Dapatkan aneka perlengkapan dapur, ruang makan dan produk Kitchen lainnya dengan harga termurah di iPrice Indonesia! Klik artikel ini untuk mengetahui cara menyimpan makanan yang benar.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Bagaimana Cara Menyimpan Makanan yang Benar?

Bagi para ibu rumah tangga atau jomblo yang hidup mandiri, salah satu hal yang sangat penting dan harus diketahui adalah cara menyimpan makanan yang benar. Tidak semua jenis makanan dapat disimpan di dalam wadah kedap udara atau di dalam kulkas, bisa-bisa makanan tersebut malah menjadi rusak atau mencemari makanan lainnya! Apalagi jika Anda hobi memasak sudah berkeluarga atau sering membawa pulang makanan. Agar makanan Anda tetap segar dan tahan selama beberapa hari, ada baiknya Anda mengetahui cara menyimpan makanan sesuai jenisnya. Berikut adalah tips menyimpan makanan berdasarkan jenis-jenisnya yang dapat Anda ikuti:

Menyimpan Daging, Unggas & Ikan
Sebelum Anda menyimpan daging, unggas atau ikan ke dalam kulkas, jangan lepaskan pembungkusnya agar tidak ada bakteri dalam kulkas yang menempel. Apabila daging, unggas dan ikan yang Anda beli tidak dibungkus dengan plastik, letakkan saja di atas piring agar air yang keluar tidak menetesi makanan lain yang ada di kulkas.
Menyimpan Produk Susu
Susu yang ada di supermaket sebagian besar dijual dalam kardus karton. Ketika menyimpan susu di dalam kulkas, lebih baik Anda menuang susu ke dalam botol plastik terlebih dahulu karena bakteri mudah tumbuh dalam kardus karton. Minumlah susu dalam jangka waktu 7-10 hari setelah dibuka. Sementara itu, untuk keju, yoghurt dank rim yang telah dibuka kemasannya lebih baik diletakkan di atas piring lalu dibungkus dengan plastik. Jika keju sudah dimakan, bungkuslah dengan kertas aluminium.

Menyimpan Sisa Masakan
Makanan yang belum habis memang sayang untuk dibuang, jika ingin disimpan di dalam kulkas simpanlah di dalam wadah kedap udara dan tahan bocor agar bau makanan tersebut tidak menyebar kemana-mana. Pilihlah kotak kedap udara horizontal agar makanan menjadi lebih cepat dingin. Jangan mencampur sisa masakan dengan makanan mentah agar sisa makanan tidak terkontaminasi bakteri. Sebagai catatan tambahan, sisa masakan yang mengandung daging aman sebaiknya dikonsumsi dalam waktu 4 hari.
Menyimpan Buah
Banyak orang mencuci buah sebelum disimpan di dalam kulkas, hal ini sebenarnya salah! Mencuci buah sebelum disimpan d dalam kulkas akan membuat buah lebih cepat membusuk karena menjadi sangat lembab. Simpanlah buah-buahan di rak tengah yang terbuka. Perlu diketahui kalau tidak semua buah cocok disimpan di dalam kulkas, seperti pisang, jeruk, alpukat dan melon. Untuk menyimpan apel, bungkuslah di dalam plastik atau berdekatan dengan buah yang belum matang. Jika Anda ingin menyimpan buah yang telah dipotong, berikan perasan air lemon agar warnanya tidak menghitam atau bungkus dengan plastik. Sebagai catatan tambahan, buah segar dapat disimpan di dalam kulkas 1-2 minggu sementara buah potong hanya bertahan 3-4 hari saja.
Menyimpan Sayur
Sayur-sayuran membutuhkan kelembaban yang tinggi dan lebih cepat busuk daripada buah-buahan. Sebelum disimpan di dalam kulkas, cuci sayur hingga bersih, tunggu hingga kering lalu masukkan dalam kantong plastik berlubang atau dibungkus kertas. Letakkan sayur dalam rak atau laci khusus sayuran dan jauhkan dari bawang atau buah agar tidak cepat menguning.
Menyimpan Telur
Sebelum disimpan di dalam kulkas, cucilah telur untuk menghilangkan kotoran lalu lap hingga kering. Letakkan telur pada tempat yang telah tersedia di kulkas dengan ujung yang mengecil menghadap bawah agar telur tidak mudah busuk. Telur yang telah disimpan di dalam kulkas aman untuk dikonsumsi 3-5 minggu.

Produk Kitchen Paling Laris di iPrice Indonesia

Berikut adalah produk Kitchen yang dijual secara online dengan harga murah di iPrice Indonesia:

  • Dapur & Ruang Makan – Dalam koleksi ini, iPrice Indonesia menjual aneka perlengkapan dapur & ruang makan Kitchen seperti peralatan masak, pisau, perangkat pemanggang, peralatan meja, penyimpanan dan mangkuk gula dengan harga murah. Beberapa pilihan perlengkapan dapur & ruang makan Kitchen yang laris manis terjual secara online di iPrice Indonesia adalah Kitchen Loch Ness Monster Soup Ladle / Sendok Masak Tosca, Kitchen Stainless Steel Garlic Pressure / Penghancur Bawang, Kitchen Dispenser Minyak Press & Measure, Kitchen Alat Pelembut Daging Dengan Jarum dan Kitchen Alat Pemotong Kentang Pefect Fries Maker.
  • Peralatan – Dalam koleksi ini, iPrice Indonesia menjual peralatan Kitchen dengan harga murah seperti ketel listrik dan pembuat waffle. Dua pilihannya yang tersedia secara online adalah Kitchen Teko Listrik 13cm / Panci Elektrik / Alat Masak Praktis Mug Elektrik dan Kitchen SAYOTA 2in1 Sandwich & Waffle Maker SM-609.
  • Pemberian Makanan – Dalam koleksi ini, iPrice Indonesia menjual perlengkapan pemberian makanan Kitchen dengan harga murah, yaitu Kitchen (HKN041) Alat Saring Beras / Indomie / Rebusan Lainya Praktis.
  • Kamar Mandi – Dalam koleksi ini, iPrice Indonesia menjual aneka perlengkapan kamar mandi Kitchen dengan harga murah seperti Kitchen Dispenser Sabun Dual Tabung dan Kitchen Store Brush Storage Holder Sponge Rack Washing Bathroom Two Double Layer Sundries Rack Sucker.

Anda Suka Makan Waffle? Ketahui Fakta Unik Berikut!

Salah satu produk Kitchen yang sangat populer adalah alat pembuat waffle. Kini Anda tidak perlu pergi ke kafe atau restoran untuk makan waffle, buat saja sendiri di rumah! Sebenarnya, dari mana makanan ringan yang sangat enak ini berasal? Kata β€œwaffle” pertama kali muncul dalam bahasa Inggris pada tahun 1725, diambil dari bahasa Belanda wafel. Waffle pertama kali muncul sekitar abad ke-9 atau ke-10. Pada awalnya, alat pencetak wafer digunakan untuk membuat hosti sebagai keperluan komuni umat Katolik. Pada abad ke-11 di Eropa Barat, orang-orang sana membuat wafer sebagai makanan ringan dan menambah bahan-bahan lain seperti madu. Nah, wafer kemudian berkembang menjadi waffle, resep waffle diciptakan oleh sepasang suami istri dalam bentuk manuskrip berjudul Le MΓ©nagier de Paris. Jenis waffle yang paling terkenal adalah waffle Belgia yang bertekstur lebih kenyal.

Segera dapatkan perlengkapan dapur & ruang makan Kitchen, peralatan Kitchen, pemberian makanan Kitchen dan produk kamar mandi Kitchen yang Anda sukai di iPrice Indonesia! Selamat berbelanja!

NEW