Memilih makanan untuk anjing merupakan proses yang tidak boleh asal-asalan. Halaman Happy Dog ini akan memandu Anda untuk mendapatkan makanan terbaik untuk anjing. Klik tautan ini.

_

Happy Dog Indonesia, Makanan Sehat Agar Anjing Bahagia

Setiap pemilik anjing pasti selalu ingin peliharaannya sehat. Anjing akan sangat bahagia ketika fisiknya terasa cukup fit. Ia tidak akan pernah berhenti melakukan berbagai aktivitas untuk menarik perhatian tuannya.

Karena itu, pemilik yang bertanggung jawab senantiasa memerhatikan perawatan untuk si kaki empat, mulai dari perawatan fisik hingga pemberian makanan. Perhatian ini akan sangat berguna untuk menjaga kesehatan hewan kesayangan.

Pemilihan makanan untuk anjing merupakan hal yang krusial. Makanan yang dikonsumsi mudah mempengaruhi metabolisme di dalam tubuh anjing peliharaan Anda. Bila proses metabolismenya berjalan dengan baik, maka perkembangan anjing akan maksimal, mulai dari organ dalam hingga bagian tubuh terluar seperti kulit dan bulu.

Tapi, bila makanan yang dikonsumsi si hewan berkaki empat itu tidak memiliki kualitas yang baik, maka metabolism akan terhambat. Seiring tak maksimalnya proses metabolisme tubuh, sejumlah penyakit dapat lebih mudah menyerang anjing.

Ada dua tipe makanan untuk anjing peliharaan yang umumnya dipilih tuannya. Pertama, makanan kering (dry food). Makanan jenis ini adalah makanan yang paling banyak diproduksi oleh para produsen dan merek komersil makanan untuk anjing.

Banyak pemilik hewan memilih tipe makanan ini untuk “anak kaki empat” mereka. Alasannya, makanan tipe kering ini cukup praktis. Dry food mudah untuk disajikan. Dry food juga mudah disimpan dan tahan ketika disimpan dalam jangka waktu lama.

Makanan tipe ini sangat baik untuk kesehatan gigi karena fisiknya yang keras dapat mengikis karang gigi ketika hewan mengunyahnya. Patut Anda ketahui, dry food berarti memiliki kandungan air yang sedikit di dalamnya. Karena itu, hewan peliharaan harus mendapatkan asupan air yang cukup seusai mengonsumsi makanan ini.

Happy Dog adala salah satu merek dry food yang menawarkan komposisi ideal dari sebuah makanan dry food. Bahan-bahan yang digunakan pada Happy Dog diambil dari bahan baku alami yang berkualitas terbaik. Dengan resep spesial, produk makanan untuk anjing Happy Dog ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda dari masing-masing anjing.

Kedua, makanan basah (canned food). Makanan basah merupakan kebalikan dari dry food. Makanan ini memiliki kandungan air yang berlimpah. Karena kandungan air itu pula maka bentuk makanan ini cenderung lembek.

Canned food yang lembut biasanya direkomendasikan untuk konsumsi anjing tua sebab gigi dan rahangnya tak lagi kuat mengunyah makanan keras. Biasanya makanan untuk anjing yang tinggi kandungan air memiliki nutrisi yang tidak cukup memadai. Karena itu, bila Anda memilih canned food maka campurlah dengan makanan lain untuk melengkapi nutrisinya.

Gandum Sebagai Makanan untuk Anjing, Apakah Cocok?

Semakin hari semakin banyak makanan untuk anjing ditawarkan oleh para produsen. Makanan ini hadir dengan berbagai variasi harga, rasa, ukuran, komposisi dan manfaat tersendiri. Dan bila Anda berhasil mendapatkan makanan yang tepat, maka akan membuat anjing jauh lebih fit dan bahagia

Agar tidak terjebak dengan makanan yang ternyata tidak cocok untuk peliharaan tercinta, sejumlah pertanyaan sering dilontarkan orang. Salah satunya terkait gandum dan biji-bijian sejenis.

Pada masa sekarang, gandum menjadi jamak dipilih untuk mengisi bagian karbohidrat pada makanan untuk anjing. Di masa lalu, banyak pemilik anjng beranggapan bahwa karbohidrat yang terlampau banyak akan membuat anjing kegemukan menjurus obesitas.

Namun berdasarkan penellitian yang dilakukan oleh University of Uppsala di Swedia, anjing menjadi semakin terbiasa dengan lingkungan manusia, termasu terbiasa pada makanan yang didapat dari hasil pertanian seperti gandum.

Anjing masa kini pun mampu mencerna karbohidrat dengan baik. Namun, anjing yang memang alergi gandum sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan olahan dari bahan pangan tersebut. Jika anjing Anda tidak dapat menoleransi kandungan gandum pada makanannya, pilihlah makanan lain seperti Happy Dog Supreme Africa atau Happy Dog Supreme Karibik.

Ragam Penyakit yang Dipengaruhi Makanan Anjing

  • Masalah kulit dan bulu

Masalah kulit dan bulu dapat terjadi karena beberapa faktor. Bisa saja anjing peliharaan Anda mengonsumsi terlalu banyak protein. Masalah kulit dan bulu juga dapat terjadi ketika hewan peliharaan Anda malnutrisi, diet yang tidak seimbang atau gangguan metabolisme.

Bila anjing Anda alergi terhadap sesuatu, maka alergi itu juga dapat memicu masalah pada kulit dan bulu. Faktor terakhir, masalah kuit dan bulu dapat terjadi karena anjing memiliki gangguan organ seperti liver, jantung dan lambung.

Masalah ini biasanya membuat kulit menjadi berjamur atau seperti berketombe. Pada bulu, kerontokan dapat lebih sering terjadi sehingga membuat bulu menjadi tipis. Anjing yang terkena masalah ini cenderung lebih sering menggaruk tubuhnya. Bila tidak ditanggulangi, kulit rentan luka karena terlalu sering digaruk akibat rasa gatal yang tak kunjug henti.

Untuk menanggulanginya, cobalah untuk mengganti jenis dan komposisi makanannya. Bila selama ini makanan yang Anda berikan banyak mengandung bahan-bahan dari unggas, maka cobalah berpindah pada makanan yang diolah dari daging sapi.

  • Masalah gigi

Sama seperti manusia, gigi Anjing juga rentan rusak bila tidak dirawat dengan baik. Gigi anjing yang tidak terawat akan mudah ditumpuki karang. Nafas anjing juga lebih mudah bau. Karena itu, biasakan membersihkan gigi anjing peliharaan Anda secara teratur. Dan tahukah Anda bahwa dry food dapat membantu gigi anjing terhindar dari karang. Dry food akan mengikis lapisan karang ketika anjing mengunyah makanannya.

Nah, makanan untuk anjing yang akan Anda pilih akan mempengaruhi kesehatan peliharaan Anda. Karena itu, cermatlah dalam memilih sembari melihat etalase Happy Dog Indonesia di halaman iPrice Indonesia ini.

NEW