Drum elektrik yang tidak sebesar drum konvensional rupanya memilik banyak manfaat untuk bermusik. Simak di sini untuk lebih lengkapnya!

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Dapatkan penawaran dan kupon terkini langsung di inbox Anda!

Daftar Harga Drum Elektrik Terbaik 2020

10 Produk Terbaik Harga Toko
Yamaha dtx522k Rp 7.750.000 Tokopedia
Yamaha DTX450K Rp 5.249.999 Tokopedia
Yamaha DTX502 Rp 2.575.000 Lazada
Yamaha DD75 Rp 3.000.000 Tokopedia
Yamaha DTX700 Rp 9.100.000 Shopee
Yamaha DTX562K Rp 10.889.000 Tokopedia
Yamaha DTX400 Rp 1.590.000 Tokopedia
Yamaha DTX-750K Rp 19.700.000 Blanja
Yamaha DTX582K Rp 11.625.000 Tokopedia
Yamaha Drum Elektrik DTX402K with XtraPad/ DTX402 / DTX 402 / 402K Rp 4.790.000 Lazada
Terpopuler
Yamaha dtx522k

Termurah di Tokopedia Rp 7.750.000 Rp 7.750.000 Kunjungi Toko

Kabar tentang Drum Elektrik

Drum Elektrik, Sebuah Alternatif Alat Musik di Indonesia

Tidak seperti gitar, drum bukanlah tipe alat musik yang mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, satu set instrumen drum tidak dapat dimainkan di sembarangan tempat karena ukurannya yang tidak minimalis. Jika ada drum dalam versi mini, maka itu bernama cajon. Jika ada drum yang dimainkan bersama-sama, maka itu namanya drum band (iya, ini garing, maaf!). Tapi ada satu set drum yang ukurannya tidak sebesar drum akustik atau drum konvensional, yang tidak berisik dan membuat polusi suara ketika dimainkan dan yang tidak akan membuat uang Anda habis untuk biaya perawatan maupun untuk membeli aksesoris seperti stik dan cymbal. Instrumen musik ini bernama drum elektrik.

Drum elektrik memiliki fungsi dan cara kerja yang sama dengan drum konvensional. Drum ini tetap memiliki cymbal, pad, trigger dan pedal. Hanya saja drum elektrik tidak otomatis mengeluarkan suara ke sekitarnya. Instrumen ini dapat mengalirkan suara melalui headphone. Anda tidak perlu takut berisik ketika memainkan instrumen ini.

Seiring waktu, drum elektrik tidak hanya ada satu jenis semata. Sejumlah inovasi dan pengembangan dihadirkan pada instrumen ini. Selain drum elektrik reguler yang berbentuk seperti drum konvensional, ada dua varian lain dari drum ini. Keduanya adalah:

  • - Drum Elektrik Table Top
  • - Drum Elektrik Akustik

Drum elektrik table top adalah jenis drum yang memiliki pad dan sound module yang berkombinasi di dalam sebuah wadah menyerupai nampan. Sedangkan drum elektrik akustik adalah drum yang memiliki bentuk sangat identik dengan drum konvensional namun memiliki lapisan karet snare elektrik.

Kelebihan Drum Elektrik

Banyak orang menyebut feel memainkan drum elektrik amat berbeda dengan yang didapat ketika menghentakkan drum konvensional. Tapi kehadiran drum elektrik sebenarnya menjadi jawaban atas pertimbangan orang-orang yang ingin efisiensi. Lalu apa saja sebenarnya kelebihan drum elektrik dibandingkan instrument sejenis yang lebih konvensional? Ini dia rangkumannya:

  1. Drum lebih mudah dibawa kemana-mana karena berukuran lebih kecil.
  2. Aksesorisnya awet karena drum elektrik terbuat dari karet.
  3. Tidak berisik karena dimainkan menggunakan headphone. Stik yang dipukulkan ke snar juga tidak akan menghasilkan suara keras karena teredam oleh material karetnya.
  4. Dilengkapi metronom sehingga Anda bisa belajar mengatur tempo ketukan.
  5. Tidak perlu peredam ruangan karena suara yang dihasilkan tidak berisik. Hal ini berbeda dengan penggunaan instrument drum konvensional yang harus dimainkan di dalam ruang berperedam suara agar tidak mengganggu lingkungan sekitar.
  6. Tidak memakan banyak tempat karena ukuran drum elektronik hanya setengah dari drum konvensional. Bahkan bila Anda hanya menggunakan drum table top maka akan jauh lebih hemat tempat.
  7. Ada berbagai macam suara yang bisa Anda mainkan atau bahkan buat dari arsip suara yang disediakan di dalam drum elektrik. Dengan ini, Anda dapat bereksplorasi lebih dalam ketika bermusik.
  8. Perawatan yang lebih mudah karena material plastik yang digunakan. Anda tidak akan menemui banyak kendala untuk membersihkannya. Cukup usap dengan kain basah atau kemoceng.
  9. Belajar drum menggunakan instrumen drum elektrik akan lebih mudah karena ada berbagai preset patterns yang bisa Anda ikuti. Ada juga koleksi lagu yang bisa menjadi bahan referensi Anda dalam memantapkan kemampuan menabuh drum.
  10. Drum elektrik mudah direkam karena dapat dihubungkan langsung pada laptop atau software terkait. Jauh lebih sederhana dibandingkan proses rekaman pada drum konvensional.

Anda mungkin juga menyukai

NEW