Berbagai sepatu futsal Joma bisa Anda beli dengan harga murah secara online! Artikel ini akan membahas perbedaan antara futsal dan sepakbola.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Joma Indonesia – Futsal dan Sepakbola Mirip Tapi Berbeda

Apakah Anda suka menonton pertandingan sepakbola? Suka bermain sepakbola? Bagaimana dengan futsal? Futsal dan sepakbola adalah dua jenis olahraga yang sangat mirip, namun sebenarnya berbeda. Futsal adalah versi mini dari sepakbola, hehe! Ada beberapa hal yang membedakan futsal dengan sepakbola, salah satunya dapat dilihat dari jenis lapangan. Biasanya, sepakbola dimainkan di lapangan terbuka dan di atas rumput hijau. Rumput lapangan sepakbola asli lho, beserta tanah pada bagian bawah. Ada juga sih lapangan sepakbola yang menggunakan rumput sintetis. Sementara itu, lapangan futsal menggunakan rumput sintetis dengan lapisan berupa semen.

Anda dapat bermain futsal di lapangan indoor maupun outdoor. Bagi Anda yang tidak ingin panas-panasan bermain bola, main futsal di lapangan indoor saja! Ukuran lapangan futsal juga lebih kecil, hanya dua puluh lima hingga empat puluh dua meter (panjang) dan lima belas hingga dua puluh lima meter (lebar). Lapangan sepakbola jelas sangat besar, dari sembilan puluh hingga seratus dua puluh meter (panjang) dan empat puluh lima hingga sembilan puluh meter (lebar). Karena lapangan futsal lebih kecil dari lapangan sepakbola, maka gawang futsal juga berukuran lebih kecil dari gawang sepakbola. Gawang futsal hanya setinggi dua meter dan selebar tiga meter, sementara gawang sepakbola lebih tinggi sedikit dari dua meter dan lebarnya sekitar tujuh meter.

Jika ingin bermain sepakbola, Anda harus memiliki sebelas orang pemain dalam satu tim. Pemain dalam tim sepakbola memiliki posisi khusus yang telah ditentukan, termasuk kiper. Sebelas pemain ini belum termasuk pemain cadangan, lho! Futsal dilakukan dalam kelompok kecil, biasanya hanya lima ornag per tim dan termasuk kiper. Saat bermain futsal, Anda dapat memiliki jumlah pemain cadangan sesuka hati karena permainan futsal lebih fleksibel. Terkadang, orang bermain futsal dengan bola sepakbola, namun sebenarnya futsal memiliki bola sendiri. Ukuran dan bola futsal dan sepakbola berbeda, lho! Begitu juga dnegan tekanan dan pantulan yang dihasilkan, kedua bola tersebut berbeda. Untuk ukuran, bola sepakbola lebih besar, namun untuk berat, bola futsal lebih berat.

Durasi pertandingan futsal dan sepakbola juga berbeda. Ukuran lapangan futsal yang jauh lebih kecil memungkinkan pemain untuk mencetak gawang lebih cepat, maka durasi pertandingan hanya empat puluh menit (terbagi atas dua babak). Sementara itu, durasi pertandinga sepakbola adalah sembilan puluh menit, juga terbagi atas dua babak. Pada pertandingan futsal, jika hasil skor kedua tim seri maka tambahan waktu hanya sepuluh menit saja. Untuk sepakbola, tambahan waktu pertandingan cukup panjang, tiga puluh menit. Nah, mengenai waktu istirahat, para pemain futsal hanya memiliki waktu istirahat selama sepuluh menit dan maksimal satu kali time out per babak. Para pemain sepakbola dapat beristirahat selama lima belas menit, dihitung diluar dari lama pertandingan.

Dalam pertandingan futsal, hanya boleh terdapat maksimal lima pelanggaran. Aturan pelanggaran ini berbeda dengan sepakbola dimana tidak terdapat Batasan untuk pelanggaran. Jika ada pemain yang melanggar maka akan diberikan kartu kuning atau kartu merah sesuai dengan berat pelanggaran yang dilakukan. Jumlah wasit dalam futsal dan sepakbola juga berbeda, lho! Membahas mengenai kartu merah, pemain sepakbola yang terkena kartu merah tidak boleh melanjutkan permainan dan tidak boleh diganti dengan pemain cadangan. Akibatnya, jumlah pemain dalam tim berkurang satu orang. Lain halnya dengan futsal, pemain yang dikenakan kartu merah masih boleh bermain dan dapat diganti dengan pemain cadangan setelah dua menit atau setelah tim lawan mencetak gol. Beralih ke wasit, dalam futsal, terdapat dua orang wasit yang berada di luar lapangan. Sementara itu, sepakbola hanya memilliki seorang wasit di dalam lapangan dan tambahan dua orang wasit sebagai penjaga garis.

Ikuti Tips ala Joma Agar Menemukan Sepatu Futsal Terbaik!

Bagi Anda yang baru pertama kali bermain futsal, memilih sepatu futsal memang membingungkan. Satu hal yang perlu diingat adalah tidak perlu memaksakan diri, pilihlah sepatu futsal yang sesuai dengan budget Anda. Jika Anda ingin memiliki sepatu futsal yang bermutu bagus dengan harga terjangkau, Anda bisa mendapatkan sepatu Joma secara online di iPrice Indonesia. Joma adalah perusahaan asal Spanyol yang memproduksi aneka perlengkapan olahraga. Selain menawarkan aneka sepatu futsal Joma, Anda juga bisa mendapatkan pakaian Joma, lho! Sepatu futsal Joma rata-rata dapat Anda miliki dengan harga di bawah lima ratus ribu rupiah. Sangat terjangkau, bukan?

Setelah menentukan budget, pilihlah sepatu futsal sesuai dengan bentuk kaki Anda. Pada umumnya, terdapa dua macam bentuk kaki yaitu slim fit dan wide fit. Apakah kaki bagian depan Anda lebar atau menyempit? Memakai sepatu futsal yang sesuai dengan bentuk kaki Anda akan membuat Anda merasa nyaman saat bermain. Untuk mengetahui bentuk kaki Anda, basahi kaki Anda lalu menapaklah di atas kertas. Dari bekas yang terbentuk, Anda dapat mengetahui bentuk kaki Anda. Selanjutnya, sesuaikan sepatu futsal dengan permainan Anda. Jika Anda sering menjadi passer, sepatu futsal dengan sol melebar sangat cocok untuk passing dan mengontrol. Jika Anda adalah dribbler, pilihlah sepatu futsal yang ringan agar mudah bergerak.

Perhatikan juga ukuran sepati futsal tersebut. Sepatu futsal yang baik adalah setidaknya satu sentimeter lebih besar dari ukuran kaki agar kaki terasa lebih nyaman. Perhatikan juga bahan luar dan dalam sepatu, apakah cukup lembut demi kenyamanan kaki. Pilihlah sol sepatu futsal yang empuk dan anti slip agar Anda tidak terpeleset saat bermain futsal. Selamat bermain futsal dengan Joma!

NEW