Mulailah merakit komputer sendiri menggunakan sejumlah komponen dari IBM. Tautan ini akan memandu Anda bagaimana membuat komputer rakitan sendiri.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

IBM Indonesia, Pilih dan Rakit Sendiri Komputer Anda

Pernahkah Anda menggunakan sebuah komputer rakitan sendiri? Atau kini Anda ingin mulai merakit komputer sendiri? Merakit komputer dari nol akan memberi Anda perangkat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Tapi, bila Anda tidak memiliki pengalaman dalam membuat komputer rakitan, proses tersebut akan tampak sangat rumit dan mengerikan.

Ketika berkunjung ke toko komputer atau membeli perangkat komputer jadi dari iPrice Indonesia, kepraktisan adalah aspek paling utama yang Anda tuju. Tapi, bila ingin memiliki komputer yang begitu sesuai dengan kebutuhan dan pekerjaan -entah itu Anda merupakan seorang hardcore gamer, editor video, atau hanya ingin membuat perangkat komputer hemat energi untuk digunakan sebagai home theater- maka komputer rakitan adalah pilihan yang sempurna.

Tidak sekadar memberi ketepatan guna, komputer yang berhasil Anda rakit sendiri juga akan mendatangkan kepuasan pribadi yang tak ada tandingannya. Kepuasan maksimal yang dipupuk dari buah kesabaran dalam memilah perangkat dan menghabiskan waktu panjang untuk ketelitian perakitan.

Di iPrice Indonesia, ada banyak part komputer yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu etalasenya yakni dari brand IBM.

Langkah Pertama Pemilihan Komputer: Performa Seperti Apa?

Performa mesin adalah bagian penting yang harus Anda pahami sebelum terjun lebih dalam untuk merakit komputer impian. Secara umum, ada tiga tipe performa yang bisa Anda prioritaskan untuk komputer rakitan.

  • Low Performance

Jika Anda menginginkan komputer sederhana yang hanya dipakai untuk berselancar di dunia maya, pengecekan emai atau dipakai untuk menonton video, maka komputer rakitan yang berperforma rendah sudah cukup untuk Anda.

Mesin komputer tipe ini cenderung kecil dan tidak membutuhkan konsumsi energi dalam jumlah yang besar. Mesin komputer ini juga tidak berisik. Komputer untuk home teather atau untuk server internet cukup dirakit dengan performa yang rendah.

  • Middle Performance

Pilihan ini adalah opsi terbaik untuk sejumlah pengguna yang ingin komputernya dapat dipakai bukan sekadar untuk menonton film atau berselancar internet. Perangkat komputer rakitan berperforma menengah dapat dipakai untuk menjalankan game kasual.

Komputer ini juga dapat dipakai untuk menjalankan beberapa program secara bersamaan untuk keperluan multitasking. Jika Anda ingin memiliki komputer yang lumayan bekerja “banyak” tanpa perlu mengeluarkan uang ekstra, maka rakitlah komputer yang berperforma menengah.

  • High Performance

Komputer berperforma tinggi dapat memakan banyak biaya. Namun bila Anda begitu intens bekerja menggunakan sejumlah aplikasi dan software berat, komputer tipe ini tidak akan membuat stres. Performa tinggi memberi kelancaran tanpa lagging ketika menjalankan banyak program secara bersamaan.

Komputer ini juga dapat dipakai untuk memainkan game terbaru dengan setting tertinggi. Anda akan sangat dimanjakan ketika memiliki komputer berkemampuan tinggi. Hanya, siap-siap saja untuk merogoh kocek lebih dalam untuk membeli sejumlah part terbaik.

Daftar Komponen Penting untuk Komputer Rakitan

Setiap komputer yang berkemampuan maksimal datang dari perakitan komponen yang tepat. Di bagian ini, kita akan berkenalan dengan berbagai komponen penting yang harus Anda miliki sebelum mulai membuat komputer rakitan. Tak perlu khawatir, semua komponen itu dapat Anda temukan di etalase virtual IBM pada iPrice Indonesia.

Prosesor

Prosesor, atau disebut juga dengan CPU, adalah “otak” dari komputer Anda. Karena bagian paling utama dari sebuah komputer, harga prosesor adalah yang paling mahal dibandingkan komponen lain.

Prosesor yang berkualitas dapat mengakomodir lebih dari satu pekerjaan dengan performa yang sangat cepat. Tapi, tidak semua orang membutuhkan prosesor berkualitas (yang juga mahal) untuk memenuhi kebutuhan komputasi.

Prosesor yang cepat hanya diperlukan bila Anda memiliki pekerjaan komputasi berat seperti penyuntingan dan konversi video, membuat program atau untuk menjalankan game berspesifikasi tinggi.

Motherboard

Setelah prosesor, maka motherboard adalah komponen yang cukup krusial pada sebuah komputer. Komponen ini ibarat sebagai “kapal induk” yang membuat semua komponen lain dapat saling terhubung.

Selayaknya kapal induk, motherboard memiliki berbagai slot “parkir”, seperti keberadaan slot untuk port USB hingga berbagai kartu penunjang grafis seperti kartu video, suara dan WiFi. Semakin luas motherboard mengindikasikan performa yang semakin tinggi.

Casing

Komponen casing begitu diperlukan sebagai tempat penyimpanan sekaligus pelindung komponen-komponen lain. Umumnya, casing berbentuk persegi panjang dan berwarna hitam. Tapi bila Anda tak ingin casing yang monoton, pertimbangkanlah casing untuk komputer gaming berbentuk lebih unik,

RAM

RAM adalah akronim dari Random Access Memory. Komponen ini ibaratnya sebaai tempat memori jangka pendek komputer Anda. Komputer akan menyimpan data yang perlu diakses cepat di dalam RAM. Semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin responsif komputer rakitan Anda dalam menjalankan program.

Kartu Grafis

Kartu grafis diperlukan untuk mengurus aspek grafis di dalam komputer. Ketika Anda menyalakan monitor dan mendapati tampilan gambar yang kurang baik, barangkali kartu grafis di komputer memiliki masalah. Bila Anda ingin memainkan game 3D, sebuah kartu grafis bawaan dari motherboard tidak aka n cukup. Anda harus menggunakan kartu grafis tambahan.

Hard Drive

Jangan bingung membedakan hard drive dengan RAM. Bila RAM dianalogikan sebagai memori jangka pendek, maka hard drive merupakan sebuah komponen memori jangka panjang. Hard drive di komputer berfungsi untuk menyimpan semua data yang ingin Anda masukan ke dalam komputer, entah itu lagu, film atau data Microsoft Office.

Drive Optik

Komponen ini adalah tempat bagi Anda untuk memutar keping CD hingga Bluray. Tidak semua orang membutuhkan perangkat drive optik di komputer mereka.

Power Suply

Meski bukan perangkat pintar, namun komponen ini sangat krusial karena bertugas mengalirkan energi listrik ke dalam komputer sebelum digunakan. Jika Anda menggunakan prosesor yang cepat, kartu grafis dan sejumlah hard drive, maka Anda butuh power supply bertenaga besar agar dapat mengakomodir energi listriknya.

Bingung memilih komponen komputer rakit Anda? Mulailah mengeksplor halaman IBM ini.

NEW