dalam jangkauan dua mil. Tipe jangkauan walkie talkie ini biasanya disebut dengan Family Radio Service (FRS). Jika Anda menginginkan jangkauan yang lebih, maka pilih walkie talkie yang memiliki tipe jangkauan General Mobile Radio Service (GMRS).

Ketahanan

Lingkungan Anda menggunakan walkie talkie menjadi aspek yang harus dipertimbangkan selanjutnya. Apakah Anda akan menggunakannya pada area luar ruangan yang rentan hujan, panas, banjir, dan semacamnya? Atau Anda hanya butuh walkie talkie untuk memperlancar acara dalam ruangan yang Anda buat? Jika Anda menggunakan untuk luar ruangan, penting untuk memilih walkie talkie yang terbuat dari material kuat dan tahan terhadap air atau lumpur. Siapa yang tahu Anda akan menjatuhkannya ke dalam kubangan lumpur?

Berat dan Ukuran

Ada banyak jenis walkie talkie yang dijual di pasaran. Ada yang berukuran hanya sebesar ponsel compact, ada pula yang berukuran sebesar ponsel-ponsel pintar berlayar lebar yang ada sekarang. Pentingnya memperhatikan berat dan ukuran walkie talkie akan memudahkan Anda ketika menggunakannya. Jika Anda menggunakan perangkat ini untuk kegiatan yang menuntut kecepatan dan ringkas seperti dipakai ketika bersepeda maka Anda membutuhkan walkie talkie yang ringan dan kecil. Sepeda Anda tidak selalu didesain dengan tempat walkie talkie yang layak. Bila walkie talkie kecil dan ringan, Anda dapat menyelipkannya di saku celana atau saku punggung jersey. Dan itu tidak akan merepotkan Anda karena bebannya tidak seberapa. Namun bila Anda bekerja lapangan seperti di kilang minyak lepas pantai atau pengeboran batu bara, sebuah walkie talkie yang berukuran cukup besar dan memiliki beban yag lumayan bisa menjadi pilihan Anda untuk meminimalisir kehilangan atau tercecernya walkie talkie saat bekerja. s

Positif Seller NEW