Kabel VGA merupakan salah satu kunci keberhasilan presentasi Anda. Sudah begitu percaya diri akan kemampuan Anda memilih kabel VGA? Simak dulu artikel ini untuk membuktikannya!

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Dapatkan penawaran dan kupon terkini langsung di inbox Anda!

Kabel VGA, Si Penyelamat Presentasi Orang Indonesia

Seberapa paham Anda tentang kabel VGA? Jika Anda pekerja kantoran atau mahasiswa yang sering melakukan presentasi pekerjaan di depan ruang rapat ataupun kelas, perangkat laptop ditambah proyektor dan kabel VGA tentulah menjadi “senjata” utama Anda. VGA yang disingkat dari kalimat Video Graphics Array merupakan sebuah perangkat yan memproses visual di dalam sistem komputer untuk ditampilkan ke layar. Saat visual gambar ingin ditampilkan melalui proyektor, biasanya VGA harus disambungkan dengan sebuah kabel. Kabel inilah yang populer dengan sebutan kabel VGA.

Kabel VGA bukanlah aksesoris komputer yang sulit didapat. Umumnya, kepala port kabel ini berwarna biru laut. Meski hanya digunakan untuk satu fungsi, yakni penyambung komputer dengan proyektor, tapi ada banyak varian kabel VGA yang dibuat oleh berbagai produsen aksesoris komputer. Ada yang murah, mahal, tahan lama, murahan, besar, kecil, panjang ataupun pendek. Dan tahukah Anda bahwa tidak semua kabel VGA yang beredar di toko aksesoris komputer (baik itu toko fisik maupun toko online) memberikan hasil maksimal ketika menyambungkan komputer ke proyektor. Ada kabel VGA yang bisa memberi visual persis sama dengan yang Anda lihat di layar komputer (atau laptop, jika Anda menggunakan laptop), tapi juga banyak yang mengeluarkan visual apa adanya.

Bila berbicara tentang perbedaan hasil ini, setidaknya ada dua faktor krusial yang berpengaruh, yakni:

  • - Budget
  • - Wawasan

Yang pertama tentulah berapa banyak budget yang Anda siapkan untuk membeli satu set kabel VGA. Yang kedua, seberapa jauh Anda paham tentang kabsel VGA itu sendiri. Jika faktor nomor dua ini dapat Anda kuasai, maka akan berpengaruh juga pada faktor pertama. Alias, jika Anda paham tentang kabel VGA, maka Anda akan dapat memperhitungkan dengan tepat berapa banyak uang yang akan dihabiskan sesuai dengan kebutuhan. Efisiensi!

Pintar-pintar Memilih Kabel VGA

Hanya karena awam tentang kabel VGA, Anda dapat menjadi grogi untuk melakukan presentasi. Bagaimana tidak, umpamakan Anda sedang meeting penting dengan klien besar atau sedang siding skripsi yang dinilai oleh dosen-dosen killer, tapi Anda terjebak dengan kabel VGA yang tidak mau disambung, tidak mau membaca perangkat komputer, bahkan bisa jadi tidak mau membaca data presentasi Anda. Matilah awak! Maka, ada beberapa aspek yang harus dipahamai sebelum memakai atau membeli kabel VGA. Kami rangkumkan untuk Anda pada sambungan artikel di bawah ini.

Impedansi

Impedansi adalah ukuran penolakan terhadap arus bolak-balik. Biasanya ukuran ini menggunakan satuan berlabel Ohm. Impedansi yang ideal pada kabel VGA biasanya berukuran 75 Ohm. Bila impedansinya di bawah itu, maka visual gambar yang dihasilkan cenderung gelap atau terlalu kontras.

Besar Kawat

Besarnya kawat pada kabel VGA akan mempengaruhi kestabilan sinyal yang dihantarkan pada proyektor. Perlu Anda ketahui, semakin kecil dan panjang kawat pada kabel VGA, maka semakin berkurang sinyal yang dihantarkan ke proyektor. Akibatnya, gambar menjadi redup dan bergetar (flicker).

Pelindung

Pelindung atau shield akan menjadi penting bila Anda melakukan presentasi di tempat yang dekat denga pemancar listrik atau pemancar sinyal. Pelindung ada di lapisan dalam kabel umumnya terbuat dari alumunium foil atau anyaman kawat tembaga. Pelindung ini akan memastikan sinyal gambar Anda memancar jernih tanpa gangguan sinyal lain.

Konektor

Pernahkah Anda melihat ujung kepala konektor yang berkilau karena dilapisi material seperti emas atau perak atau tembaga? Lapisan berkilau pada kepala konektor ini bertugas untuk meminimalisir karat dan korosi. Bila kepala konektor kabel VGA berkarat dan berkorosi, maka biasanya sambungan akan sulit dibaca. Jika sudah berhasil disambung, gambar akan putus-putus. Mengesalkan? Iya!

Pembungkus Kabel

Perhatikanlah material seperti apa yang digunakan untuk membungkus kabel VGA Anda. Bila pembungkus kabelnya tergolong murahan, maka kabel VGA tidak akan tahan lama karena rentan rusak ketika digulung atau sering ditarik, dihimpit, terlipat dan sebagainya. Material yang ideal digunakan untuk membungkus kabel adalah materia dari PVC.

NEW