Hot Wheels merupakan mainan mobil berukuran skala 1:64 asal Amerika Serikat yang mulai populer di Indonesia pada tahun 90-an dan awal 2000-an.

Apa itu Hot Wheels?

Berapa harga Hot Wheels?

Mainan Hot Wheels Paling Populer di Indonesia

Mainan Hot Wheels Langka

Hot Wheels Indonesia - Mainan Untuk Anak-Anak Dan Dewasa

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Apa itu Hot Wheels?

Hot Wheels merupakan mainan mobil berukuran skala 1:64 asal Amerika Serikat yang mulai populer di Indonesia pada tahun 90-an dan awal 2000-an. Mainan Hot Wheels ini berukuran kecil dan berbahan metal, serta dimainkan degan menggunakan lintasan khusus.

Hot Wheels kini tak hanya digemari oleh anak-anak, namun juga orang dewasa sebagai mainan koleksi yang nilainya bisa berkali lipat.

Berapa harga Hot Wheels?

Harga Hot Wheels berkisar mulai dari seharga Rp 29.900 untuk Hot Wheels Basic Car hingga seharga Rp 8.000.000 untuk Hot Wheels Datsun Custom Special Event.

Mainan Hot Wheels Indonesia Paling Populer

  • Hot Wheels The Beatles Yellow Submarine - Harga mulai dari Rp 50.000
  • Hot Wheels 3 Cars Pack (Random) - Harga mulai dari Rp 89.900
  • Hot Wheels 5 Cars Pack (Random) - Harga mulai dari Rp 149.900
  • Hot Wheels 10 Cars Pack - Harga mulai dari Rp 299.900
  • Hot Wheels Star Wars Character Car - Harga mulai dari Rp 99.900
  • Hot Wheels Fast & Furious - Harga mulai dari Rp 119.900
  • Hot Wheels Disney Character - Harga mulai dari Rp 79.900
  • Hot Wheels 10 Cars Pack - Harga mulai dari Rp 299.900

Mainan Hot Wheels Langka

  • The Mystery Machine
  • Pink Rear-Loading Volkswagen Beach Bomb
  • Blue Rodger Dodger
  • Larry Wood World Tour Purple VW Bug Beetle Limited
  • Collector Number 271
  • 1999 Dream Halloween ‘32 Ford

Mainan mobil ini tidak hanya diburu oleh anak-anak. Orang dewasa pun banyak yang memburu koleksi mobil dari Hot Wheels. Selain karena desain mobilnya yang menarik, ternyata banyak juga koleksi mainan mobil yang didesain berdasarkan mobil sungguhan. Ditambah lagi dengan adanya track balapan untuk koleksi mobil Hot Wheels, tidak mengherankan jika orang dewasa pun masih tetap mengoleksi mainan satu ini.

Hot Wheels Indonesia - Mainan Untuk Anak-Anak Dan Dewasa

Hot Wheels Indonesia - Pada Awalnya

Mulai diperkenalkan ke publik Amerika di tahun 1968, Hotwheels diproduksi oleh perusahaan bernama Mattel. Saat itu, mobil mainan pada umumnya tidak memiliki engsel pada roda sehingga tidak dapat belok. Selain itu, bagian roda pun tidak banyak mendapatkan perhatian. Hal ini yang kemudian menjadikan Hot Wheels sebagai salah satu fenomena pada zamannya.Hotwheels pertama kali diperkenalkan ke publik dengan membawa 16 koleksi yang keseluruhan koleksinya mengikuti bentuk asli dari mobil. Dengan roda yang dapat belok, dan bahkan dilengkapi dengan velg. Untuk pertama kalinya, mainan mobil diproduksi dengan desain miniatur mobil asli.

Tidak heran, saat mainan mobil Hotwheels diperkenalkan ke publik, tidak hanya anak-anak yang ingin memiliki koleksi mobilHotwheels, tapi juga orang dewasa. Apa sebenarnya yang istimewa dari mainan mobil satu ini? Ternyata karena bentuknya yang memang menyerupai mobil nyata. Tidak mengherankan karena desainer awal mainan satu iniadalah Harry Bradley, desainer untuk perusahaan mobil terbesar pada zamannya, General Motors.

Hot Wheels Indonesia - Mengubah Pasaran Mobil Mainan

Setelah mengenalkan 16 koleksi awal,Hotwheels kemudian kembali membuat kehebohan dengan meluncurkan Hotwheels Elite. Edisi Elite ini diambil dari beberapa koleksi mobil Ferrari yang dibuat hampir sama menyerupai aslinya, dengan perbandingan skala yang hampir sempurna. Meskipun harga dari koleksi Elite memang lebih mahal dibandingkan dengan koleksi sebelumnya, ternyata tidak menyurutkan penggemarnya untuk memburu koleksi ini. Karena tingginya antusiasme terhadap koleksi mobil Elite, Hot Wheels membuat divisi khusus yang memproduksi beragam mobil dengan detail yang hampir sempurna disertai dengan material yang juga berbeda dengan koleksi biasa. Hingga saat ini, Elite masih terus diproduksi.

Tidak sekedar memproduksi mobil saja, perusahaan mainan asal Amerika Serikat ini pun memproduksi track atau lintasan untuk mainan mobilnya sehingga penggemarnya dapat menaruh mobilnya untuk balapan dengan pemilik mobil Hotwheels lainnya. Tentu saja hal ini mengubah cara pandang orang terhadap mobil mainan. Sejak munculnya Hotwheels, mobil mainan tidak hanya sekadar hiasan, tapi juga dapat digunakan untuk kompetisi.

Fakta-fakta Menarik Hot Wheels Indonesia

Setelah diproduksinya track untuk mobil mainan, produk merk satu ini pun kian beragam, terutama untuk mendukung mereka yang menggemari balapan. Sekarang selain dikenal dengan koleksi mobil mainan, Hotwheels juga memproduksi lintasan yang dapat disambungkan hingga menjadi track balapan yang panjang. Tentu perusahaan mainan mobil ternama ini pun juga memproduksi penyambung lintasan, dan juga rintangan di track agar balapan mobil ini lebih seru. Bahkan sekarang ada juga supercharger untuk mobil Hot Wheels yang dapat membuat mobil bergerak lebih cepat di lintasan. Memang merk mainan mobil ini sepertinya sengaja membuat penggemarnya tidak bisa berpaling dari beragam koleksi mobil serta aksesorisnya. Jika Anda adalah penggemar mobil mainan dari Hot Wheels, fakta-fakta berikut pasti menarik untuk Anda simak.

  • Hot Wheels Indonesia Dan General Motors

Pada saat diluncurkan di tahun 1968, koleksi Hot Wheels Custom Corvette ternyata adalah prototype dari mobil Custom Corvette yang diproduksi oleh General Motors, namun belum dipublikasikan. Tidak mengherankan karena Henry Bradley, si desainer awal dari Hotwheels memang sebelumnya bekerja untuk General Motors. Usut punya usut, sepertinya model Custom Corvette memang didesain oleh Bradley ketika ia masih bekerja di General Motors. Untungnya, General Motors pada saat itu tidak menuntut Hotwheels karena memproduksi Custom Corvette yang bahkan belum dipublikasikan oleh General Motors.

  • Tentang Koleksi Awal Hot Wheels Indonesia

Koleksi awal ternyata berbeda dengan koleksi yang kita kenal sekarang. Pada awal-awal kemunculannya, semua ban pada mobil mainan merk ini memiliki garis merah. Selain itu, semua koleksi awalnya didesain dari rangka mobil aktual yang kemudian dibuat menjadi mini. The Dodge Deora, salah satu model dari Hotwheels bahkan dibeli oleh Chrysler untuk kemudian dijadikan mobil sungguhan.

  • Koleksi Hot Wheels Indonesia Sekarang

Jika pada awalnya mobil mainan ini memiliki ciri dengan garis merah pada ban mobilnya, kini Hotwheels pun banyak melakukan eksperimen terhadap koleksi mobil mainannya. Bahkan ada satu model mobil yang didesain dengan menggunakan berlian. Tidak mengherankan jika merk ini selalu digemari karena model mobilnya yang selalu berubah. Hingga kini, tercatat ada lebih dari 4 milyar mobil mainan yang sudah diproduksi. Jumlah ini bahkan melebihi jumlah mobil yang ada sejak perusahaan mainan ini mulai berproduksi di tahun 1968. Kepopuleran Hotwheels dan juga penggemarnya yang berjumlah jutaan juga membuat beberapa orang mendirikan perusahaan yang khusus untuk memodifikasi Hotwheels, dari mulai warna hingga modifikasi mesin dan bentuk untuk balapan.

  • Mobil Mainan Terfavorit Sepanjang Masa

Ya, benar sekali. Mainan mobil-mobilan dinobatkan sebagai salah satu mainan yang paling digemari sepanjang masa oleh majalah TIME. Saking digemarinya, tercatat ada 6 unit mobil mainan Hot Wheels terjual setiap detiknya. Jika dihitung dalam setahun, kira-kira ada 300 juta unit mobil mainan yang terjual di seluruh dunia.

  • Tidak Hanya Digemari Oleh Anak-Anak

Kenyataannya bahkan ada orang yang membayar lebih dari 200 juta rupiah untuk mendapatkan satu, iya satu unit mobil mainanHotwheels seri Beach Bomb. Seri ini sangat sulit dicari karena tidak terkenal pada masanya. Lebih lanjut mengenai kegemaran orang dewasa mengkoleksi mobil mainan Hotwheels, tercatat ada sekitar 41 juta orang dewasa yang memiliki setidaknya satu unit Hotwheels. Bahkan, ada beberapa orang yang memiliki lebih dari 3,000 koleksi mobil Hotwheels dengan value lebih dari 10 milyar rupiah.

Jika Anda ingin merasakan bagaimana keseruan mengumpulkan beragam model dari Hotwheels, juga keseruan melihat mobil Hotwheels Anda di lintasan balapan, Anda harus memiliki ragam koleksi dari Hotwheels. Kata siapa hanya anak-anak yang butuh mainan?

NEW