Dapatkan kabel LAN terbaik dari beragam merk unggulan, seperti Belden, D-Link, Leoni, dan masih banyak lagi. Harga kabel LAN juga sangat bervariasi, mulai dari Rp 30.000-an hingga Rp 2.000.000-an.

Apa itu kabel LAN?

Berapa harga kabel LAN?

Ulasan Singkat Tentang Jenis dan Pemasangan kabel LAN

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Dapatkan penawaran dan kupon terkini langsung di inbox Anda!

Apa itu Kabel LAN?

Kabel LAN adalah kabel jaringan yang mencakup area kecil. Seperti namanya Local Area Network (LAN), kabel ini menghubungkan beberapa piranti di satu tempat. Misalnya antar komputer atau perangkat jaringan internet. Salah satu jenis kabel LAN yang paling populer adalah kabel UTP (unshielded twisted pair), yang memiliki beragam warna dengan fungsi yang berbeda.

Berapa Harga Kabel LAN?

Harga kabel LAN sangat bervariasi, mulai dari Rp 30.000-an hingga Rp 2.000.000-an. Harga kabel LAN tersebut bergantung pada tipe kabel, fungsi penggunaan, dan tentunya panjang kabel. Seperti harga kabel LAN jenis UTP Cat 6 sepanjang 3 meter mulai dari Rp 32.000, yang berbeda jauh dengan harga Kabel UTP Cat 6 sebanyak satu roll yang dibanderol Rp1.600.000-an

Ulasan Singkat dan Rekomendasi Kabel LAN yang Bagus

Merk Kabel LAN Terbaik

  • Belden
  • D-Link
  • Leoni
  • AMP
  • Vascolink

Jenis Kabel LAN dan Fungsinya

  • Coaxial: Kabel jenis ini terdiri dari konduktor tembaga, lapisan pembungkus, dan satu lapisan lagi untuk bagian terluar. Penggunaannya khusus untuk topologi bus, yang sayang sekali sudah sangat jarang digunakan di berbagai perangkat elektronik dan komputer keluaran baru.
  • UTP (Unshielded twisted pair): Tipe yang paling sering kamu temui, yaitu kabel UTP yang biasanya digunakan untuk perangkat telepon rumah dan internet. Umumnya terdiri dari empat konduktor tembaga yang memiliki warna berbeda-beda. Kabel jenis ini fungsi utamanya adalah untuk pendukung sinyal kecepatan rendah dan tinggi.
  • (STP) Shielded twisted pair: selain terkenal sebagai jenis dengan harga kabel LAN yang paling mahal, kabel STP ini memiliki durabilitas terbaik dibandingkan yang lain.
  • Fiber optik: sebagai teknologi paling baru dari turunan kabel jenis LAN, fiber optik memiliki berbagai kelebihan istimewa. Mulai dari kapasitas bandwidth besar, memiliki jarak transmisi yang jauh, dan juga tahan terhadap adanya interferensi elektromagnetik.

Cara Mengecek Keaslian Kabel Local Area Network (LAN)

  • Cek resistansi: ukur resistansi atau hambatan listrik kabel, dan pastikan angkanya kecil.
  • Periksa material pelindung luar: kabel kualitas bagus memiliki pelindung warna abu-abu putih dengan bahan yang padat, sehingga terlihat erat dengan kabel di dalamnya
  • Warna tembaga: lihat lagi warna tembaga kabel, pastikan terlihat coklat muda kemerahan. Jadi bukan coklat tua ya!
  • Baca kembali cetakan di kulit kabel: tulisan atau cetakan di kabel LAN asli selalu dapat terbaca dengan jelas, karena memberikan info penggunaan kabel

Susunan Warna Kabel Local Area Network (LAN) yang Benar Agar Tersambung ke Internet

Pemasangan kabel satu ini cukup sederhana, tetapi terkadang membingungkan, mengingat ragam warna dan fungsi masing-masing kabel. Untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainnya, kamu bisa memilih antara dua jenis cara instalasi, yaitu straight dan cross. Berikut adalah penjelasan lebih detailnya:

Pemasangan Jenis Straight

Fungsi utama untuk instalasi satu ini adalah untuk menghubungkan perangkat yang berbeda. Salah satunya adalah untuk menghubungkan konsol game dengan komputer, atau modem ke PC, dan masih banyak lagi. Pada pemasangan jenis ini, tiap ujung kabel memiliki urutan yang sama, yaitu putih - oranye, oranye, putih - hijau, biru, putih - biru, hijau, putih - coklat, dan terakhir adalah warna coklat.

Pemasangan Jenis Crossover

Jika tadi diaplikasikan untuk perangkat yang berbeda, maka tipe pemasangan satu ini dikhususkan untuk perangkat yang sama atau sejenis. Misal untuk menghubungkan dua komputer yang berdekatan. Berbeda dengan tipe straight, instalasi crossover memerlukan urutan yang berbeda dari ujung ke ujung. Ujung yang satu memerlukan urutan putih - oranye, oranye, putih - hijau, biru, putih - biru, hijau, putih - coklat, dan coklat. Lalu untuk ujung satunya berurut mulai dari putih - hijau, hijau, putih - oranye, biru, putih - biru, oranye, putih - coklat, hingga coklat.

NEW