JVC sejak lama telah menjadi salah satu produsen perangkat audio yang dipercaya banyak orang. Di iPrice Indonesia, Anda dapat menbeli beragam produk brand ini, mulai dari headphone hingga tape mobil. Tautan ini akan memperluas wawasan Anda tentang headphone

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Apakah Sudah Waktunya Beralih ke JVC Indonesia?

Semua orang tentunya memiliki headphone. Satu pasang, setidaknya. Terlebih, perangkat ponsel pintar masa kini mempunyai fitur hiburan berkualitas tinggi. Mulai dari kemampuan memutar lagu dalam waktu panjang hingga memutar file video dengan visualisasi gambar yang ciamik berkat layar sentuh berteknologi tinggi. Akan sangat sayang bila semua fitur itu terabaikan begitu saja karena kita tidak memiliki headphone untuk menikmatinya dengan seksama.

Sejak semua orang memiliki smartphone, bisnis headphone tumbuh menjadi lebih besar. Kebutuhan orang-orang akan perangkat ini semakin meningkat tahun ke tahun. Semakin banyak pula produsen baru yang menawarkan headphone dengan berbagai pilihan harga, desain, warna, fitur dan ketenaran.

Iya, ketenaran. Bila Anda perhatikan, beberapa tahun belakangan banyak merek yang menggunakan nama-nama tenar untuk mempromosikan produk mereka.

Tapi bila berbicara tentang konsistensi di dalam industri headphone, maka nama JVC tidak dapat dipinggirkan. Merek ini bukanlah pemain baru di dalam kompetisi headphone.

Sejak lama, berbagai produk dari JVC telah menjadi pilihan orang-orang untuk memenuhi kebutuhan audio-nya. Tak berbatas pada ear audio untuk kuping, tapi juga untuk kepentingan audio di dalam mobil dan home theater.

Dapat Anda lihat di bagian atas halaman ini, etalase JVC di iPrice Indonesia tidak hanya berisi produk headphone. Ada headset hingga tape mobil. Lalu, apakah sudah saatnya Anda memercayakan JVC sebagai solusi audio Anda?

Mari Menilik Industri Headphone

Industri audio, khususnya headphone, semakin bergeliat. Banyak produk headphone baru dirilis setiap tahun bahkan setiap bulan. Pengguna dapat lebih mudah memilih headphone sesuai keinginannya.

Tapi, fenomena kebanjiran headphone ini membawa dampak yang tidak sehat untuk sebagian orang. Pasalnya ada sebagian headphone yang diklaim terbaik namun dibanderol dengan harga mahal. Apakah headphone mahal ini benar-benar memberikan pengalaman audio yang lebih baik?

Pertanyaan ini bukanlah hal yang mudah dijawab. Tanpa bantahan, semua orang menginginkan audio yang berkualitas terbaik. Tapi, menilai suara adalah hal subjektif yang dapat dilakukan seorang manusia. Karena itu, apa indikator idealnya sebuah headphone?

Menurut kami, ada lima hal yang mempengaruhi kelayakan sebuah headphone, yaitu:

  1. Headphone yang memiliki volume tidak terlalu keras agar tidak menimbulkan pengang atau kerusakan pada telinga.
  2. Headphone harus nyaman dan pas melekat di telinga.
  3. Fisik yang kuat. Anda tidak akan tahu kapan headphone akan terjatuh.
  4. Kabel-kabel harus fleksibel karena tidak setiap saat Anda dapat memastikan kabel agar tidak terhipit, tertarik atau terlilit.
  5. Bahan pada bantalan headphone harus yang terbaik. Bahan murahan akan mudah tergerus, robek atau membuat telinga berkeringat karena kepanasan.

Selain lima hal di atas, Anda harus memahami sejumlah hal di bawah ini.

In-ear

In-ear adalah salah satu tipe sebuah headset. Disebut juga sebagai in-ear monitor, umumnya benda ini memiliki dua manfaat. Pertama, in-ear yang berada dekat gendang telinga membuat suara terdengar lebih jernih. Kedua, benda ini mengisi ruang di lubang telinga sehingga dapat meminimalisir gangguan suara dari luar.

On-ear

Ada orang yang tidak nyaman ketika menggunakan in-ear headphone karena merasa ada yang mengganjal di dalam lubang telinga. Bagi orang-orang seperti ini, on-ear headphone dapat dipilih sebagai altiernatif. Sama seperti namanya, on-ear headphone terletak di atas lembaran kuping.

Over-ear

Headphone tipe ini menutup semua lembaran kuping. Biasanya, orang-orang yang menggunakan tipe over-ear headphone adala mereka yang ingin menigkatkan suara bass sekaligus tak ingin mengorbankan kejernihan suara vokal.

Karena menutupi keseluruhan daun telinga, maka over-ear headphone juga menjadi salah satu noise isolator yang baik. Hanya saja, ukuran yang besar membuat benda ini tidak terlalu ideal untuk dibawa kemana-mana.

Mengenal Sejumlah Fitur Spesial pada Headphone

Terlepas dari tiga jenis yang sebelumnya telah kita bahas, headphone memiliki sejumlah fitur spesial yang dapat Anda pertimbangkan. Semakin Anda membutuhkan fitur itu, maka artinya itulah perangkat headphone yang tepat untuk Anda.

  • Noise Cancellation

Noise Cancellation adalah fitur yang dimiliki headphone untuk mereduksi level kebisingan yang berasal dari lingkungan sekitar Anda. Fitur ini memproduksi gelombang yang berfrekuensi sama dengan suara berisik di sekitar sehingga suara yang Anda dengar dari headphone tetap jernih.

Nyaris tidak ada kelemahan pada headphone yang memiliki fitur spesial ini. Namun, headphone berfitur Noise Cancellation biasanya lebih mahal dari headphone biasa tanpa fitur serupa.

  • Noise Isolation

Headphone tipe ini mengisolasi telinga dari suara luar agar pendengaran dapat fokus mendengar audio dari dalam driver pada headphone. Apa bedanya dengan Noise Cancellation? Mudah saja, headphone tipe Noise Cancellation membuat gelombang tandingan untuk melawan suara berisik dari sekitar. Sedangkan, headphone yang ini hanya mengisolasi telinga.

  • Wireless Headphone

Ini adalah fitur baru yang dikembangkan sejumlah produsen headphone baru-baru ini. Headphone yang tidak menggunakan kabel memakai sambungan Bluetooth untuk mengkoneksikan headphone dengan perangkat pemutar audio. Dengan konsep wireless, pengguna dapat lebih leluasa bergerak tanpa perlu memikirkan keterbatasan kabel.

Cara Mengetes Headphone

Kenyamanan dalam menggunakan headphone adalah aspek paling penting. Anda dapat melakukan pengetesan pada headphone yang ingin dibeli. Pertama, ketika mencoba headphone, diamkan selama 15 menit atau lebih. Ada headphone yang terasanya nyaman ketika pertama kali dikenakan namun dapat membuat telinga nyeri setelah dipakai dalam jangka panjang.

Kedua, pastikan suara headphone sesuai dengan yang Anda inginkan. Putarlah lagu favorit yang biasa Anda dengar agar dapat membandingkan suara headphone lama dengan headphone baru.

NEW