Membuat kue dan adonan makanan jadi kebih mudah dengan mixer KitchenAid dari iPrice Indonesia! Klik artikel ini untuk mengetahui perbedaan hand mixer dan stand mixer.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga
×
Kami sedang berupaya menyiapkan fitur ini untuk Anda. Simak selalu!

Anda mungkin juga menyukai

KitchenAid Series

Perbedaan Antara Stand Mixer dan Hand Mixer

Ketika makan kue, bakpau atau pasta, apa yang membuat rasa makanan tersebut enak? Selain rasa mentega dan bahan-bahan makanan lainnya, tentu rasa dan tekstur adonan juga sangat berpengaruh! Jika tekstur adonan tidak halus, maka rasa makanan tersebut akan berkurang kenikmatannya. Selain itu, jika bahan-bahan makanan tidak terkocok degan sempurna maka rasa makanan tersebut juga akan terpengaruh. Misalnya saja Anda membuat brownies, bisa jadi ada sebagian yang terlalu manis dan sebagain lainnya terasa hambar. Aduh, bagaimana sih, yang membuat kue? Agar adonan dapat tercampur dengan merata, banyak orang menggunakan bantuan mixer. Mixer terdiri atas dua jenis, yaitu stand mixer dan hand mixer. Berikut adalah perbedaan antara stand mixer dan hand mixer:

Stand Mixer
Stand mixer adalah jenis mixer yang dapat mengaduk adonan tanpa harus ditunggui karena mixer ini dapat berdiri sendiri. Pada stand mixer sudah dilengkapi dengan mangkuk khusus untuk mengaduk adonan dan beberapa pengaduk. Stand mixer biasanya digunakan untuk membuat adonan berkapasitas besar karena mangkuk stand mixer besarnya sekitar 5 liter. Malah, ada juga stand mixer yang digunakan oleh pabrik atau toko kue dengan kapasitas mangkuk pengaduk mencapai 100 liter! Stand mixer berukuran besar sehingga memakan tempat, selain itu harganya pun mahal dan membutuhkan waktu untuk dapat dibersihkan. Meskipun begitu, sekarang ini orang-orang lebih memilih menggunakan stand mixer karena tidak mau repot. Stand mixer dapat mengaduk adonan yang tebal dan padat dengan cepat, plus memiliki fitur-fitur menarik seperti bel, timer, dapat berhenti secara otomatis dan lain-lain. Memakai stand mixer ketika mengaduk adonan juga memungkinkan Anda mengerjakan pekerjaan lain karena tidak perlu ditunggui. Jika ingin membeli stand mixer, pilihlah stand mixer yang canggih dan berdesain ciamik seperti stand mixer Ukuran stand mixer yang besar akan membuat mixer ini menonjol di dapur, oleh karena itu stand mixer KitchenAid yang keren dan elegan akan membuat dapur Anda menjadi lebih menarik.

Hand Mixer
Bagi Anda yang sudah terbiasa mengaduk adonan, memakai hand mixer tentu tidak menjadi masalah. Hand mixer adalah mixer yang digunakan secara setengah manual, dirakit dengan motor listrik. Untuk memakai hand mixer, Anda tinggal mencolok kabel pada stop kontak, menekan tombol “on/off” lalu menggerakkan hand mixer dengan tangan hingga adonan mencapai kekentalan yang diinginkan. Hand mixer sangat cocok untuk membuat kue atau roti dalam jumlah yang sedikit. Yang banyak dikeluhkan orang ketika memakai hand mixer adalah tangan terasa pegal dan adonan tidak dapat ditinggal untuk mengerjakan pekerjaan lain. Ditambah lagi, motor pengaduk pada hand mixer kecil sehingga ketika mengaduk adonan yang padat terasa berat, akibatnya tangan jadi pegal. Sementara itu, masih ada sebagian orang yang menyukai hand mixer karena harganya lebih murah, tidak makan tempat, dapat dipakai dengan mangkuk pengaduk apapun serta lebih mudah untuk dibersihkan.

Tips Membuat Kue yang Sukses

Orang Indonesia suka sekali makan kue. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis kue tradisional, belum lagi jenis kue lainnya dari mancanegara. Apakah Anda adalah orang yang suka makan atau membuat kue? Membuat kue ada suka dukanya. Terkadang berhasil, terkadang tidak. Banyak orang yang tidak mengerti mengapa kue yang dibuat sering gagal, padahal sudah mengikuti resep dengan benar. Selain mengikuti resep, tepung terigu yang dipilih juga harus sesuai dengan jenis kue yang ingin dibuat, telur disimpan dalam suhu ruangan serta peralatan masak juga bersih. Sudah mengikuti itu semua tapi kue masih gagal? Mungkin ini penyebabnya:

Teknik Melelehkan Mentega atau Margarin
Sebagian besar kue menggunakan mentega atau margarin. Nah, ketika melelehkan mentega atau margarin, gunakan api yang kecil dan segera matikan api sebelum seluruh mentega atau margarin cair. Hindari memanaskan mentega atau margarin hingga mendidih, ya! Hal ini bertujuan agar minyak dan cairan tidak terpisah dari mentega atau margarin dan tekstur kue menjadi lembut.

Kenali Perbedaan Antara Mengocok dan Mengaduk
Pada buku masak, ada istilah “mengocok” dan “mengaduk”. Dua hal ini berbeda, lho! Mengocok adonan artinya menggunakan mixer atau whisk, sementara mengaduk ya artinya mengaduk seperti biasa. Anda dapat menggunakan sendok besar atau spatula untk mengaduk. Saat mengaduk adonan, pastikan Anda mengaduk hingga dasar mangkuk agar kue tidak menjadi ‘bantet’. Khusus untuk kue kering, mengocok campuran mentega dan gula maksimal selama 30 detik saja.
Gunakan Oven dengan Benar
Setiap oven memiliki panas yang berbeda-beda, maka hindari memanaskan oven pada suhu yang lebih tinggi. Hal ini tidak akan membuat kue cepat matang, malah gagal! Ikuti petunjuk pemanggangan pada buku resep dengan benar.

Produk KitchenAid Terlaris di iPrice Indonesia

Berikut adalah aneka produk KitchenAid yang dijual secara online dengan harga murah di iPrice Indonesia:

Peralatan – Dalam koleksi ini, iPrice Indonesia menjual aneka peralatan KitchenAid seperti mixer, food processor, blender, mesin pembuat kopi dan juicer dengan harga murah. Beberapa pilihan peralatan KitchenAid yang laris manis terjual secara online adalah KitchenAid 5K45SS KitchenAid Classic 4.3 L Tilt-Head Stand Mixer, KitchenAid Stand Mixer 5 KSM 150 PSE BK (Ieon black) Krinkle, KitchenAid GPL/ RKFP0711CU 7-Cup Food Processor Contour Silver /ship from USA dan KitchenAid Artisan 7 Speed Hand Mixer - 5KSB1585EER/Empire Red.

Dapur & Ruang Makan – Dalam koleksi ini, iPrice Indonesia menjual aneka perlengkapan dapur & ruang makan KitchenAid seperti perangkat pemanggang, peralatan masak dan penyimpanan dengan harga murah. Beberapa pilihan perlegkapan dapur & ruang makan KitchenAid yang laris manis terjual secara online adalah KitchenAid KHB100 Hand Blender Royal White, KitchenAid Gourmet Rolling Pin Red dan KitchenAid 17-piece Tools and Gadget Set.

Masih ada juga koleksi KitchenAid lainnya seperti tas KitchenAid dan peralatan pembersih KitchenAid di iPrice Indonesia. Selamat berbelanja dan membuat kue!