Kami sering membuat artikel yang membahas tentang pentingnya peran sebuah ban pada kendaraan. Salah satunya di halaman Goodyear Indonesia ini. Apa sih pentingnya? Tautan ini akan memberi jawaban pada Anda.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Goodyear Indonesia, Ban Bagus Hindari Celaka

Tidak sulit mengenali sebuah ban. Bentuknya sangat familiar. Bulat, memiliki alur pada tapak dan umumnya berwarna hitam. Material pembuat ban biasanya berasal dari karet olahan yang telah memiliki standar khusus.

Ban adalah salah satu komponen wajib semua kendaraan, baik itu mobil, motor, kereta, bahkan pesawat. Tapi pada halaman Goodyear Indonesia ini kita tidak akan membahas tentang ban kereta atau ban pesawat. Kita akan menekankan pembahasan pada ban mobil.

Seberapa dalam Anda mengetahui sejarah ban mobil? Di masa sekarang ini, ada banyak merek ban yang beredar di pasaran otomotif.

Mulai dari merek-merek internasional yang jamak kita lihat iklannya di televisi hingga sejumlah merek lokal yang baru mulai menapaki kepopuleran. Harga ban mobil juga memiliki banyak variasi, tergantung sejumlah faktor seperti ukuran hingga tipe.

Tapi sejatinya, ban pertama berasal dari Goodyear, lho! Penemuan ini dibuat oleh pria bernama Charles Goodyear pada tahun 1939 lalu. Penemuan yang hampir satu abad lalu itu nyatanya memberi pengaruh begitu signifikan pada peradaban manusia.

Berkat keberadaan ban, pengembangan dalam dunia otomotif dapat lebih maksimal. Tak bisa dibayangkan bila tak ada ban hingga sekarang.

Mengapa Sangat Penting Merawat Ban Mobil?

Ban adalah benda yang amat jamak di masa sekarang. Kita dapat dengan mudah menemukannya dalam kehidupan harian. Hanya saja, bagi sebagian orang masih mengganggap ban sebagai benda yang sepele.

Padahal bila menilik komponen transportasi, ban memegang peranan yang cukup besar untuk keselamatan para pengendara kendaraan.

Dilansir dari Kapanlagi.com, menurut data yang ada pada Departemen Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika Serikat, setiap tahunnya ada 660 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi akibat permasalahan pada ban.

Angka kecelakaan ini memakan korban yang sangat tinggi, yakni mencapa 33 ribu orang setiap tahunnya. Bila ban dianggap sepele, maka benda ini dapat menjadi senjata pembunuh yang mematikan, kan?

Lalu bagaimana caranya agar ban mobil yang kita gunakan selalu dalam kondisi baik? Dilansir dari situs resmi Goodyear Indonesia, berikut kami rangkumkan tipsnya untuk Anda.

Jagalah Ketepatan Tekanan Air

Setiap bulannya, ban mobil akan kehilangan tekanan angin sekitar 0,69 bar secara natural. Berkurangnya tekanan angin ini akan lebih banyak bila Anda berkendara di bawah suhu cuaca yang sangat panas.

Menurut Goodyear Indonesia, jangka waktu yang ideal untuk memeriksa tekanan ban mobil adalah setiap 2 hingga 4 minggu sekali. Selain memeriksa tekanan angin, pastikan pula Anda memeriksa kondisi tapak ban bagian bawah dan dinding samping ban.

Pemeriksaan yang rutin ini akan meningkatkan kadar keselamatan ketika berkendara. Selain itu, pemeriksaan berkala juga dapat membuat ban lebih tahan lama untuk dipakai.

Lalu bagaimana cara memeriksa tekanan ban mobil? Goodyear tak sungkan berbagi untuk Anda

  • Terlebih dahulu milikilah sebuah alat pengukur tekanan ban. Untuk lebih mudah, Anda dapat mencari alat pengukur tekanan ban di halaman pencarian iPrice Indonesia.
  • Lakukan pemeriksaan ban mobil pada pagi hari atau ketika ban telah didiamkan beberapa lama. Jangan memeriksa kondisi tekanan ban setelah berkendara karena panas jalanan mempengaruhi keakuratan tekanan ban mobil.
  • Jangan lupa untuk mengendorkan katup ban dan taruh alat ukur di atas katup itu.
  • Tentukan bar ukuran tekanan ban mobil Anda, setelah itu lihat apakah tekanan ban Anda sesuai dengan angka yang telah diatur.
  • Bila tekanan pada ban mobil tidak sesuai dengan ukuran yang telah dtetapkan, maka segerakanlah ke bengkel terdekat untuk menambah angin ban.
  • Gantilah pentil ban mobil secara berkala untuk meminimalisir kerusakan dan meningkatkan perlindungan pada katup ban.

Selalu Lakukan Rotasi Pada Ban Mobil Anda

Kapan terakhir kali Anda melakukan rotasi pada ban mobil? Rotasi bermanfaat untuk membuat keausan yang merata pada ban mobil.

Biasanya, ban mobil pada bagian depan lebih cepat kehilangan alur alias aus karena handling dan perbedaan bobot yang ditahan oleh ban itu sendiri.

Rotasi ban dapat membantu Anda untuk memperpanjang masa pakai ban dan memberi traksi dan keseimbangan lebih baik. Handling ketika berkendara juga menjadi lebih baik bila Anda melakukan rotasi pada ban.

Melalui situs resminya, Goodyear Indonesia menganjurkan Anda untuk melakukan rotasi ban mobil pada pemakaian 10.000 km hingga 12.000 km. Biasanya, jangka ukuran kilometer ini dicapai setiap enam bulan sekali untuk pemakaian normal.

Tapi, Anda tidak dapat sembarangan melakukan rotasi ban mobil. Ada sejumlah hal yang patut dipertimbangkan sebelum merotasi ban, yakni:

  • Perhatikan tipe ban mobil yang Anda pakai. Bila Anda menggunakan ban bertipe satu arah, maka cermati tanda panah yag tertera di dinding samping ban. Panah ini mengindikasikan arah putaran ban. Anda harus mengikuti arah yang telah ditetapkan agar ban mobil bekerja maksimal.
  • Sebaiknya lakukan rotasi ban di bengkel yang telah menjadi langganan Anda. Mempercayakan perawatan ban pada pihak ahli akan meminimalisir kerusakan yang berpotensi terjadi pada ban.

Pahami Tingkat Keausan Pada Ban Mobil

Ban mobil pada akhirnya akan mengalami keausan alis gundul seiring waktu. Ban yang aus tentu akan menurunkan tingkat keselamatan ketika berkendara. Karena ban mobil gundul, kendaraan roda empat Anda dapat slip ketika melewati jalan basah.

Setiap ban, terutama ban mobil Goodyear, memiliki sebuah indikator keausan di dalam lapisan ban itu sendiri. Indikator yang berupa karet keras yang akan muncul ke permukaan bila ban telah memasuki fase aus. Karena itu, selalu cermati ban mobil Anda!

Anda mungkin juga menyukai

Produk lainnya dari Goodyear Indonesia

Ban Mobil Goodyear Wiper Mobil Goodyear
NEW