Naik

Harga Nikon D7100 di Indonesia

Nikon meluncurkan kamera DSLR tanpa menggunakan fitur low pass yang membuat hasil gambarnya sangat tajam. Simak review dan spesifikasinya di sini.

Klik disini untuk spesifikasi selengkapnya

Bandingkan Harga Nikon D7100

Nikon D7100, Kamera Semi-Professional dengan level APS-C Tertinggi

Nikon meluncurkan kamera DSLR crop-format terbaik di levelnya, yaitu Nikon D7100 pada tahun 2013 yang menjadi DSLR idaman fotografer baik pemula maupun profesional. Nikon D7100 merupakan sebuah kamera DSLR dengan sensor DX format berkekuatan 24 mega piksel. Kamera ini adalah kelanjtan dari generasi sebelumnya, yakni kamera Nikon D7000 yang terhitung 2 tahun lebih tidak diupgrade sejak pertama kali diluncurkan. Dengan kekuatan 24 megapiksel, Nikon D7100 ini terbukti mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang sangat cerah, tajam, dan tanpa adanya blur. Kamera ini termasuk dalam jajaran semi-profesional seperti Nikon D90, D300S dan beberapa Nikon semi-pro lainnya.

Fitur Unggulan Nikon D7100

Nikon D7100 terbukti memiliki berbagai macam keunggulan, pertama adalah di bagian sensornya. Nikon D7100 dilengkapi dengan sensor APS-C CMOS 24 megapiksel tanpa low pass filter. Dengan sensor ini, ketajaman ekstra akan didapat saat menghasilkan foto landscape. Filter low pass (anti-aliasing) pada sensornya digunakan untuk menekan efek Moire dengan cara sedikit “memburamkan” gambar digital yang ditangkap. Efek visual yang tidak dikehendaki ini biasanya muncul ketika sensor kamera menangkap objek dengan detail halus berjumlah banyak dan merata, misalnya pola jahitan benang pada baju. Dengan membuat filter low-pass, Nikon mengklaim D7100 sanggup menghasilkan foto yang terlihat lebih tajam, tanpa efek “buram halus” dari filter tersebut.

Fitur baru yang tak kalah menarik adalah mode Crop 1,3x di mana Nikon D7100 hanya akan menggunakan sebagian area sensor bagian tengah untuk mengambil gambar (cropping) sehingga seolah-olah tampak seperti menambah focal length lensa sebesar 1,3x aslinya. Hal ini akan menghasilkan efek yang sama seperti memasang lensa full-frame pada bodi APS-C. Pada mode Crop 1,3x ini, cakupan titik-titik AF yang jumlahnya mencapai 51 buah pada D7100 menjadi memenuhi frame sehingga ideal untuk fotografi olahraga.

Badan kamera Nikon D7100 terbilang sangat kokoh karena terbuat dari bahan logam magnesium alloy yang melapisi bagian atas dan belakang kamera. Ketahanan kamera terhadap air, debu, dan kelembaban pun sangat baik. Tombol dan kenop juga tersedia lengkap pada bodi Nikon D7100 sehingga memudahkan pengguna untuk secara cepat mengubah Setting.

Kelebihan dan Kekurangan Nikon D7100

Ditilik dari jenis fotografi yang cocok, Nikon D7100 lebih cocok bagi Anda yang memiliki hobi fotografi travel, landscape, dan komersial/produk. Berikut kelebihan dan kekurangan Nikon D7100.

+ Resoulsi foto yang dihasilkan lebih besar dan lebih tajam

+ Terdapat dua port untuk SD memory card

+ Bodi lebih kokoh karena sebagian besar menggunakan bahan dari magnesium alloy

+ Jendele bidik mencakup 100%

- Wi-Fi terpisah sehingga harus membeli lagi alatnya

- Buffer hanya cukup menampung 6 foto RAW sebelum melambat

- Kinerja autofokus saat live view terbilang cukup lambat untuk kamera di kelasnya

Pendapat Ahli Tentang Nikon D7100

plimbi.com
Reviewed on 2016-02-03
segala lini. Bersaing bersama Canon, kedua perusahaan kamera yang besar ini berlomba-lomba menciptakan produk kamera yang terbaik dengan gaya masing-masing. Dari waktu ke waktu telah banyak kamera dari seri pocket camera sampai seri DSLR bermunculan.Telah...
Read More >

Komentar Pengguna


Hai, kami ingin tahu pendapat Anda tentang kami

Kami menghargai privasi Anda, email yang diberikan hanya digunakan untuk menanggapi saran dari Anda.

Terima Kasih