Ingin belajar bermain skateboarding? Kebetulan! Halaman Globe Indonesia ini akan berbagi trik belajar skateboarding untuk Anda. Klik tautan berikut ini!

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

“Skateboarding for Life” bersama Globe Indonesia

Melihat orang meluncur dan melakukan sejumlah gerakan di atas papan skateboard adalah sebuah tontonan yang seru. Bila menonton seorang skateboarder profesional, ada banyak gerakan yang membuat kita berdecak kagum. Kita terpukau bercampur heran bagaimana bisa skateboarder itu sangat fasih bermanuver di atas papan skate-nya.

Skateboarding sendiri bukan olahraga baru di Indonesia. Sejak berpuluh tahun yang lalu, olahraga ketangkasan ini telah jamak dimainkan, khususnya oleh anak-anak muda yang haus akan olahraga aksi. Bagi mereka yang menyelaminya lebih dalam, skateboarding bukan lagi sekadar sebagai olahraga.

Mereka yang intens memainkan papan luncur beroda ini tidak jarang menjadikan skateboarding sebagai gaya hidup. Skateboarding sangat dekat dengan kehidupan anak muda, terutama ketika era akhir 90-an dan awal 2000-an. Konteks skateboarding mucul di berbagai film, musik, hingga industri mode anak muda kala itu. Anda sendiri, pernahkah mencoba bermain skateboard?

Trik Belajar Skateboard untuk Pemula

Menonton aksi-aksi “penunggang” papan skate memang mengundang decak kagum. Terkadang ada sebuah hasrat untuk bisa menjadi lihai seperti para skateboarding yang tengah beraksi. Tapi nyatanya, olahraga ketangkasan beralas papan ini bukan tipikal yang mudah dikuasai meski tampak sederhana karena tinggal menjaga keseimbangan di atas papan yang melaju. Terlebih bila Anda bukan tipe orang yang senang merangsang hormon serotonin yang memacu adrenalin.

Meski tidak mudah, skateboarding masih dapat dipelajari. Memang tidak instan, tapi perlahan. Sebelum mencoba pegalaman baru dengan papan skate, ada sejumlah aksesoris yang sebaiknya Anda kenakan. Aksesoris ini tidak hanya dipakai untuk gaya-gayaan semata, tapi lebih menitikberatkan pada nilai keselamatan dan memberi kenyamanan.

Papan skate adalah elemen penting di samping niat untuk handal bermain skateboard. Karena itu, jangan sampai salah membeli papan skate yang cocok untuk Anda. Dan jangan sampai mudah tergoda dengan keberadaan papan skate berharga miring yang Anda lihat di toko-toko online. Seringkali, papan skate yang murah tidak memiliki kualitas yang baik. Bisa jadi bahan kayunya bukan bahan kayu terbaik dan mudah patah.

Tipe papan skateboarding juga tidak hanya satu. Ada papan skate untuk sekadar melaju. Papan ini cenderung dipakai untuk transportasi. Ada pula papan skate untuk trik dan bermanuver di udara. Perbedaan dua papan ini terletak pada bobotnya. Papan untuk transportasi tidak akan maksimal dipakai untuk melakukan trik maupun manuver karena bobotnya yang lebih berat.

Sebagai aksesoris, Anda dapat mengenakan helm, sepatu skate, pelindung siku tangan dan pelindung lutut. “Lah, mengapa begitu banyak aksesoris yang harus dipakai? Terkadang para skateboarder yang saya lihat tidak tampak mengenakan berbagai aksesoris itu,” barangkali pertanyaan ini langsung muncul dari dalam benak Anda.

Ya, ada banyak memang skateboarder yang tidak mengenakan aksesoris sebanyak yang disebutkan barusan. Tapi harap Anda ingat bahwa mereka adalah para ahli di bidangnya, yang tak lain dan tak bukan adalah ahli skateboarding. Dan barangkali mereka telah mempertimbangkan seberapa besar potensi cedera yang akan terjadi ketika mereka salah bermanuver.

Ini tentunya berbeda dengan Anda. Anda adalah newbie, baru akan belajar tentang skateboarding. Dan karena itu Anda berada di halaman Globe Indonesia ini, kan? Karena itu, keselamatan adalah hal yang patut diprioritaskan. Apa Anda tidak akan menyesal bila terlanjur cedera parah saat belum sempat merasakan kemahiran skateboarding mengalir di diri Anda?

Belajar bermain skateboard ibaratnya seperti belajar bersepeda. Pada keduanya, ada keseimbangan yang harus dapat Anda pahami. Dan seperti belajar bersepeda, pada periode awal Anda pun harus rela jatuh bangun untuk mendapatkan esensi keseimbangan untuk melaju dengan sempurna di atas papan skate.

Esensi keseimbangan itu bisa didapat bila Anda telah mengetahui cara berdiri di atas sebuah papan skate. Bagaimana caranya? Ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk berdiri di atas papan skate. Cara pertama bernama goofy. Pada cara ini, taruh kaki kiri di bagian paling belakang papan skate dan posisikan kaki kanan di depannya.

Cara kedua bernama regular. Ini adalah kebalikan dari cara goofy, yakni menaruh kaki kanan di belakang dan kaki kiri pada bagian depan. Coba lakukan terus menerus hingga Anda menjadi sangat fasih berdiri di atas papan skate.

Setelah Anda fasih berdiri di atas papan skate tanpa menyisakan keraguan dan ketakutan sedikitpun, maka saatnya Anda belajar untuk melaju. Lakukanlah perlahan-lahan dengan cara mengayuhkan (atau lebih tepatnya menghentakkan) salah satu kaki ke aspal jalan yang ingin Anda lewati.

Setelah terasa melaju, taruhlah kedua kaki di atas papan dan segera temukan keseimbangan pada tubuh Anda. Sama seperti proses belajar di atas papan skate, lakukan ini berkali-kali hingga Anda telah merasa mahir. Jangan lupa tingkatkan kecepatan Anda sedikit demi sedikit.

Sebagai seorang pemula, tidak ada salahnya pula Anda mulai mencari teman belajar skateboard. Bergabung dengan komunitas skateboard terdekat yang ada di lingkungan sekitar merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan teman seperjuangan belajar skateboarding. Komunitas skateboarding sendiri sangat menjamur di Indonesia. Percayalah, Anda tidak akan sulit menemukan satu di antaranya.

Merek Globe sendiri telah lama digunakan para “peselancar aspal” untuk memenuhi kebutuhan skateboarding mereka. Globe yang berasal dari Australia telah lama memasok sejumlah produk skateboarding, mulai dari papan skate beserta berbagai aksesorisnya, sepatu skate, topi maupun pernak-pernik skateboarding lainnya.

Anda mungkin juga menyukai

Produk lainnya dari Globe Indonesia

Kaos Globe Topi Globe
NEW