Ukulele merupakan sebuah alat musik yang mempunyai bentuk mirip dengan gitar, hanya saja ukurannya yang lebih kecil. Bagi kamu yang gemar bermain gitar pasti juga menyukai bermain ukulele. Simak artikel ini untuk mengetahui tips membeli ukulele.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Dapatkan penawaran dan kupon terkini langsung di inbox Anda!

Daftar Harga Ukulele Terbaik 2020

10 Produk Terbaik Harga Toko
Yamaha GL-1 Rp 261.200 Lazada
Yamaha GL-1 Natural Rp 261.200 Lazada
Yamaha GL-1 Hitam Rp 558.600 Lazada
Yamaha GL-1 Perssimon Brown Rp 637.000 Tokopedia
Taylor Handmade Ukulele Rp 85.000 Blibli
Cowboy Super Komplit Ukulele Rp 375.000 Blibli
Fender Soprano Ukulele Rp 85.000 Blibli
Yamaha COD bayar ditempat ukulele merk Rp 91.000 Lazada
cowboy ukulele soprane / cuk/ gitar kecil free tas pik Rp 225.000 Lazada
Cowboy Paket Extra Ukulele Rp 375.000 Blibli
Terpopuler
Yamaha GL-1

Termurah di Lazada Rp 261.200 Rp 325.000 Kunjungi Toko

Kabar tentang Ukulele

Orang Indonesia, Mainkan Ukulele Saat Bersantai!

Ukulele adalah alat musik asli dari Hawaii yang ditemukan sekitar tahun 1878, dimulai saat beberapa imigran dari Portugis (Madeira/Azorez dan Portugal) yang berjumlah sekitar 20.000 orang melakukan perjalanan melewati Afrika Selatan untuk ke Hawaii. Salah seorang dari mereka membawa gitar kecil yang disebut Braginho dan akhirnya menjadi alat musik populer di Hawaii dengan ukuran yang lebih kecil bersenar sebanyak 4 buah, yang kemudian disebut sebagai Ukulele.

Di Indonesia sendiri alat musik yang sering digunakan untuk bermain keroncong ini terkenal karena suaranya yang berbunyi “cong, cong, cong”. Pada mulanya gitar ukulele ini dibawa ke Pulau Ambon, kemudian ke Makassar dan akhirnya menjadi alat musik utama keroncong. Bagi kamy yang tertarik untuk membeli gitar ukulele, simak beberapa tips berikut ini.

Pilih Gitar Ukulele dengan Ukuran yang Pas

Ukulele mempunyai banyak ukuran dan model, mulai dari yang paling kecil bernama Soprano sampai yang paling besar bernama Baritone. Model paling kecil yaitu Soprano memiliki ukuran 33 cm degnan tuning G’C’E’A. Model ukulele yang satu ini lebih cocok jika digunakan untuk para pemula karena bentuknya yang kecil, ramping, dan bisa dibawa ke mana-mana.

Model yang kedua adalah bernama Concert dengan ukuran 38 cm memiliki tuning G’C’E’A. Untuk ukulele yang satu ini kebanyakan dipakai oleh musisi-musisi yang tampil di atas panggung, karena bentuknya yang pas, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Ukulele jenis ini merupakan rekomendasi terbaik bagi Anda.

Yang ketiga adalah ukulele model Tenor yang memiliki ukuran panjang 43 cm dengan tuning G’C’E’A atau D’ G B E’. Model terakhir adalah Baritone yang merupakan model ukulele paling besar dengan panjang 48 cm dan tuning D G B E’.

Perhatikan Jenis Kayu dan Material Ukulele

Material ukulele juga sangat penting untuk kita pertimbangkan. Bahan ukulele yang paling umum digunakan adalah kayu. Kayu yang dipakai juga bermacam-macam, mulai dari kayu mahogani, kayu mangga, rosewood, cedar, Akasia, dan lain-lain.

Koa adalah jenis kayu yang paling banyak digunakan untuk memproduksi ukulele di Hawaii. Jenis kayu ini dipilih karena mempunyai karakter suara yang sangat hangat dan indah. Namun ukulele dengan bahan kayu koa biasanya memiliki harga yang sangat mahal.

Mahoni adalah alternatif kedua jika Anda tidak sanggup membeli ukulele dari kayu koa. Karakter suara dari ukulele kayu mahoni adalah suaranya yang lembut dan tentu saja dengan harga yang lumayan murah. Di Indonesia sendiri kayu mahoni sangat banyak ditemukan, sehingga akan berpengaruh pada harga ukulele kayu mahoni yang murah.

Perhatikan Merek Ukulele yang Akan Anda Beli

Merek menentukan harga, kualitas, dan keawetan ukulele. Memilih merek ukulele sangat penting karena semakin kredibel mereknya maka semakin tidak diragukan lagi kualitas bodi dan suara ukulelenya. Pastikan juga ukulele yang Anda beli bukan produk KW atau replika.

Jika Anda ingin membeli ukulele, pertimbangkan semua aspek dari model, merek, dan juga budget yang Anda miliki. Anda juga bisa membandingkan harga masing-masing merek di beberapa toko musik, baik toko offline maupun di toko online seperti di iPrice Indonesia.

Anda juga bisa membeli ukulele dengan mudah di iPrice Indonesia. Terdapat berbagai macam merek ukulele yang sudah terkenal kualitasnya dalam memproduksi alat musik seperti Korg dan Yamaha.

NEW