Drone adalah alat bantu berbentuk seperti mini helikopter yang berfungsi untuk mengambil foto/video dari atas. Berbagai merk dan juga model bisa kamu temukan di pasaran. Di antaranya merk yang terkenal seperti MJX, DJI, Xiaomi, JJRC dan banyak lainnya. Jika kamu senang untuk membuat konten misalnya untuk konten travelling, maka kamera drone bisa jadi pilihan. Kamu bisa mengeksplor lebih banyak untuk konten dokumentasi yang unik dan berbeda. Cek langsung harga drone yang terbaik sesuai dengan preferensi kamu di iPrice Indonesia.

Tipe Berdasarkan Ukuran | Cara Memilih Drone yang Bagus

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Daftar Harga Kamera Drone Terbaik 2021

10 Produk Terbaik Harga Toko
DJI Mavic Mini Rp 4.542.900 Bukalapak
DJI Phantom 3 Rp 4.495.000 Tokopedia
DJI Phantom 4 Pro Rp 17.499.000 Shopee
DJI Mavic Pro Fly More Combo Rp 13.400.000 Bukalapak
SYMA X8 PRO Rp 1.226.000 Tokopedia
DJI Phantom 4 Rp 11.760.000 Lazada
DJI Spark Fly More Combo Rp 5.800.000 Tokopedia
DJI Phantom 3 Professional Rp 9.990.000 Shopee
DJI Inspire 2 Rp 39.900.000 Tokopedia
DJI Phantom 4 Pro Plus Rp 16.500.000 Shopee
Terpopuler
DJI Mavic Mini

Termurah di Bukalapak Rp 4.542.900 Kunjungi Toko

Membuat Konten Lebih Menarik dengan Drone

Seiring dengan perkembangan zaman, dunia fotografi sudah berubah. Contohnya DSLR, kamera canggih ini dulunya hanya dipakai oleh fotografer profesional. Namun, sekarang banyak orang awam yang memiliki DSLR karena semakin hobi foto dan traveling. Selain DSLR, kamera lainnya yang sedang booming adalah drone.

Drone adalah teknologi berupa kendaraan udara yang menyerupai helikopter atau pesawat terbang. Untuk mengendalikannya, seseorang dapat memakai remote control dan memantau daerah sekitar yang ditangkap oleh kamera drone melalui monitor.

Berbagai Tipe Drone Berdasarkan Ukuran

Drone yang tersedia di iPrice Indonesia adalah tipe komersial, berbeda dengan yang dipakai oleh anggota militer dan mata-mata. Versi militer lebih besar dan dilengkapi dengan senjata. Sementara versi komersial lebih kecil dan ringan, biasanya dipakai untuk keperluan pribadi. Ada berbagai jenis kamera drone komersial yang bisa kamu temukan di pasaran.

  • Drone super kecil: Bagi kamu yang ingin memata-matai seseorang, bisa memilih ukuran super kecil yang ukurannya hanya sebesar serangga. Ukuran nano atau micro ini rotornya sangat spesial, dapat memutar di tempat sempit.
  • Drone kecil: Ukurannya kecil lebih besar daripada nano, tapi tetap kecil. Ukurannya ini tidak sampai dua meter dan sayapnya tak dapat bergerak. Saking kecil dan ringannya, kamu bisa melemparkan ke udara dan akan terbang secara otomatis.
  • Drone medium: Untuk ukuran medium, beratnya bisa mencapai 200 kilogram. Tapi tenang saja, tipe ini lebih kecil dari pesawat ringan. Sementara itu, ukuran besar berukuran hampir sama seperti pesawat kecil yang sering dipakai anggota militer. Biasanya, tipe ini dipakai untuk mengintai area berbahaya.
  • Drone besar: Hadir dengan kapasitas baterai yang berbeda-beda, ada yang dapat terbang dalam jarak super dekat atau medium. Pada umumnya, drone mainan hanya dapat terbang sejauh lima kilometer dan selama dua puluh menit hingga satu jam. Ada juga drone yang dapat terbang sejauh lima puluh kilometer dan bertahan hingga enam jam. Nah, tipe ini biasanya dipakai oleh anggota militer. Bahkan yang dipakai oleh agen mata-mata tentu lebih canggih, ada yang dapat terbang sejauh seratus lima puluh kilometer dan terbang di udara selama dua belas jam. Juga sangat berguna untuk memantau cuaca, karena itu diciptakan alat yang dapat terbang sejauh 650 kilometer untuk keperluan geologi.

Jenis drone juga dapat dilihat dari jumlah baling-balingnya. Drone multirotor memiliki beberapa baling-baling, seperti DJI. Ada juga yang memiliki satu baling-baling atau sayap seperti pesawat. Berdasarkan fungsinya, dibedakan menjadi delivery drone, photography drone, quadcopters (mainan dengan empat buah baling-baling pada setiap ujungnya), racing drone dan GPS drone.

Cara Memilih Drone yang Bagus

Saat ini memang banyak alasan untuk membeli kamera drone terbaru. Baik untuk keperluan profesional atau bagi pemula yang ingin belajar jadi pilot drone. Jika kamu sedang mencari cara untuk memilih drone yang bagus, ini dia beberapa hal yang harus kamu tahu.

Pilih Sesuai Preferensi Kamu

Kamu tau tidak kalau kamu bisa merakit sendiri untuk lebih menyesuaikan preferensi kamu. Namun, kamu memang perlu tahu dasar-dasar coding dan juga pengkalibrasian DIY kamu ini. Kalau kamu tidak ingin repot, kamu bisa memilih untuk membeli yang ready-to-fly (RTF) atau almost-ready-to-fly (ATF) dari berbagai merk yang bisa kamu pilih. Satu yang paling penting adalah ikuti instruksi manual supaya pengoperasian lebih maksimal.

Pilih Quadcopter Jika Kamu Pemula

Jika kamu pemula, kamu bisa memilih drone quadcopter. Quadcopter ini lebih mudah dioperasikan bagi pemula, supaya lebih familiar dengan dasar-dasar penerbangan dan navigasi. Apalagi tipe ini juga lebih stabil berkat adanya frame X dan H.

Sesuaikan dengan Budget yang Kamu Miliki

Jika kamu punya budget terbatas, pilihannya juga semakin terbatas. Apalagi jika kamu menginginkan alat dengan umur baterai yang panjang, atau sistem penstabil foto atau video. Meski begitu, kamu masih bisa menemukan toko-toko yang jual drone murah dan masih bisa kamu gunakan untuk berbagai kondisi. Kamu bisa pilih yang lebih ringan dan murah untuk penggunaan di dalam ruangan. Selain itu, kamu juga bisa gunakan untuk aerial selfie. Cek saja langsung harga drone di Indonesia di sini ya.

Perhatikan Kualitas Kamera Drone

Kamera built-in yang dipasang juga harus jadi salah satu pertimbangan kamu saat memilih. Apalagi saat ini sudah mulai beragam kamera drone yang bisa merekam gambar hingga resolusi 4K. Jadi saat kamu memilih, cek lebih detail ya tentang kameranya ini. Atau kalau kamu sudah memiliki action cam sendiri, kamu bisa pilih yang tanpa kamera built-in.

Harga Drone yang Termurah di iPrice Indonesia

Sudah memilih drone yang kamu suka? Ini dia saat yang tepat untuk mendapatkan harga drone yang termurah! Kamu bisa dapatkan dan bandingkan harganya di iPrice Indonesia. Gunakan fitur Pembanding Harga untuk membandingkan harga yang dijual online oleh sebuah toko online dengan toko online lainnya!

NEW