Kategori Produk
Buku  >   >   >  Buku Sejarah
4,694 Produk

Harga Buku Sejarah di Indonesia

Seberapa jauh Anda mengenal sejarah-sejarah penting yang ada di dunia? Untuk mengetahuinya, temukan buku sejarah yang Anda inginkan di iprice Indonesia! Informasi berikutnya ada pada artikel ini.

Kunjungi Toko
<empty> Sejarah Islam Yang Hilang
Rp 74.000
Grobmart

Selama 1.400 tahun, Islam telah menjadi salah satu kekuatan agama, sosial, dan politik yang terkuat dalam sejarah. Sejak kelahiran agama ini di Jazirah Arab, Islam bukan hanya menjadi sebuah agama dan kepercayaan, melainkan berkembang luas menjadi pandangan hidup, tata sosial kemasyarakatan, akar pencarian terhadap ilmu pengetahuan, ekspansi wilayah, hingga perubahan bentuk sistem pemerintahan. Firas Alkhateeb, peneliti dan sejarawan di Universal School, Bridgeview, Illinois, secara kronologis merekam peran Islam dalam sejarah dunia yang berhasil menyatukan beragam masyarakat dengan berbagai latar geografis dan kebudayaan. Mulai dari masa Arab pra-Islam, kedatangan Muhammad, pemerintahan Khulafaur Rasyidin, Dinasti Umayyah, Dinasti Abbasiyah, Dinasti Ottoman, Kerajaan Islam di Spanyol, kerajaan-kerajaan sabana di Afrika Barat, Kerajaan Mughal, hingga kolonisasi Eropa di wilayah Islam, dan perkembangan negara-bangsa modern di dunia Islam. Buku ini juga dilengkapi dengan potret tokoh-tokoh kunci, penemuan, dan kisah-kisah emas historis yang tak banyak diketahui. Termasuk narasi mengenai sumbangan-sumbangan para pemikir, ilmuwan, teolog, dan negarawan Islam yang selama ini dilenyapkan dari peta sejarah dunia. Sebuah wacana yang akan menyelamatkan kita dari lupa dan abai pada jejak kejayaan Muslim, sekaligus menawarkan narasi baru tentang sejarah yang hilang. Penerbit: Bentang Pustaka Isbn: 9786022911296 Tahun Terbit: April 2016 Halaman: 308 Halaman Berat: 0,24 Kg Format: Soft Cover

Selengkapnya
Kunjungi Toko
−10%
The Great Story Of Muhammad by Dr. Ahmad Hatta, dkk Buku Sejarah, Agama & Budaya
Rp 261.000 Rp 290.000
Blibli

Maghfirah The Great Story Of Muhammad by Dr. Ahmad Hatta, dkk Buku Sejarah, Agama & Budaya menceritakan perjalanan hidup Rasulullah saw adalah the great story, sebuah kisah yang agung, karena setiap jejak langkah baginda dibimbing langsung oleh wahyu Ilahi. Di dalamnya sarat dengan nilai-nilai kebaikan, hikmah dan pedoman hidup yang dapat membimbing dan menginspirasi manusia menuju sukses dunia dan akhirat. Dan sungguh, sebuah kenikmatan tak terhingga jika kita seakan-akan hidup bersama Rasulullah saw. Buku ini, insya-Allah akan memberikan kenikmatan tersebut kerana akan membawa kita seolah-olah ke masa 14 abad silam, untuk merasakan dan melihat langsung perjuangan Rasulullah saw. Merasakan kesedihan saat baginda ditinggal selamanya oleh kedua orangtuanya. Melihat keceriaan baginda ketika masih anak-anak dan remaja. Merasakan kegigihan baginda saat berdagang. Menyaksikan kebahagiaan baginda saat menikahi Khadijah. Merasakan berat, pahit dan getirnya perjuangan baginda menyebarkan risalah Islam kepada umat manusia. Menyaksikan perjalanan hijrah baginda dari Makkah ke Madinah. Menyaksikan kebahagiaan baginda ketika penduduk Anshar menyambutnya di Yatsrib (Madinah). Merasakan suasana kemenangan saat mengalahkan musuh di Perang Badar. Melihat saat-saat kritis yang baginda hadapi di Perang Uhud. Menyaksikan tawadhunya baginda ketika membebaskan Kota Makkah. Dan merasakan perjuangan baginda menahan rasa sakit menjelang wafat.

Selengkapnya
Kunjungi Toko
−20%
IRCiSod Hindia Belanda 1930 by Dr. J. Stroomberg Buku Sejarah
Rp 96.000 Rp 120.000
Blibli

Buku ini memaparkan banyak sekali informasi berharga seputar Hindia Belanda (Indonesia) pada tahun-tahun sekitar 1930 dan tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari keadaan flora-fauna, populasi, pendidikan, kesehatan, layanan transportasi publik, pemerintah, perundangan agraria, hukum, bank, pertanian dan holtikultura, pengolahan hutan, tambang, hukum perdagangan, pelayaran, jalan, turisme, hingga sejarah. Plus bagaimana Hindia Belanda dikelola dan diatur dalam sebuah sistem pemerintahan, administrasi, hukum, dan layanan publik yang begitu modern. Buku ini memberikan sebuah peta bagaimana cara penjajah Belanda bekerja, juga sebuah ilustrasi perihal campur tangan Pemerintah dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat, dan sebuah sketsa tentang peranan ekonomi dan kekuatan Kepulauan Hindia Belanda di masanya. Dari peta, ilustrasi, dan sketsa tersebut, kita diperlihatkan suatu aksioma bahwa di bawah pengaruh Pemerintah Belandameminjam kata-kata Gubernur-Jenderal Jan Pieterszoon Coen (1618) Sesuatu yang besar bisa dilakukan di kepulauan ini (Hindia Belanda). Buku langka ini jelas sangat membantu kita untuk memahami kondisi masyarakat kita maupun struktur ekonomi-politik kekuasaan yang berlangsung pada saat penjajahan, yang berguna bukan hanya sebagai pengetahuan sejarah, tetapi sekaligus modal analisis tajam di masa kini untuk menguraikan pelbagai masalah yang masih mendera negeri kita hingga sekarang.

Selengkapnya
Kunjungi Toko
−19%
Sejarah Daulah Umawiyah & Abbasiyah by Dr. Ali Muhammad Ash-Shallabi Buku Islam
Rp 85.000 Rp 105.000
Blibli

Daulah Umawiyah dan Daulah Abbasiyah merupakan dua dinasti yang dikenal sebagai penerus pemerintahan Khulafa? Rasyidin. Selama ratusan tahun kedua khilafah tersebut berhasil melewati beragam tantangan zaman dan menorehkan segudang prestasi. Meski demikian, sunnatullah tetap berlaku: ?Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu, Kami pergilirkan di antara manusia (agar mereka mendapat pelajaran).? (Surah Ali ?Imran: 140). Dari sini, Daulah Umawiyah dan Daulah Abbasiyah menjadi kajian historis yang menarik untuk dipelajari. Apa saja faktor-faktor yang mendorong kesuksesan maupun kemundurannya perlu diketahui oleh kaum Muslimin. Oleh karenanya, dibutuhkan buku pegangan yang kredibel, lengkap, namun tidak terlalu ?berat? untuk dikaji oleh berbagai level penuntut ilmu. Kiranya buku karya Dr. Ali Ash-Shallabi ini memenuhi kriteria tersebut. Dr. Ali Ash-Shallabi Ulama, ahli sejarah, dan analis politik kelahiran Benghazi, Libia (1963). Meraih gelar sarjana dari Fakultas Dakwah dan Ushuluddin, Universitas Islam Madinah dengan predikat cum laude (1992/1993). Melanjutkan studi pascasarjana di program Magister Tafsir dan Ulumul Qur?an di Universitas Islam Omdurman, Sudan, dengan tesis berjudul Al-Wasathiyyah fi Al-Qur?an Al-Karim (1996). Gelar doktor di bidang Dirasat Islamiyah pun berhasil diraih dari almamater yang sama lewat disertasi berjudul Fiqh At-Tamkin fi Al-Qur?an Al-Karim (1999). Tak kurang dari lima puluh karya tulisnya telah diterbitkan dalam bentuk kitab, yang meliputi disiplin ilmu akidah, dakwah, sejarah, biografi, maupun tafsir tematik.

Selengkapnya
Kunjungi Toko
Polemik Naskah Wangsakerta by Edi S. Ekadjati Buku Sejarah
Rp 85.000
Blibli

Pustaka Jaya Polemik Naskah Wangsakerta by Edi S. Ekadjati Buku Sejarah, sejak awal tahun 1980-an Ayatrohaedi, Saleh Danasasmita, dan Yoseph Iskandar melalui media massa mengumumkan tentang penemuan naskah-naskah Pangeran Wangsakerta beserta isinya. Sambutan masyarakat terhadap informasi tersebut dapat dibagi dua, yang satu sama lain kontradiktif. Di satu pihak, mereka menyambut baik dan sangat mengharapkan sumbangan naskah-naskah itu terhadap kelengkapan sejarah Sunda dan sejarah Indonesia pada umumnya. Di pihak lain sambutan mereka bernada negatif dengan menyatakan bahwa naskah tersebut palsu dan isinya tak dapat dipercaya sebagai gambaran sejarah. Kontroversi itu menggegerkan berbagai kalangan. Pendapat yang kontradiktif itu sempat diwadahi melalui dua seminar yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanagara di Jakarta dan Universitas Pasundan di Bandung. Tidak puas berdebat dalam dua pertemuan ilmiah tersebut, dilanjutkan dengan berulangkali adu argumentasi secara terbuka melalui media massa yang terbit di Jakarta dan Bandung. Dalam dua jenis forum itu kedua belah pihak yang terdiri atas para ahli filologi, sejarah, dan arkeologi serta masyarakat umum mengemukakan pendapat masing-masing tentang naskah-naskah Pangeran Wangsakerta beserta isinya. Tuntaskah diskusi itu. Jawabannya dapat disingkap dalam buku ini sebagai kumpulan makalah, artikel, dan hasil wawancara mengenai masalah kontroversial tersebut.

Selengkapnya
Kunjungi Toko
−10%
Sejarah Daulah Umawiyah & Abbasiyah Buku Religi
Rp 86.000 Rp 95.000
Blibli

Ummul Qura Sejarah Daulah Umawiyah & Abbasiyah Buku Religi, Daulah Umawiyah dan Daulah Abbasiyah merupakan dua dinasti yang dikenal sebagai penerus pemerintahan Khulafa? Rasyidin. Selama ratusan tahun kedua khilafah tersebut berhasil melewati beragam tantangan zaman dan menorehkan segudang prestasi. Meski demikian, sunnatullah tetap berlaku: ?Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu, Kami pergilirkan di antara manusia (agar mereka mendapat pelajaran).? (Surah Ali ?Imran: 140). Dari sini, Daulah Umawiyah dan Daulah Abbasiyah menjadi kajian historis yang menarik untuk dipelajari. Apa saja faktor-faktor yang mendorong kesuksesan maupun kemundurannya perlu diketahui oleh kaum Muslimin. Oleh karenanya, dibutuhkan buku pegangan yang kredibel, lengkap, namun tidak terlalu ?berat? untuk dikaji oleh berbagai level penuntut ilmu. Kiranya buku karya Dr. Ali Ash-Shallabi ini memenuhi kriteria tersebut. Penulis yang dikenal otoritatif dengan banyak karya tentang sejarah Islam ini menyajikan banyak info menarik di dalam buku ini, seperti: Latar belakang historis Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah Proses transisi politik dari Khulafa? Rasyidin ke Daulah Umawiyah kemudian Daulah Abbasiyah Kemajuan dan perkembangan peradaban yang berhasil dicapai pada masa kedua negara tersebut, baik dari sisi ilmiah, politik, ekonomi, maupun militer Deskripsi kejayaan, kemunduran, hingga keruntuhan Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah Keistimewaan Umar bin Abdul Aziz dan era berkuasanya para amir dan gubernur Prestasi negara otonom Daulah Aghalibah di Afrika Utara di bawah Khilafah Abbasiyah Kemunculan dan perkembangan Khawarij, khususnya sekte Ibadhiyah di Afrika Utara Topik-topik menarik di atas sayang untuk dilewatkan. Terutama bagi mereka yang ingin mengetahui seluk-beluk umat Islam di bawah kepemimpinan tunggal seorang ?imam? dalam institusi khilafah islamiyah.

Selengkapnya
Kunjungi Toko
−5%
Medika Bekam Sinergi by dr. Ahmad Ali Ridho Buku Sejarah
Rp 138.000 Rp 145.000
Blibli

Aqwam Medika Bekam Sinergi by dr. Ahmad Ali Ridho Buku Sejarah, tidak semua penyakit bisa diterapi dengan bekam. Pada penyakit yang sama, ada yang bisa ditangani dengan bekam dan ada yang tidak. Orang dengan gejala yang sama belum tentu terapinya juga akan sama karena sindromnya yang berbeda. Bisa juga sebaliknya, orang dengan gejala yang berbeda bisa diterapi dengan cara yang sama karena sindromnya yang sama. Inilah kunci dalam praktik pengobatan bekam, Sindrom. Tentu butuh pembelajaran, proses dan pengalaman bertahun-tahun untuk menjadi seorang ahli yang mampu mengenali sindrom dan melakukan terapinya dengan tepat. Buku bekam sinergi ini memadukan ketiga metode pengobatan baik medis modern, thibbun nabawi maupun pengobatan tradisional Cina dalam melakukan terapi bekam. Buku ini menekankan pentingnya analisa dan diagnosa, karena di lapangan masih sering dijumpai kasus mal praktik bekam yang disebabkan ketidaktahuan terapis tentang hal itu. Buku ini terbit untuk menjadi referensi untuk menambah pengetahuan dan keahlian Anda sebagai terapis bekam. Tak salah, bila buku ini Anda jadikan salah satu buku pedoman dalam melakukan terapi bekam. Para penterapi bekam dalam menjalankan praktiknya perlu referensi ilmiah yang kuat. Di antara referensi-referensi bekam yang saya miliki, buku ini termasuk yang lengkap, praktis dan ilmiah. Di buku ini Dr. Achmad Ali Ridho menuliskan bekam sebagai ilmu praktik pengobatan yang dikaji secara luas, teliti dan hati-hati. Jika Anda penterapi bekam, maka buku ini pantas disandingkan dengan buku-buku bekam favorit yang telah ada sebelumnya.

Selengkapnya
Kunjungi Toko
Valentine di Bulan Juli by Thu Jun Buku Novel
Rp 71.000
Blibli

Guepedia Valentine di Bulan Juli by Thu Jun Buku Novel, Setelah mamanya meninggal, Nina kembali ke Indonesia dan tinggal bersama omanya yang kaya raya. Di sekolah barunya, SMU Harapan Bangsa, Nina bertemu dengan teman baru dan musuh baru juga tentunya, yang kemudian membawa Nina masuk dalam satu pertaruhan sengit! Nina dan dua teman barunya Lisa dan Meisha ditantang oleh Janet, anak kepala sekolah untuk membuat drama yang spektakuler di HUT sekolah nanti. Taruhannya adalah kedudukan ketua tim drama yang masih dipegang oleh Lisa serta penasihat tim drama yang kala itu diduduki oleh Tante Meisha, sekaligus merangkap sebagai Guru Bahasa Indonesia Bu Julia. Awalnya  Nina merasa terjebak dan ogah-ogahan mengikuti pertaruhan konyol itu. Namun siapa sangka, ternyata dalam proses pembuatan drama mereka Nina justru mengalami banyak hal yang tidak terduga! Nina bisa makin dekat dengan Dion, ketua Osis ganteng idola semua cewek di sekolah, dan yang membuat lebih surprise lagi, Kisah cinta legendaris T&J yang mereka angkat sebagai cerita drama mereka ternyata memang based on true story! Dua puluh tahun yang lalu kisah cinta itu memang pernah terjadi di SMU mereka. Rasa penasaran memancing Nina untuk menyelidiki kisah yang penuh misteri tersebut. Berbekal dengan sebuah diary usang yang tidak sengaja mereka temukan di gudang sekolah, satu persatu misteri yang ada pun mulai terkuak. Siapa T&J itu? Apa benar pasangan T&J adalah salah satu dari orang tua Nina dan Dion yang dulu pernah menjalin asmara? Apa hubungan kisah T&J dengan masa lalu keluarga Nina? Mengapa Omanya begitu sensitif jika Nina mengungkit masalah tersebut? Benang kusut yang terurai berantakan secara perlahan ditarik oleh Nina dan kawan-kawan, membawa mereka pada suatu kenyataan yang tidak terduga. Tentang kisah cinta yang pernah ada dua puluh tahun lalu, tentang Valentine yang sempat tertunda dan harus menunggu dua puluh tahun untuk terulang kembali.

Selengkapnya
Kunjungi Toko
Mengeja Perasaanku by Eric Shandy Admadinata Buku Remaja
Rp 58.000
Blibli

Guepedia Mengeja Perasaanku by Eric Shandy Admadinata Buku Remaja, aku tak mengetahui akal busuk yang Jaya lancarkan pada perempuan yang bernama Ira. Aku adalah mahasiswa baru yang menjadi tumbal agar diriku menuruti semua keinginan Jaya. Lelaki yang menyapaku di kampus itu meminta agar aku mendekati Ira kemudian menjadikan perempuan penyuka masakan Jawa menjadi pacarku. Sungguh ironis dan aku seperti lelaki bodoh dengan gampangnya menerima tawaran Jaya. Seiring berjalan waktu, aku pun mengutarakan isi hatiku pada Ira. Aku menjalin semua asmara hingga aku tak menganggap bahwa rencana Jaya berhasil. Aku benar-benar tulus mencintainya bukan semata ide gila yang Jaya lancarkan padaku.Saat bimbingan skripsi, aku pun dipertemukan oleh Amel. Saat bersamaan, Ira mengakui bahwa ia dalam kondisi hamil. Janin yang berada di dalam rahimnya adalah benih yang Jaya lakukan padanya. Ira menyesal bahwa ia terjebak dalam perangkap maut Jaya. Karena menahan rasa malu, Ira memutuskan terminal dari kampus. Ira lebih memilih untuk bekerja di Malaysia sebagai TKW pada umumnya. Aku dan Amel akhirnya menikah. Tatkala aku baru membina rumah tangga dengan Amel, hatiku dikejutkan oleh kedatangan Ira. Ira datang layaknya jelangkung yang tak di undang. Galih sahabatku mengatakan bahwa Ira ingin menemuiku. Dalam lubuk hatiku masih tersimpan benih-benih cinta padanya. Berjalannya waktu, aku merahasiakan pada Amel. Aku tak ingin Amel, istriku, mengetahui bahwa aku kembali dekat dan sering jalan berduaan bersama mantan pacarku sewaktu di bangku kuliah. Aku siap menerima apa yang akan kutanggung bila Amel mengetahui hubunganku dengan Ira secara diam-diam. Aku melakukan hal itu dikarenakan Amel akhir-akhir ini malas untuk melayaniku sebagai suami. Aku merasakan nyaman berada di dekat ataupun berada di sisi Ira. Aku yakin Ira masih menyimpan rasa cintanya padaku.

Selengkapnya
Kunjungi Toko
Diorama Rasa by Aris Sugianto Buku Novel
Rp 60.000
Blibli

Guepedia Diorama Rasa by Aris Sugianto Buku Novel, Rahma dan Wisnu adalah dua kekasih yang saling mencintai. Cinta mereka berdua sudah terjalin sejak SMA hingga Rahma kuliah di Surabaya. Rahma dan Wisnu ingin membawa hubungan mereka lebih serius namun kedua orang tua Wisnu tak merestui sehingga Wisnu akan dijodohkan dengan Niken (Gadis anak pengusaha di Kota Surabaya). Rahma sangat bahagia mempunyai pacar seperti? Wisnu namun hubungan mereka berdua harus berpisah sementara karena Wisnu akan berangkat ke Kalimantan untuk mendaftar menjadi TNI setelah sekian lama di tolak di Jawa. Sejak Rahma ditinggal Wisnu. Dia merasa kesepian di kota Surabaya tersebut. Akhirnya Rahma menjalin hubungan dengan Arif. Disisi lain Winda (sahabat kuliah Rahma) juga jatuh cinta dengan Arif. Ketika Winda mengatakan cinta ke Arif. Arif malah menggantungkanya dan memberi harapan palsu.Winda merasa sakit hati.Winda juga merasa dikhianati oleh sahabatnya sendiri. Rahma dan Arif masih menjalin cinta dengan penuh bahagia. Sejenak Wisnu terlupakan begitu saja. Namun ditengah-tengah kebahagiaan mereka berdua, Winda kembali dengan dendam dihatinya. Kini Winda berubah menjadi teroris dan akan menghancurkan seluruh manusia di kampus itu termasuk Arif dan Rahma. . Di saat itu pula, Wisnu pulang dari Kalimantan untuk melamar Rahma. Akhirnya Rahma lebih memilih Wisnu dan mereka berdua memilih untuk menikah. Keputusan Rahma itu diketahui oleh Arif hingga membuatnya sakit hati dan meninggal dalam kecelakaan.

Selengkapnya
Kunjungi Toko
−10%
Sejarah Daulah Umawiyah & Abbasiyah by Dr. Ali Muhammad Ash-Shallabi Buku Islam
Rp 86.000 Rp 95.000
Blibli

Daulah Umawiyah dan Daulah Abbasiyah merupakan dua dinasti yang dikenal sebagai penerus pemerintahan Khulafa? Rasyidin. Selama ratusan tahun kedua khilafah tersebut berhasil melewati beragam tantangan zaman dan menorehkan segudang prestasi. Meski demikian, sunnatullah tetap berlaku: ?Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu, Kami pergilirkan di antara manusia (agar mereka mendapat pelajaran).? (Surah Ali ?Imran: 140). Dari sini, Daulah Umawiyah dan Daulah Abbasiyah menjadi kajian historis yang menarik untuk dipelajari. Apa saja faktor-faktor yang mendorong kesuksesan maupun kemundurannya perlu diketahui oleh kaum Muslimin. Oleh karenanya, dibutuhkan buku pegangan yang kredibel, lengkap, namun tidak terlalu ?berat? untuk dikaji oleh berbagai level penuntut ilmu. Kiranya buku karya Dr. Ali Ash-Shallabi ini memenuhi kriteria tersebut. Penulis yang dikenal otoritatif dengan banyak karya tentang sejarah Islam ini menyajikan banyak info menarik di dalam buku ini, seperti: Latar belakang historis Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah Proses transisi politik dari Khulafa? Rasyidin ke Daulah Umawiyah kemudian Daulah Abbasiyah. Kemajuan dan perkembangan peradaban yang berhasil dicapai pada masa kedua negara tersebut, baik dari sisi ilmiah, politik, ekonomi, maupun militer. Deskripsi kejayaan, kemunduran, hingga keruntuhan Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah Keistimewaan Umar bin Abdul Aziz dan era berkuasanya para amir dan gubernur. Prestasi negara otonom Daulah Aghalibah di Afrika Utara di bawah Khilafah Abbasiyah. Kemunculan dan perkembangan Khawarij, khususnya sekte Ibadhiyah di Afrika Utara.

Selengkapnya
Kunjungi Toko
−11%
Luka Bangsa Luka Kita by Baskara T. Wardaya. SJ Buku Sejarah
Rp 82.000 Rp 93.000
Blibli

Luka Bangsa Luka Kita by Baskara T. Wardaya. SJ Buku Sejarah adalah buku yang akan mengingatkan kembali masyarakat akan pentingnya Laporan Komnas Ham, untuk terus dipelajari, dan selanjutnya untuk dijadikan acuan bagi kerja-kerja kemanusiaan sekarang dan di masa depan. Banyak negara di dunia memiliki rekam jejak buruk, terkait kekerasan kolektif dan pelanggaran HAM pada masa lalu. Sebut saja, Jerman, Afrika Selatan, Korea Selatan, dan Argentina. Begitu pula Indonesia. Berbeda dengan negara-negara lain yang berani mengakui, mengolah, dan menuntaskan kejahatan terhadap kemanusiaan, Indonesia sepertinya masih berjalan di tempat. Jangankan sampai pada penuntasan, pada fase pengungkapan pun aktivis HAM sering kali menghadapi jalan buntu. Sebagai bukti, ketika Komnas HAM menyampaikan hasil penyelidikan dan kerja kerasnya selama empat tahun kepada pemerintah masalah pelanggaran HAM pun akhirnya mengambang. Buku ini hendak mengajak masyarakat mengupayakan penuntasan masalah pelanggaran HAM di Indonesia bisa terrealisasi. Buku ini menyajikan Laporan Eksekutif Hasil Penyelidikan Tim Ad Hoc Penyelidikan Pelanggaran HAM yang berat Peristiwa 1965-1966, dan disertai laporan pelanggaran HAM yang terjadi selama Orde Baru. Selain itu, ditampilkan pula tulisan-tulisan mengenai konteks terjadinya pembunuhan massal tahun 1965-1966, kekerasan terhadap para tapol di Pulau Buru, dan gagasan mengenai bagaimana seharusnya penanganan dan jalan keluar masalah pelanggaran Ham.

Selengkapnya
Kunjungi Toko
−11%
Cold War Shadow by Baskara T. Wardaya, SJ Buku Edukasi Sejarah
Rp 75.000 Rp 85.000
Blibli

As the Second World War was coming to its conclusion, Presi-dent Franklin D. Roosevelt held an ambiguous position about the NetherlandsÊ desire to re-colonize Indonesia. On the one hand, the President was firmly anti-imperialist as expressed in the Atlantic Charter. On the other hand·perhaps influenced by his Dutch ancestry·he assured Queen Wilhelmina of the Netherlands that Indonesia should be restored as HollandÊs holding after having lost it to the Japanese in 1942. Presi-dent RooseveltÊs successor, Harry S Truman, continued this Indonesian policy. President Truman publicly endorsed the idea of self-determination for countries under the threat of foreign subjugation, but at the same time quietly supported the Dutch attempt to re-conquer Indonesia. While RooseveltÊs ambiguity was primarily personal, TrumanÊs attitude was shaped by international developments following the end of World War II. In particular, it was necessitated by mounting Cold War tensions between the Soviet-led ?Communist bloc? and the United States-led capitalist ?Free World.? Convinced that the Communist bloc planned to expand its influence internationally, and consequently would threaten the interests of the Free World, the Truman adminis tration (1945-1953) pursued a policy to ?contain? the spread of communist influ-ence, including in Indonesia. The Truman administrationÊs anticommunist policies in Indonesia defined the parameters of U.s. foreign policy. This was especially because of IndonesiaÊs rich natural re-sources and strategic location between the Indian and Pacific oceans, and between Australia and mainland Asia. (See Map 1).2 ?Cold War consciousness? became pervasive in this and the succeeding two administrations. President Dwight D. EisenhowerÊs foreign policy, motivated by a desire to avoid TrumanÊs ?mistake? that had resulted in the ?loss of China? to the communists in 1949, was determined to halt the spread of communism in Indonesia.3 It attempted to stem the countryÊs growing communist following and its closer ties with the Communist bloc. President John F. KennedyÊs slightly different policy attitudes from those of the Eisen-hower administration were more favorable to the aspiration of the Indonesian people, as well as other newly-independent countries. Continuing the Truman and Eisenhower adminis-trationsÊ perception of Indonesia under the shadow of the Cold War, however, the Kennedy administrationÊs policy on Indonesia was similarly motivated by fear of losing Indonesia to the communists. This study will explore the various contours and devel-opments of U.s. policy toward Indonesia during the Cold War period, with emphasis on the Eisenhower and Kennedy administrations. Chapter one lays out the wider historical backdrop for IndonesiaÊs intensive contacts with the United States. For a long period of time the Indonesian archipelago had been ruled as a Dutch colony. The rule, which originated in the early seventeenth century, affected the economic, social and political life of its people. In response to both increas-ing oppression by the Dutch and enhanced educational opportunity

Selengkapnya

Beli Aneka Buku Sejarah Secara Online di iprice Indonesia

Dari semua buku yang ada, jenis buku yang satu ini membawa setiap orang kembali pada jaman dulu dan mengungkap rahasia peristiwa-peristiwa penting atau tokoh-tokoh terkenal yang mengukir sejarah di dunia. Buku sejarah adalah jenis buku yang tetap dibaca oleh orang meskipun telah lulus sekolah atau kuliah karena selain menambah wawasan, buku sejarah bagaikan membaca kisah dahsyat yang benar-benar terjadi, berbeda dengan novel. Jika Anda tertarik dengan kisah-kisah sejarah, sekarang Anda bisa mendapatkan aneka buku sejarah secara online di iprice Indonesia. Kami menawarkan ratusan buku sejarah yang menarik, meliputi sejarah dalam negeri maupun luar negeri. Dari Batavia hingga Perancis, Jerman dan Mesir, semuanya lengkap tersedia dan bisa dibeli secara online dengan diskon hingga 17%! Belanja buku di iprice Indonesia memang lebih praktis dan hemat!

Buku Sejarah Paling Diincar di iprice Indonesia

Berikut adalah buku sejarah yang paling diincar di iprice Indonesia:

  • Perdagangan dan Masyarakat Indonesia – J.C. Van Leur
  • Mesin Militer Hitler – Nino Oktorino

Saat belajar sejarah di sekolah, Anda pasti ingat kalau Indonesia pernah dijajah belanda selama 350 tahun, bukan? Saat itu keadaan ekonomi Indonesia tidak baik, petani dan rakyat harus menjual hasil ladang mereka kepada kolonial Belanda dengan harga sangat murah. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai perdagangan di Indonesia saat jaman penjajahan Belanda, buku karya J.C. Van Leur yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1940 ini ditulis dari sudut pandang Indonesiasentris, berbeda dengan penulis Eropa lainnya. Van Leur menjadikan masyarakat Indonesia sebagai pusat kajiannya daripada aktivitas orang-orang Eropa serta menggunakan interpretasi sosiologis untuk memahami perubahan dan perkembangan ekonomi. Buku sejarah ini sangat penting bagi Anda yang ingin mendalami sejarah perkembangan sosial ekonomi Indonesia.

Setiap negara memiliki sejarah mereka masing-masing. Ada yang unik, ada yang menyedihkan, ada juga yang mengenaskan seperti Jerman saat dipimpin oleh Adolf Hitler. Pada tahun 1935, Hitler membangun kembali angkatan bersenjata Jerman, mengubah Jerman menjadi negara adikuasa militer global serta memimpin Wehmacht meraih kemenangan pada awal perang Dunia II. Diktaktor Nazi ini sangat ditakuti karena berdarah dingin, ia mengirim ribuan orang ke tempat pengasingan untuk disiksa dan dibunuh. Pada masa pemerintahannya, Hitler memiliki dua mesin militer andalan yaitu Luftwaffe dan Waffern SS. Untuk mengetahui kisah lebih lanjut mengenai kepemimpinan Hitler, Anda bisa membaca Mesin Militer Hitler karya Nino Oktorino, tersedia secara online di iprice Indonesia. Karena sosok Hitler yang sangat terkenal, buku sejarah ini selalu laris manis terjual online.

Empat Manfaat Membaca Buku Sejarah yang Dirangkum oleh iprice Indonesia

Bagi Anda yang tidak menyukai pelajaran sejarah, mungkin pernah terbesit dalam pikiran Anda mengapa kita perlu mempelajari atau mengenal sejarah-sejarah yang ada di dunia. Selain merupakan pengetahuan umum yang penting, ada juga manfaat-manfaat lainnya yang didapat ketika Anda membaca buku sejarah yaitu:

Belajar dari masa lalu
Ungkapan ini sangat benar, dengan banyak membaca buku sejarah kita dapat mengambil hikmah dari sejarah atau peristiwa yang terjadi dan belajar mengenai kejujuran, kebijaksanaan, kearifan dan lain-lain
Pendidikan masa depan
Saat membaca buku sejarah, Anda mengenali kehidupan manusia pada masa lalu. Dengan membaca buku sejarah, Anda akan berusaha untuk memperbarui diri dan kepribadian untuk menjadi lebih baik dan tidak mengulangi tindakan atau peristiwa yang telah terjadi sebelumnya di masa lalu.
Meningkatkan kemampuan analisa
Sebagian besar dari sejarah mengisahkan peperangan, revolusi, demonstrasi dan penaklukan, semuanya menyebabkan perubahan sejarah. Dengan membaca buku sejarah Anda bisa belajar menganalisa apa yang menyebabkan perubahan tersebut. Misalnya mengapa sebuah revolusi dapat terjadi, siapa tokoh-tokoh penting di baliknya, apa penyebabnya dan lain-lain
Belajar kepemimpinan
Kepemimpinan pada jaman dahulu sangat menarik, semuanya berdampak pada perubahan sejarah. Banyak membaca buku sejarah memungkinkan Anda menganalisa mana poin-poin kepemimpinan yang baik dan mana yang sebaiknya tidak diikuti.

Sangat menarik bukan, buku sejarah? Anda juga bisa membeli buku sastra, buku riwayat hidup, buku fashion dan buku perjalanan secara online di iprice Indonesia. Selamat berbelanja dan membaca!