Pull up bar adalah alat fitness yang memiliki kegunaan utama untuk berlatih pull up, terutama di rumah. Harga pull up bar sangat bervariasi, mulai dari Rp 118.000-an saja, hingga bisa mencapai lebih dari Rp 3.000.000

Apa itu Pull Up Bar?

Berapa Harga Pull Up Bar?

Cara Menggunakan Alat Pull Up Bar

Speeds Kettler tanpa merek Unik China OEM Power Speed Vakind
_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Apa itu Alat Pull Up?

Pull up bar adalah alat fitness yang memiliki kegunaan utama untuk berlatih pull up, terutama di rumah. Biasanya pull up bar dipasang di antara daun pintu.

Berapa Harga Alat Pull Up di Indonesia?

Harga pull up bar sangat bervariasi, mulai dari Rp 118.000 untuk B&G Pull Up Bar Alat Fitness, hingga bisa mencapai lebih dari Rp 3.000.000 untuk harga pull up bar berukuran besar seperti di gym.

Maksimalkan Latihan Pull Up Anda dengan Pull Up Bar

Pull up merupakan bentuk latihan yang membentuk otot badan tanpa menggunakan beban melainkan menggunakan berat tubuh kita sendiri sebagai beban. Olahraga satu ini dapat dilakukan di manapun yang penting terdapat alat yaitu pull up bar untuk menggantungkan badan kita. Olahraga yang melatih tubuh bagian atas ini sebenarnya merupakan gerakan yang sederhana, namun memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Otot-otot yang dilatih saat kita melakukan pull up antara lain: otot punggung, otot dada, otot bahu, trisep, bisep, dan sedikit melatih otot perut. Dibanding dengan push up, olahraga ini mungkin lebih susah dilakukan. Bahkan untuk mencapai 8-15 repetisi, Anda memerlukan perjuangan yang lumayan keras.

Cara Menggunakan Pull Up Bar

  1. Berdirilah tepat di bawah pull up bar.
  2. Angkat kedua tangan Anda ke atas dengan telapak tangan menghadap ke depan.
  3. Raih pull up bar dengan kedua tangan Anda. posisikan kedua tangan berjarak selebar bahu. Rapatkan kedua kaki Anda.
  4. Kontraksikan otot kaki untuk menjaga tubuh tetap lurus. Kaki jangan sampai bergerak ke depan.
  5. Angkat tubuh sampai dagu melewati pull up bar. Hembuskan nafas saat kepala sampai di atas.
  6. Turunkan tubuh sampai siku lurus.
  7. Lakukan secara berulang dengan gerakan yang benar.

Tips Agar Sukses Melakukan Pull-Up dengan Sempurna

Berikut ini terdapat beberapa tips untuk melakukan pull-up yang bisa Anda coba:

Latih Mobilitas Otot-otot yang Berperan

Pull up dimulai sebagaimana halnya gerakan lainnya, yaitu dengan mobilitas yang layak. Mulailah pada posisi dead hang dengan bahu yang aktif. Bila Anda bisa bergantung pada posisi ini secara terkontrol, maka Anda bisa memulai gerakan menarik.

Bila Anda belum berhasil mencapai posisi bergantung aktif yang benar, Anda bisa membangun kekuatan sembari melatih mobilitas. Latihlah kekuatan grip menggunakan deadlift dengan beban berat dan farmer’s carry. Keduanya akan memberi tekanan pada tangan dan lengan bawah dengan cara yang mirip seperti pull up.

Sementara untuk membentuk kekuatan menarik pada pull up, Anda dapat melakukan bent-over barbell/dumbbell row. Keduanya efektif membangun kekuatan menarik dan membutuhkan mobilitas yang lebih kecil untuk melakukannya dengan benar.

Bergantunglah di Bar untuk Beberapa Lama

Setelah Anda memiliki mobilitas yang cukup untuk melakukan dead hang dengan benar, mulailah meluangkan waktu dengan pull up bar. Dead hang selama beberapa waktu merupakan cara yang efektif untuk membentuk stabilitas bahu dan kekuatan cengkeraman. Pastikan Anda tidak pernah membiarkan bentuk gerakan Anda memburuk saat melakukan ini.

Cobalah Memanjat Tali

Gerakan lain yang efektif untuk membentuk kekuatan pull-up adalah rope climbing atau panjat tali. Panjat tali yang efisien melibatkan penggunaan kaki untuk mengait tali dan mendorong Anda lebih tinggi, sementara lengan Anda menahan tubuh ketika Anda menaikkan kaki. Jadi, untuk melakukan panjat tali Anda hanya perlu bisa bergantung, tidak cuma menarik tubuh Anda ke atas. Makanya ini adalah cara yang baik untuk orang-orang yang tengah berlatih untuk membentuk kekuatan menarik mereka.

Dapatkan Alat Pull Up Termurah di iPrice Indonesia

Bagi Anda yang sedang melatih otot tubuh atas bisa mencoba latihan pull up sendiri di rumah dengan alat ini. Jauh menghemat daripada membayar membership gym, lho. Temukan penawaran harga pull up bar terbaik di iPrice Indonesia. Temukan juga berbagai peralatan fitenss lainnya untuk mendukung kegiatan olahraga di rumah di iPrice.

Anda mungkin juga menyukai

Gender

Pull Up Bar untuk Wanita
NEW