Temukan koleksi berbagai macam bak mandi dan perlengkapan bayi lainnnya secara lengkap di iPrice Indonesia. Klik artikel ini untuk tips cara memandikan bayi di bath tub yang benar.

IKEA Lion Star Baby Safe Puku Chicco Babysafe Zwitsal Bestway Onyx Unik Pliko Universal QV Malish Kuma Kuma Kiddy China OEM Aveeno Fisher-Price Sugar Baby Pure Baby Corine de Farme Cussons Baby Bambi Shinpo
_

Ragam Bak Mandi Bayi Terpopuler di Indonesia

Kegiatan memandikan bayi merupakan rutinitas yang menyenangkan, karena selain bisa bermain dan bercanda dengan bayi Anda, kita juga bisa membentuk bonding yang lebih baik dengan sang buah hati. Kini terdapat banyak sekali peralatan mandi bayi dengan berbagai macam model dan fungsi yang bisa Anda pilih sesuai kenyamanan Anda. Saat ini ada beberapa jenis bak mandi bayi yang sedang tren di Indonesia, yaitu baby bather dan baby bath tub. Perbedaan di antaranya sebenarnya tidak terlalu mencolok, baby bather adalah alat untuk menopang bayi untuk mandi yang berbentuk seperti kursi sehingga bayi Anda dapat telentang atau duduk senderan dengan nyaman. Sedangkan baby bath tub adalah bak mandi di mana bayi Anda bisa berendam sambil dimandikan. Baby bath tub ini juga terbagi dalam dua jenis, bath tub yang terbuat dari plastik dan bath tub yang bentuknya seperti balon yang perlu dipompa terlebih dahulu dan dapat disimpan atau dilipat.

Berikut terdapat beberapa produk bak mandi bayi untuk referensi Anda:

  1. Richell – Inflatable Soft Baby Bath Tub
  2. Agabang – Baby Bath Tub Bak Mandi Bayi (Mint)
  3. TOMINDO – Hello Kitty Inflatable Baby Bath Tub
  4. Puku – Petite Baby Bath Tub P17011

Cara Memandikan Bayi di Bak Mandi Bagi Pemula

Bagi sebagian orang yang baru menjadi orang tua tentu ada yang mengalami rasa deg-degan atau ketakutan untuk memandikan bayinya sendiri. Ada yang deg-degan karena takut salah memandikan bayi, takut bayinya tejatuh, takut terpeleset, takut telinga bayi kemasukkan air, dan lain-lain. Namun jangan khawatir, Anda dapat dengan mudah memandikan bayi Anda asal Anda mempersiapkan hal-hal berikut ini:

  • Persiapkan air mandi

Persiapkan air untuk memandikan bayi Anda terlebih dahulu di dalam ember. Pakailah air dengan suhu hangat-hangat kuku. Ingatlah bahwa kadar hangat untuk bayi dengan kadar hangat orang dewasa jauh berbeda. Untuk memudahkan pengukuran, kira-kira setengah ember air berukuran sedang cukup ditambahkan satu atau dua gayung air panas.

Sebenarnya air dapat membuat kulit bayi Anda kering, apalagi jika Anda menggunakan air dingin. Pastikan Anda tidak memakai air yang mengandung klorin atau bahan keras lainnya yang dapat menyebabkan hilangnya kelembaban kulit bayi yang bisa membuat iritasi dan merah-merah.

  • Siapkan perlak bayi

Untuk bayi yang masih berumur di bawah satu bulan, Anda bisa meletakkan bayi Anda di perlak, tidak langsung dimasukkan ke dalam bak mandi. Dengan perlak ini, Anda dapat dengan mudah memandikan bayi Anda dan mencegah menyiram bayi Anda dengan air yang sudah bercampur sabun.

  • Memakai washlap

Bagi Anda yang masih takut membersihkan dengan tangan langsung, Anda juga bisa menggunakan washlap untuk membersihkan badan bayi. Basahi washlap ke air kemudian teteskan sabun bayi sedikit, lalu usapkan ke badan bayi secara lembut. Usahakan Anda menggunakan sabun bayi yang menyatu dengan sampo sehingga cocok dipakai ke rambut hingga badan dan tidak menimbulkan pedih di mata.

  • Memakai Baby Bather

Kalau bayi Anda sudah memasuki usia sebulanan, Anda dapat menggunakan baby bather untuk memudahkan Anda memandikannya. Anda cukup mendudukkan bayi Anda di baby bather, menyabunkannya secara perlahan, dan bilas sedikit-sedikit.

  • Bersihkan Area-Area Tertentu

Bersihkan bayi Anda mulai dari area sekitar mata dengan lembut, lalu dilanjut bagian hidung, telinga, mulut dari tengah menuju ke luar. Jangan lupa bagian leher dan belakang telinga. Anda tidak perlu membersihkan bagian hingga ke dalam-dalam seperti telinga bayi, Anda tidak perlu mengorek-ngorek hingga dalam untuk mencegah iritasi.

Jangan lupa untuk membersihkan bagian organ kelamin bayi, jika bayi Anda perempuan, bersihkan kelamin bayi dari arah vagina ke pantat. Sedangkan untuk bayi laki-laki bersihkan dari arah penis ke anus. Hal ini untuk mencegah kuman-kuman dari area anus tidak masuk ke kemaluan bayi.

  • Gunakan Bak Mandi

Anda juga dapat menggunakan bak mandi agar dapat memandikan bayi Anda lebih mudah. Cukup meletakkan bayi Anda di bak mandi dan lakukan pembersihan tubuhnya di bak mandi khusus bayi. Sekarang banyak model bak mandi yang bisa Anda pilih dengan warna pink, putih, biru yang menarik.

  • Keringkan Bayi Anda dengan Handuk

Setelah selesai memandikan bayi Anda, segera keringkan badannya dengan handuk yang lembut. Mengeringkan badannya cukup ditepuk-tepuk secara lembut dengan handuk, tidak perlu digosok-gosok. Setelah itu kenakan bayi Anda dengan pakaian kering dan lembut. Selesai, deh!

Dapatkan Produk Bak Mandi di iPrice Indonesia

Setelah mengetahui bagaimana cara memandikan bayi, Anda pasti ngidam memiliki bak mandi lucu-lucu untuk bayi Anda, kan? Anda bisa mendapatkan produk bak mandi dengan harga termurah di situs iPrice Indonesia, lho! Yuk, belanja online sekarang!

NEW