Kabel HDMI (High Definition Multimedia Interface) adalah kabel untuk mentransfer audio dan video dari satu perangkat ke perangkat lainnya, seperti antara laptop dan TV, atau sebaliknya.

Apa itu kabel HDMI

Jenis-jenis kabel HDMI

Cara memilih kabel HDMI yang bagus

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Dapatkan penawaran dan kupon terkini langsung di inbox Anda!

Berapa Harga Kabel HDMI?

Harga kabel HDMI berkisar antara Rp 35.000 hingga di atas Rp 88.000 bergantung pada panjang kabel yang dibutuhkan.

Apa itu Kabel HDMI?

Kabel HDMI (High Definition Multimedia Interface) adalah kabel untuk mentransfer audio dan video dari satu perangkat ke perangkat lainnya, seperti antara laptop dan TV, atau sebaliknya. Kabel HDMI adalah barang yang harus dimiliki untuk HDTV, sistem home theater, konsol video game, pemutar Blu-ray, atau receiver.

Fungsi utama kabel HDMI adalah sebagai media penghubung untuk mentransmisikan data video dan data audio digital dari perangkat sumber yang mendukung HDMI ke monitor komputer yang kompatibel, proyektor video, televisi digital, atau perangkat audio digital. HDMI juga berfungsi sebagai pengganti digital untuk standar video analog, sehingga lebih efektif dan efisien. Jika dibahas lebih rinci, kabel HDMI ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia modern. Kabel HDMI sudah sangat akrab dengan sektor pendidikan, perniagaan, perkantoran, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Kabel HDMI

Kabel HDMI menyajikan kemampuan yang berbeda tergantung pada kecepatan transfer sinyal (bandwidth) dan versi HDMI yang terkait dengannya. Berikut adalah beberapa jenis kabel HDMI yang terdapat di pasaran:

  • Kabel HDMI Standar: Dirancang untuk resolusi siaran HDTV, kabel, dan TV satelit umum (hingga 720p dan 1080i).
  • Harga Kabel HDMI Standar Mulai dari Rp 35.000
  • Kabel HDMI Otomotif Standar: Memiliki kemampuan yang sama dengan kabel HDMI standar, tetapi digunakan untuk menghubungkan pemutar DVD portabel atau in-car dan perangkat lain ke tampilan video in-car.
  • Harga HDMI Otomotif Standar Mulai dari Rp 40.000
  • Kabel HDMI Berkecepatan Tinggi: Dirancang untuk menangani resolusi video 1080p dan 4K (30Hz) serta memberikan dukungan untuk 3D, dan Deep Color.
  • Harga HDMI Berkecepatan Tinggi Mulai dari Rp 112.000
  • Kabel HDMI Otomotif Berkecepatan Tinggi: Mendukung fitur yang sama seperti kabel HDMI Berkecepatan Tinggi, tetapi dioptimalkan untuk lingkungan otomotif.
  • Harga HDMI Otomotif Berkecepatan Tinggi Mulai dari Rp 50.000
  • Kabel HDMI Berkecepatan Tinggi Premium: Dirancang untuk transfer video resolusi 4K / UltraHD yang andal, termasuk 4K / 60 Hz, HDR, dan rentang warna yang diperluas.
  • Harga HDMI Berkecepatan Tinggi Premium Mulai dari Rp 112.000
  • Kabel HDMI Berkecepatan Ultra Tinggi: Mencakup semua kemampuan yang lain dengan dukungan tambahan untuk video 8K dengan HDR.
  • Harga HDMI Berkecepatan Ultra Tinggi dari Rp 120.000
  • Kabel HDMI dengan Ethernet Bawaan: Terdapat kabel HDMI Standar, Berkecepatan Tinggi, Berkecepatan Tinggi Premium, dan Berkecepatan Ultra Tinggi yang mendukung Saluran HDMI Ethernet tambahan (HEC).
  • Harga HDMI dengan Ethernet Bawaan Mulai dari Rp 129.000

Jenis-jenis Konektor HDMI

Bagian lain yang penting dari HDMI adalah konektornya. Terdapat lima jenis konektor HDMI yang berbeda, namun tiga di antaranya lebih umum digunakan:

  • Tipe A: konektor standar tipe A adalah format yang paling umum dari konektor HDMI yang ditemukan di banyak perlengkapan audiovisual, laptop, TV, konsol permainan, dan lain sebagainya. Konektor ‘plug’ atau ‘male’ HDMI Tipe A di bagian luar berdimensi 13,9 mm × 4,45 mm, sedangkan konektor ‘receptacle’ (stopkontak) atau ‘female’ di bagian dalam berdimensi 14 mm × 4,55 mm. Ada 19 pin, dengan bandwidth untuk membawa semua mode SDTV, EDTV, HDTV, UHD, dan 4K.
  • Tipe C/ Mini HDMI: konektor ini adalah versi yang lebih kecil dari konektor HDMI Tipe A yang diperuntukan untuk perangkat portabel, seperti kamera DSLR, camcorder dan tablet. Ukurannya yaitu 10,42 mm × 2,42 mm dengan konfigurasi 19-pin yang sama. Konektor Mini Tipe C dapat dihubungkan ke konektor Tipe A menggunakan kabel Tipe-A untuk Tipe C.
  • Tipe D/ Micro HDMI: lebih kecil lagi dari konektor Tipe A dan Tipe C, tipe D dan biasanya ditemukan di perangkat yang ringkas dan portabel seperti smartphone. Ukuran konektor Micro HDMI adalah 5,83 mm × 2,20 mm. Meskipun tetap mengandalkan 19 pin standar Tipe A dan C, tetapi penugasan pin berbeda dari keduanya.

Bagaimana Cara Memilih Kabel HDMI yang Bagus?

Kabel HDMI datang dalam jenis yang berbeda-beda, selain mempertimbangkan harga kabel HDMI, pembeli perlu memperhatikan beberapa hal sebelum siap membelinya. Berikut adalah beberapa tips membeli kabel HDMI dengan benar:

  • Menyesuaikan dengan konektor
  • Panjang kabel standar: sebaiknya hindari membeli kabel HDMI yang terlalu panjang karena ada batasan jarak transmisi HDMI. Disarankan untuk menggunakan kabel HDMI standar yang panjangnya tidak lebih dari 10 meter. Harap pastikan juga panjangnya tidak terlalu pendek dari kebutuhan Anda. Umumnya kabel yang memenuhi Standar Uji Kepatuhan HDMI telah diuji untuk memberikan sinyal kekuatan tertentu ke perangkat elektronik HDMI berkinerja rendah. Namun, desain dan konstruksi kabel, perangkat elektronik dalam instalasi, dan resolusi video yang Anda kirim adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi sejauh mana sinyal dapat dibawa. Untuk sebagian besar aplikasi, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan penguat sinyal untuk kabel HDMI yang panjangnya di atas 10 meter.
  • Kualitas dan brand: Setiap kabel HDMI kecepatan tinggi yang berkualitas baik harus bisa membawa sinyal video 3D atau 4K. Jadi, jangan lupa untuk memilih produk yang mendukung kedua teknologi modern tersebut.
NEW