Iprice Indonesia menjual berbagai macam termometer terlengkap mulai dari temometer beeper, termometer digital hingga termometer inframerah. Simak artikel ini untuk mengetahui kelebihan dari termometer inframerah.

_

Saatnya Tinggalkan Termometer Jadul Anda

Hal pertama yang berada di benak Anda saat mendengar alat termometer pasti terbayang alat pengukur suhu konvensional yang berfungsi untuk mengukur suhu tubuh dengan cara dijepitkan di ketiak atau bawah lidah seseorang. Ternyata cara konvensional ini sudah mulai ditinggalkan semenjak munculnya teknologi terbaru bernama termometer inframerah. Mungkin Anda sedikit asing dengan jenis termometer, namun termometer jenis inframerah merupakan alat pengukur suhu multifungsi yang sangat berguna bagi Anda.

Termometer inframerah atau bisa disebut sebagai termometer laser adalah sebuah alat ukur suhu yang dapat mengukur temperatur tanpa bersentuhan langsung dengan obyek yang akan diukur. Termometer inframerah menawarkan kemampuan untuk mendeteksi temperatur secara optik pada objek yang diamati menggunakan radiasi energi sinar inframerah. Prinsip dasar termometer inframerah adalah semua obyek memancarkan energi inframerah yang bila temperatur semakin panas suatu benda, maka molekulnya semakin aktif dan semakin banyak energi inframerah yang dipancarkan.

Alat utama dari termometer inframerah adalah lensa pemfokus energi inframerah pada detektor, yang mengubah energi menjadi sinyal elektrik yang bisa ditunjukkan dalam unit temperatur setelah disesuaikan dengan variasi temperatur lingkungan. Dengan demikian, termometer inframerah tidak perlu menyentuh objek secara langsung karena dapat menangkap energi panas dari pancaran inframerah dari objek yang diamatinya. Alat ini tentunya sangat berguna dalam pengukuran apa saja mulai dari pengukuran dalam industri maupun dalam pemakaian umum.

Kegunaan Termometer Inframerah

Melihat kecanggihan termometer inframerah dalam mengukur suhu membuat alat ini sangat berguna dalam berbagai macam kegiatan, seperti:

  1. Mengukur suhu benda yang bergerak, contoh: conveyor, mesin, dan lain-lain
  2. Mengukur suhu benda yang berbahaya, seperti benda bertegangan tinggi, benda yang jaraknya sulit dijangkau
  3. Mengukur suhu benda yang suhunya terlalu tinggi: furnace, thermocouple
  4. Memerika suhu pemanas atau oven untuk tujuan kontrol atau kalibrasi
  5. Mendeteksi titik api/diagnosa pada produksi papan rangkaian listrik
  6. Memeriksa titik api bagi pemadam kebakaran
  7. Mendeteksi suhu tubuh makhluk hidup seperti manusia dan hewan

Keunggulan Termometer Inframerah

Selain kegunaan yang bermacam-macam, termometer inframerah juga memiliki banyak keunggulan, seperti:

Mudah Dibawa

Umumnya alat termometer infra merah memiliki ukuran yang kecil, padat, ringan, dan mudah dimasukkan ke dalam kantung ketika tidak digunakan. Hal ini yang membuat termometer infra merah sangat praktis dan mudah dibawa ke mana-mana baik untuk keperluan industri atau proyek, dan kegunaan umum seperti pada praktik kesehatan atau di rumah tangga.

Pengukuran Secara Real-Time

Anda tidak perlu menunggu-nunggu beberapa detik/menit untuk mendapatkan hasil suhu suatu objek seperti yang dilakukan oleh termometer konvensional, karena termometer infra merah dapat dengan cepat memberikan hasil pengukuran suhu menggunakan teknologi pendeteksi infra merah tersebut.

Akurasi

Akurasi termometer infra merah biasanya kurang dari satu derajat. Akurasi dalam mendeteksi suhu ini sangat berguna pada penggunaan di industri, karena hal ini dapat memberikan kegiatan preventif dalam pemantauan alat-alat produksi dari kasus overheating. Dengan termometer infra merah, Anda dapat dengan cepat mendeteksi perubahan kecil pada suhu operasi sehingga Anda dapat dengan cepat melakukan perubahan untuk memecahkan masalah dan mencegah kegagalan peralatan dalam industri.

Penggunaan Keselamatan

Keamanan merupakan keunggulan termometer infra merah yang paling penting, karena termometer ini menggunakan laser yang mudah mengidentifikasi daerah sasaran dan dapat dengan aman membaca objek yang sulit untuk diakses. Hal ini tentunya secara efektif menghindari resiko karyawan dalam pekerjaan industri.

Berbagai Macam Termometer Ada di iPrice Indonesia

Anda bisa menemukan jenis-jenis termometer terlengkap yang bisa Anda dapatkan secara online di iPrice Indonesia. Mulai dari termometer konvensional hingga termometer infra merah. Salah satu brand terpopuler untuk produk termometer adalah dari Digi, Avico, dan BabyTalk. Segera dapatkan termometer Anda sekarang!

NEW