Memahami Ketidakamanan Dalam Melakukan Pembayaran Secara Online

62%
Takut akan penipuan yang berada di internet

49%
dari masyarakat dunia masih merasa ragu akan melakukan transaksi secara online

42%
dari mereka mengakui bahwa mereka akan melakukan transaksi secara online jika mereka merasa dilindungi oleh cybersecurity

37%
telah mengakui bahwa mereka menghentikan transaksi di tengah jalan dikarenakan ketidak percayaan mereka terhadap keamanan dari transaksi tersebut

Mengenal Masalah yang Ada
Ini terjadi ketika ada kesenjangan antara situasi yang terjadi pada saat itu dengan situasi yang diinginkan oleh sang konsumen. Ini adalah situasi di mana konsumen mengidentifikasi masalah mereka.

Pencarian Informasi
Konsumen mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang ada pada benak mereka. Jawaban dan pencarian informasi bergantung kepada kompleksitas dari pilihan dan tingkat keterlibatan.

Mengevaluasi Alternatif
Segmen ini membahas tentang konsumen mencari solusi lain untuk menyelesaikan masalah mereka.

Pembelian
Setelah konsumen melihat semua kemungkinan solusi yang ada, mereka akan memilih metode yang paling tepat dan sesuai untuk keperluan mereka.

Kekuatan yang Mendorong Ketakutan Kita dalam Melakukan Pembayaran Secara Online

Bagaimana Pelanggan Dapat Melindungi Diri Mereka Sendiri

Bagaimana Vendor Bisa Mendapatkan Kepercayaan dari Konsumen

Berbelanja melalui situs yang aman
Mencari situs aman dimulai dengan menggunakan
https:// *bukannya http://

*Huruf ā€œsā€ disini berarti situs tersebut menggunakan server yang aman dan akan melindungi informasi personal anda dari para hackers

Gunakan simbol kepercayaan seperti logo dan trustmarks dari akreditator resmi yang dapat memberikan kepastian kemanan dalam berbelanja di situs ini kepada konsumen. Beberapa contoh yang umum digunakan seperti PayPal, ipay88, Visa dan Mastercard.

Menyimpan bukti transaksi anda
Bukti pembayaran elektronik, konfirmasi email dan lain-lain dapat membantu anda untuk dapat melacak sejarah transaksi anda. Mereka juga dapat anda gunakan sebagai bukti kuat jika anda memiliki perselisishan dengan sang penjual.

Letakan simbol kepercayaan itu pada lokasi yang strategis dan terlihat jelas pada website anda sehingga akan menghilangkan perasaan takut dari para konsumen.

Lindungi komputer anda
Firewall dan juga software antivirus terbaru dapat melindungi data anda dari para hacker dan dapat juga mencegah para pencuri identitas untuk mencuri informasi personal anda.

Tambahkan sebuah tombol SSL dan kebijakan privasi pada situs web anda yang jelas menyatakan bagaimana anda akan menggunakan informasi yang dikumpulkan dari para konsumen. Konsumen akan lebih cenderung mempercayai anda jika mereka merasa bahwa anda terbuka tentang keamanan informasi mereka.

Jangan gunakan WiFi gratis dalam mengakses kegiatan pribadi
Dengan tidak menggunakan WiFi gratis untuk kegiatan pribadi anda seperti berbelanja online, transaksi perbankan. Orang berpotensi untuk dapat mengakses data anda.

Pastikan anda menetapkan kebijakan pengembalian yang jelas. Dengan memberikan pilihan kepada konsumen bahwa mereka dapat membuat pengembalian jika mereka merasa tidak puas, maka itu akan memudahkan anda menghilangkan rasa takut pada konsumen.

Gunakan Password yang cerdas dan kuat
Buatlah password yang cerdas dengan menggunakan angka, simbol dan menggunakan huruf kecil dan besar.

Hubungkan situs web anda dengan sebuah platform e-commerce yang terpercaya seperti iprice. Dilaporkan bahwa akan ada peningkatan konsumen sebanyak 32% jika anda memiliki lencana kepercayaan yang terlihat pada situs anda.

Build A Fort Around
Bangun Pertahanan Di Sekeliling
Kartu Kredit Anda

Nikmati ketenangan batin dengan mengetahui bahwa Anda sudah membangun pertahanan yang memungkinkan untuk mengontrol transaksi kartu kredit Anda

Notifikasi SMS
Atur notifikasi SMS pada ponsel Anda untuk setiap transaksi melalui kartu kredit. Anda pun dapat mengatur notifikasi untuk membatasi jumlah transaksi pada kartu kredit Anda.

One-Time Password (OTP)
OTP adalah password yang dikirimkan ke ponsel Anda, yang sudah teregistrasi, setiap Anda melakukan transaksi online. Dengan adanya OTP, Anda memberikan satu lapis tambahan keamanan ketika melakukan transaksi.

Pembatasan Jumlah Transaksi
Atur batasan jumlah transaksi dengan bank yang merilis kartu kredit Anda sehingga transaksi tidak dapat diproses ketika sudah mencapai batas transaksi

Perhatikan Laporan Kartu Kredit
Selalu cek laporan penggunaan kartu kredit Anda secara berkala untuk mengetahui adanya transaksi yang mencurigakan ataupun tidak dikenal.