Kamera mirrorless merupakan kamera digital berukuran kecil dan ringkas. Kamera tipe ini tidak memiliki cermin dan prisma. Cara kerjanya dengan membidik objek foto secara live view dari LCD kamera. Tipe kamera ini cukup populer karena mudah dibawa ke mana saja dan penggunaannya juga lebih mudah. Nah, untuk kamu yang tertarik dengan kamera ini, simak penjelasan lengkapnya di sini. Temukan berbagai merek dan harga kamera mirroless di iPrice Indonesia.

Rekomendasi Merek Kamera Mirrorless | Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kamera Mirrorless

_

Daftar Harga Kamera Mirrorless Terbaik 2021

10 Produk Terbaik Harga Toko
Sony Alpha A6000 Rp 5.799.000 Lazada
Canon EOS M10 Rp 3.925.000 Lazada
Canon EOS M50 Rp 7.230.000 Lazada
Canon EOS M3 Rp 4.300.000 Bukalapak
Canon EOS M100 Rp 3.650.000 Lazada
Fujifilm X-A5 Rp 4.200.000 Lazada
Fujifilm X-A3 Rp 4.100.000 Bukalapak
Fujifilm X-T100 Rp 5.450.000 LazMall by Lazada
Fujifilm X-A10 Rp 3.699.000 Lazada
Canon EOS M6 Rp 6.000.000 Tokopedia
Terpopuler
Sony Alpha A6000

Termurah di Lazada Rp 5.799.000 Kunjungi Toko

Informasi Lengkap Seputar Kamera Mirrorless

Beberapa kamu mungkin cukup familiar dengan kamera DSLR atau kamera pocket digital. Namun, kamera DSLR ini tergolong besar dan berat untuk dibawa kemana saja. Sementara kamera pocket digital kurang memuaskan karena tidak secanggih DSLR. Nah, tenang saja! Kamu harus berkenalan dengan kamera mirrorless, kamera kecil dengan kemampuan yang menyamai DSLR.

Penasaran sama tipe kamera yang disebut-sebut menyamai DSLR? Simak informasi lengkapnya di sini. Kamu bagikan cara kerja, rekomendasi, hingga harga kamera mirrorless paling update:

Apa itu kamera mirrorless?

Sesuai dengan namanya, kamera mirrorless adalah kamera yang tidak memiliki cermin yang dikenal dengan istilah Mirrorless Interchangeable Lens Camera (MILC). Pada kamera DSLR, terdapat cermin dan prisma yang bekerja untuk memantulkan cahaya. Sementara pada MILC cermin dan prisma ini dihilangkan demi mengecilkan ukuran kamera serta membuatnya lebih ringan.

Cermin dan prisma inilah sebenarnya yang berfungsi membelokkan cahaya dari lensa ke jendela bidik optik. Makanya, kamu tidak akan menemukan jendela bidik optik pada tipe mirrorless ini. Kamu hanya bisa membidik objek foto dengan cara live view dari LCD kamera.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kamera Mirrorless

Menggunakan kamera mirrorless memang lebih praktis karena kecil dan ringan. Tetapi sebenarnya ada kelebihan dan kekurangan lainnya yang perlu kamu ketahui. Simak penjelasan berikut:

Kelebihan

  • Ukuran yang kecil dan bobot yang ringan: Salah satu hal yang paling menguntungkan dari menggunakan tipe mirroless ini adalah ukurannya yang kecil serta sangat ringan. Sangat ringkas untuk dibawa kemana saja, terutama untuk kamu yang selalu membawa kamera kemana saja baik untuk traveling, hangout, atau kerja.
  • Mengunci fokus langsung dari sensor gambar: Tidak perlu khawatir tentang keakuratan titik fokus karena kamera mirrorless cukup andal. Kamera ini bekerja meneruskan gambar dari sensor pada lensa ke layar. Kamu jadi bisa melihat secara akurat titik fokus untuk membantu memotret dengan lebih baik. Jangan kaget ketika menyalakan kamera ini dan layarnya gelap. Itu berarti sensor belum aktif.
  • Suara jepretan lebih pelan: Menariknya lagi, suara jepretan kamera ini lebih pelan. Berbeda dengan kamera lainnya yang suaranya cukup kencang.
  • Mudah disambungkan dengan aplikasi smartphone: Mirrorless merupakan salah satu tipe kamera yang sangat mudah disambungkan dengan aplikasi smartphone. Biasanya setiap merek sudah menyediakan aplikasi tersendiri untuk mentransfer gambar secara instan melalui sambungan Bluetooth.

Kekurangan

  • Hanya bisa membidik melalui layar: Pada tipe mirrorless, kamu hanya bisa membidik objek foto melalui preview layar atau Electronic Viewfinder (EVF) saja. Sebenarnya memang tidak masalah mau membidik dengan viewfinder apa saja. Namun, jika melihat layar pada siang hari, gambar lebih sulit dilihat akibat sinar matahari. Cukup merepotkan bukan? Tetapi salah satu keunggulan ECF adalah preview gambar akan sama seperti hasil jepretan.
  • Kapasitas baterai tidak besar: Salah satu kekurangan lainnya dari kamera ini adalah kapasitas baterainya yang kecil. Selain itu baterainya juga lebih boros karena kamu memotret dengan mengandalkan EVF. Makanya jika kamu akan beraktivitas cukup lama atau traveling dengan kamera ini, sebaiknya menyiapkan baterai cadangan.

Rekomendasi Merek Kamera Mirrorless

Ada banyak merek yang memproduksi kamera mirrorless dengan berbagai seri. Beberapa di antaranya adalah:

Fujifilm

Merek Fujifilm merupakan salah satu yang tertua di industri fotografi. Kamera mirrorless Fujifilm sendiri banyak diminati di Indonesia karena beberapa alasan. Kamera Fujifilm sangat mudah digunakan untuk pemula, desainnya beragam mulai dari modern hingga retro atau vintage, pilihan warnanya banyak, dan tersedia seri untuk pemula hingga profesional. Beberapa kamera Fujifilm yang bisa kamu pilih antara lain Fujifilm XT-20, X-Pro2, X-T100, XH-1, dan masih banyak lainnya. Harga kamera merk ini sendiri masih tergolong terjangkau. Tapi ada juga yang mahal karena teknologinya yang lebih canggih.

Sony

Sony Alpha dikenal sebagai salah satu brand kamera berkualitas tinggi. Dari segi teknologinya jelas Sony sangat unggul dibandingkan kebanyakan brand lainnya. Tak mengherankan jika harga kamera ini juga tergolong mahal. Kamera Sony sendiri punya desain yang khas dan teknologi pemotretannya sangat profesional. Hasil gambarnya terbilang sangat bagus sehingga banyak sekali yang berminat dengan kamera ini. Jika kamu tertarik untuk memilikinya, kamu bisa memilih Sony a6100, Sony a6300, Sony A7 III, dan masih banyak lainnya. Harga kamera Sony ini tergolong lebih tinggi dibandingkan kebanyak merk lainnya. Sebaiknya pikir baik-baik dulu sebelum membelinya

Dapatkan Harga Kamera Mirrorless Terbaik di iPrice

Semakin tertarik memiliki kamera mirrorless? Sekarang kamu bisa beli dengan harga terbaik di iPrice Indonesia. Temukan harga kamera mirrorless dari berbagai e-commerce se-Indonesia. Dapatkan juga promo untuk harga kamera mirrorless dengan menggunakan kupon diskon dari iPrice. Di iPrice, kamu bisa filter harga yang termurah dari berbagai toko online se-Indonesia.

Tunggu apalagi! Yuk, buruan belanja sekarang dan jangan ketinggalan harga promonya!

NEW