Meski popularitas Kodak sudah mengalami banyak penurunan semenjak kemunculan teknologi digital fotografi, namun siapa sangka kamera Kodak tetap memiliki banyak penggemar dari dunia fotografi karena keklasikkannya. Simak artikel ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang kamera Kodak.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Daftar Harga Kodak Terbaik 2020

10 Produk Terbaik Harga Toko
Kodak 305 Photo Printer Rp 11.795.000 Tokopedia
Kodak EasyShare M340 Rp 117.630 Lazada
Kodak Z612 Rp 29.000 Lazada
Kodak EasyShare C123 Rp 226.700 Shopee
Kodak EasyShare M575 Rp 135.000 Bukalapak
Kodak PixPro SP360 Rp 3.667.000 Shopee
Kodak EasyShare TOUCH M577 Rp 135.000 Bukalapak
Kodak EasyShare V1253 Rp 104.000 Lazada
Kodak M35 Rp 587.250 Shopee
Kodak Kertas Foto Satin A4 Original Premium Rp 60.000 Shopee
Terpopuler
Kodak 305 Photo Printer

Termurah di Tokopedia Rp 11.795.000 Rp 11.795.000 Kunjungi Toko

Tentang Kodak

Kodak merupakan sebuah perusahaan multinasional yang berbasis di Rochester, New York, didirikan oleh George Eastman dan Henry Strong pada tahun 1892. Kodak telah menghasilkan berbagai macam produk kamera Kodak, fotografi, pencetak, dan lain-lain. Selama abad ke-20, Kodak memang peranan yang dominan dan menjadi pionir dalam perkembangan fotografi film, terutama pada produk kamera analog yang masih menggunakan film seluloid. Namun memasuki abad ke-21, perusahaan Kodak mulai mengalami penurunan semenjak munculnya kamera digital dari merek-merek pesaing yang tidak kalah kualitasnya. Meskipun begitu, Kodak tetap memiliki tempat di hati para pecinta fotografi. Banyak para penggiat dunia fotografi yang mencari-cari kamera jadul Kodak untuk dijadikan sebagai koleksi pribadi.

Kodak Kembali Mempopulerkan Tren Fotografi Analog

Di tengah maraknya dan peningkatan produk kamera digital di pasaran, Kodak justru mengumumkan telah menghidupkan kembali produk Kodak Ektachrome Film pada awal tahun 2017 ini. Kodak Ektachrome Film merupakan sebuah film seluloid yang biasa dipakai fotografer dan juru kamera analog yang mampu menghasilkan foto atau gambar berwarna yang punya cita rasa tersendiri daripada produk digital.

Kodak berani membuat gebrakan menghidupkan kembali film seluloid di tengah maraknya kamera digital tidak lain adalah karena penjualan film seluloid telah meningkat pada tahun-tahun terakhir ini. Ternyata tren klasik dan analog menjadi pilihan para fotografer dan para penggemar kamera dalam mengemas ulang kendali artistik melalui proses manual. Ternyata baik fotografi analog maupun videografi analog belum benar-benar mati. Untuk itulah Kodak masih berani mengeluarkan produk film seluloid untuk mendukung kedua hal tersebut. Tercatat di tahun 2014 setidaknya ada 39 film Hollywood yang masih menggunakan kamera analog dan pita seluloid untuk merekam aksi-aksi para actor yang bermain.

Kelebihan Menggunakan Kamera Analog Kodak

Memang secara garis besar, kamera analog Kodak beberapa tahun ini sedang tergusur dan hampir terlupakan. Kamera teknologi digital membuat kamera jenis ini sudah banyak ditinggalkan. Banyak orang yang menganggap kamera analog merupakan kamera yang kurang praktis dan membutuhkan banyak biaya. Memang pada kamera analog Kodak, Anda lebih kerepotan karena harus melakukan proses cuci cetak guna mengolah film hasil foto untuk menjadi negatif film dan kemudian dicetak. Namun berikut ini terdapat beberapa kelebihan menggunakan kamera analog yang tidak ditemukan pada kamera digital:

Resolusi yang Sangat Besar

Hal ini merupakan salah satu kelebihan kamera analog Kodak dibandingkan kamera digital yang paling mencolok. Pada kamera digital, Anda akan dibatasi oleh besaran resolusi foto yang ada. Jika foto dicetak melebihi piksel resolusi yang ada maka foto akan terlihat pecah-pecah. Berbeda dengan kamera analog yang tidak mengenal batasan resolusi. Dengan satu negatif film, Anda bisa mencetak foto hingga ukuran lemari karena resolusi yang tidak terbatas.

Tidak Harus Menggunakan Baterai

Salah satu kendala saat memotret menggunakan kamera digital adalah kapasitas baterai yang terbatas. Hal ini tidak akan Anda temukan jika menggunakan kamera analog. Penggunaan baterai kamera analog hanya digunakan untuk menjalankan exposure meter dan light meter. Sedangkan untuk penggunaan bagi pemotretan, baterai hanya dibutuhkan pada kamera full elektronik.

Komponen Kamera Kodak yang Tahan Lama dan Tahan Banting

Pada kamera digital terdapat banyak komponen elektronik yang cukup banyak dan sensitif. Banyak kasus dimana kamera digital rusak hanya karena terjatuh maupun sedikit kemasukan air. Berbeda dengan kamera analog yang tidak memiliki banyak komponen serta lebih tahan banting serta tahan lama.

Tidak Ada Noise dalam Foto

Noise sering didefinisikan sebagai pixel yang tidak pada tempatnya. Dalam fotografi digital noise sering mengganggu kebersihan gambar karena terdapat bintik-bintik jika menggunakan setting ISO tinggi. Untuk kamera digital dengan harga murah tentu sangat rawan dengan noise, apalagi kamera ponsel. Noise ini tidak ada dalam kamera analog karena tidak menggunakan sistem piksel pada kamera. Salah satu masalah yang serupa dengan noise pada kamera analog adalah grain, yakni berupa bintik-bintik hasil sensitivitas emulsi film. Ukuran bintik-bintik grain ini tergantung pada ISO film. Yang unik adalah anggapan bahwa noise dalam kamera digital dianggap mengganggu, sedangkan grain pada kamera analog sering dianggap seni.

Warna yang Dihasilkan Vivid

Kelebihan kamera analog lainnya adalah warna yang dihasilkan lebih vivid. Vivid ada sebutan pada warna yang mencolok dan cerah sekali. Foto vivid dikategorikan sebagai foto yang colorful serta eye catching. Hal ini terjadi karena film mampu menangkap sinar objek dengan apa adanya.

Media Penyimpanan Tidak Korup

Mungkin Anda pernah mendengar cerita tentang data file yang korup dalam kartu memori kamera digital. Foto bisa hilang atau error dalam kartu memori karena sebab-sebab tertentu. Dalam kamera analog tidak ada istilah file korup karena media penyimpanannya bukanlah kartu memori melainkan film.

Kamera Analog Lebih Ringan

Meskipun biasanya kamera Analog dibuat dengan bahan baku yang tahan lama, namun karena sedikitnya komponen dalam membuat kamera ini sangat ringan.

Lebih Menghargai Foto dan Melatih Insting

Menggunakan kamera digital membuat Anda bebas memotret dan menghapus foto seenaknya sendiri. Berbeda dengan kamera analog yang membuat Anda harus hati-hati dan harus terus melatih insting guna mencapai hasil pencahayaan tepat. Anda juga tidak bisa menghapus foto sehingga lebih menghargai hasil foto yang dihasilkan.

Dapatkan Kamera Kodak Termurah di iPrice Indonesia

Selain kamera analog Kodak, di iPrice Indonesia juga tersedia kamera digital Kodak yaitu Kodak Easyshare dan Kodak PixPro yang bisa Anda dapatkan dengan harga termurah melalui fitur “Bandingkan Harga” di website ini. Fitur tersebut memudahkan Anda untuk menemukan harga termurah dari suatu produk dari penawaran yang ada. Selamat berbelanja!

NEW