Henna merupakan sejenis tinta yang berasal dari salah satu jenis tanaman yang biasanya digunakan untuk melukis tangan dan menwarnai rambut. Ingin mengetahui lebih lanjut tentang henna? Simak artikel ini.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Sekilas Tentang Henna

Henna sebenarnya merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak kegunaan. Wewangian bunga henna biasanya digunakan sebagai bahan pembuat parfum, lalu daunnya dikeringkan kemudian diolah menjadi bubuk yang bisa digunakan untuk mewarnai pakaian, rambut, dan tato temporer di kulit. Tanaman henna sendiri terkenal untuk mengobati beberapa kondisi kulit. Asal muasal tattoo henna sendiri tidak terlalu jelas, namun tradisi menato henna ini sudah aja sejak era Mesir kuno. Dikabarkan bahwa dulu ratu Cleopatra menggunakan henna untuk menato tubuhnya dan orang-orang Mesir menggunakan henna untuk mewarnai kuku para mumi sebelum mereka dikubur.

Seni menato henna pada tangan dan kaki dikenal sebagai Mehndi, yang secara tradisional dikenakan untuk merayakan ritual atau acara-acara sakral. Di tiap negara dan budaya di seluruh dunia menggunakan tattoo henna dengan keunikannya tersendiri. Untuk perayaan pernikahan Hindu, henna diaplikasikan sebagai tattoo pengantin perempuan sebagai simbol kebahagiaan, kecantikan, dan spiritual. Sementara orang Moroko menggunakannya untuk mewarnai pintu untuk mengusir kekuatan jahat. Motif tattoo henna pun berbeda-beda tergantung negara dan budayanya. Di India, tattoo henna identik dengan motif bunga-bunga, sedangkan di Arab, desain henna terlihat lebih besar. Henna di Afrika terlihat lebih menonjol dan berbentuk geometris. Tattoo henna biasanya dapat bertahan lama tergantung dari jenis kulit, namun secara umum dapat bertahan hingga 2 minggu.

5 Tips dan Trik Merawat Tato Henna Agar Tahan Lama

Meski henna berasal dari Afrika, Asia, dan Timur Tengah, namun seni melukis tubuh ini sudah banyak lho dikenal di Indonesia. Bahkan sudah banyak pengantin cantik yang tidak lupa mengenakan henna ketika hari pernikahannya digelar.

Anda tidak perlu takut memakai henna, karena henna tidak sama seperti tato yang akan terasa sakit ketika diaplikasikan. Henna tidak bersifat permanen seperti tato, biasanya henna hanya bertahan selama satu atau dua minggu. Nah, ternyata terdapat beberapa trik agar henna yang kamu gunakan bisa bertahan lebih lama, lho! Simak tips berikut ini:

Jauhi Klorin

Klorin dapat merusak pigmen henna yang dapat memudarkan warna henna. Biasanya klorin terdapat pada kolam renang dan pemandian air panas. Maka dari itu, sebisa mungkin jauhi klorin.

Lindungi Henna dengan Minyak

Agar henna tidak pudar saat mandi, lindungi henna dengan minyak. Anda bisa menggunakan minyak sayur yang pastinya sudah ada di rumah. Pengaplikasinnya pun mudah, cukup tuangkan sedikit minyak sayur pada kapas, kemudian usapkan perlahan pada bagian yang terdapat henna. Minyak inilah yang akan melindungi henna kamu agar tidak terkena air dan sabun.

Jangan Menggosok Henna

Meski sudah dilindungi dengan minyak saat mandi, usahakan menghindari menggosok bagian tubuh yang terdapat henna saat mandi. Terlebih jika kamu lebih suka mandi dengan scrub. Memang mandi terasa lebih bersih jika kulit digosok dengan scrub, namun henna akan lebih mudah menghilang.

Keringkan Henna

Setelah henna selesai dilukis dan mengelupas di tangan, sebaiknya Anda mengeringkannya dengan udara panas. Anda bisa menggunakan hair dryer selama beberapa menit. Udara panas yang mengenai henna akan membuat warnanya menjadi lebih gelap dan akan lebih tahan lama.

Jangan Menggunakan Lotion

Meski lotion baik untuk menjaga kelembapan kulit, namun tidak baik saat kamu memakai henna. Lotion mengandung zat antioksidan yang dapat membuat henna memudar. Jadi usahakan untuk tidak menggunakan lotion terlebih dahulu saat memakai henna.

Manfaat Henna Untuk Rambut

Selain bisa digunakan sebagai tato henna atau bisa disebut Mehndi, henna juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk rambut. Salah satu manfaat henna bagi rambut adalah bahan pewarna rambut alaminya. Henna tidak mengandung bahan kimia yang abrasif aman ketika digunakan di kulit rambut Anda. Ketika henna dikombinasikan dengan pacar maka akan menghasilkan warna yang indah bagi Anda yang memiliki rambut gelap. Berikut beberapa manfaat henna untuk rambut Anda:

  • Henna adalah pengobatan alami untuk rambut rontok
  • Membantu penyembuhan batang rambut dengan memperbaiki dan penyegelan kutikula, mempertahankan cahaya alami rambut dan mencegah kerusakan rambut.
  • Menyeimbangkan pH kulit kepala dan dengan demikian memainkan peran dalam mencegah rambut rontok lebih dini.
  • Menjaga kesehatan rambut dan juga kulit kepala yang berhubungan dengan isu-isu seperti ketombe, kekeringan, dan lain-lain
  • Mencegah rambut beruban
  • Memperkuat rambut dan merangsang pertumbuhan rambut

Henna Sebagai Bahan Anti Ketombe

Henna memiliki fungsi sebagai anti-ketombe juga. Untuk mempersiapkan henna sebagai obat anti-ketombe, Anda bisa mencampurkan biji fenugreek tanah dalam campuran henna. Untuk membuat pasta biji fenugreek, rendam beberapa biji fenugreek ke dalam air dan biarkan dalam semalam. Setelah itu tumbuk biji fenugreek dan campurkan dengan henna. Aplikasikan pasta anti ketombe ini ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Ulangi perawatan ini seminggu dua kali.

Dapatkan Produk Henna Berkualitas di iPrice Indonesia

Setelah mengetahui beberapa khasiat henna, tentunya Anda ingin mencoba melakukan perawatan dengan bahan alami ini. Henna dapat digunakan sebagai perawatan kulit, perawatan rambut, hingga makeup. Bagi Anda yang tertarik untuk mewarnai rambut Anda dengan cat rambut dari henna, Anda bisa memilih produk Henna Rainbow Research Hair Color and Conditioner. Produk tersebut sudah terbukti aman untuk memberikan pewarna pada rambut Anda dan tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya. Produk cat rambut tersebut juga dilengkapi dengan kondisioner sehingga menjaga kelembapan dan kelembutan rambut Anda.

Anda mungkin juga menyukai

NEW