Kata server merupakan salah satu istilah yang kerap kali Anda dengar, terutama dalam bidang teknologi komputer. Apa sih sebenarnya server itu? Simak artikel ini untuk mengetahui pengertian dan kegunaan server komputer.

_
Atur berdasarkan: Popularitas Harga

Dapatkan penawaran dan kupon terkini langsung di inbox Anda!

Daftar Harga Server Terbaik 2020

10 Produk Terbaik Harga Toko
HP ProLiant DL380 Gen9 Rp 60.329.000 Shopee
IBM X3650 M3 Rp 5.625.000 Shopee
DELL PowerEdge T110 II Rp 3.750.000 Shopee
DELL PowerEdge R210 Rp 1.250.000 Shopee
IBM Storwize V3700 Rp 63.350.000 Dimensi Data
Pc Server Unbk Intel Core I7 Rp 7.580.000 Bukalapak
Pc Server Unbk Rakitan I7 3770 Rp 6.250.000 Bukalapak
Lenovo ThinkSystem ST250 Xeon E-2104G Desktop PC Server Rp 11.300.000 Blibli
Hot List Pc Server Dell T440Xeon Bronze 310616Gb 2X8Gb1X2Tbdouble Socket Rp 63.489.000 Bukalapak
HP Pc Server Z800 Xeon E5520 X 2 Double Procesor Rp 7.500.000 Shopee
Terpopuler
HP ProLiant DL380 Gen9

Termurah di Shopee Rp 60.329.000 Rp 60.329.000 Kunjungi Toko

Pengertian dan Kegunaan Komputer Server

Komputer server merupakan suatu teknologi komputer yang dapat melayani suatu permintaan dari komputer client dalam ranah jaringan. Sedangkan kata client itu sendiri adalah komputer yang melakukan permintaan mulai dari file, resource, hingga aplikasi dari komputer server. Sebagai server, teknologi ini harus dilengkapi dengan sumber daya yang bagus seperti kapasitas harddisk yang lebih tinggi, printer yang dapat digunakan bersama, dan lain sebagainya.

Fungsi dari komputer server ini yaitu sebagai penyedia resource yang digunakan bersama, mulai dari perangkat keras (hardware) hingga aplikasi yang digunakan oleh seluruh komputer dalam satu jaringan. Selain itu, server ini juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan file atau data yang dapat dibagikan kepada komputer lainnya. Di samping itu, server juga berfungsi dalam melindungi komputer client dengan memasangkan firewall pada komputer server.

Cara Memilih Server Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Salah satu hal yang penting sebelum memilih server yang baik adalah menentukan kapabilitas server yang akan Anda gunakan untuk menangani pekerjaan Anda. Banyak hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih server yang berkualitas seperti pemilihan prosesor, memory, cache, dan sebagainya. Semua fitur-fitur server ini saling berkaitan. Oleh karena itu banyak server yang mampu bekerja efektif tanpa menggunakan CPU yang paling cepat. Berdasarkan kebutuhannya, server dapat dibedakan menjadi empat jenis:

  • Value (Entry-Level) Server

Untuk sebuah perusahaan kecil dengan karyawan atau pengguna sekitar 10 komputer dapat memilih value/entry-level server untuk mengolah data perusahaan. Server jenis ini biasanya dilengkapi dengan teknologi single-processor untuk menangani kebutuhan seperti file-sharing, messanging (email) dan kegiatan print-sharing. Serveer jenis entry-level dapat berbentuk tower maupun rackmount. Untuk server yang berbentuk rackmount dapat diletakkan pada sebuah rak server yang cukup ramping sehingga dapat menghemat ruang.

  • Midrange Server

Server tipe ini mampu menangani pekerjaan yang lebih luas dan lebih banyak daripada pekerjaan yang dilakukan oleh server tipe entry-level. Midrange server dapat menangani beberapa tugas secara bersamaan, seperti pengatur jaringan, mengatur file-sharing, menjalankan print-sharing dan sebagainya. Server dengan kategori ini sebaiknya memiliki teknologi redundant, hot-puggable hard drive, pendingin, dan memiliki lebih dari satu power supply agar mampu menjaga server tetap menyala sepanjang waktu.

  • Blade Server

Blade server juga dikenal sebagai server yang memiliki kemampuan hemat daya dan ruang yang luar biasa. Blade server ini biasanya tersusun pada satu rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, processor, dan network adapter yang terintegrasi. Beberapa tipe blade server bahkan ada yang menggunakan ruang penyimpanan tersendiri. Papan pada server ini atau yang bisa disebut blade, dapat digeser masuk dan keluar dengan mudah. Beberapa desain rak dari blade server ini memungkinkan terdapatnya ratusan server dalam satu rak. Server dengan tipe ini tersambung dengan sebuah kabel yang disusun secara parallel, oleh karena itu server ini bisa menggunakan power supply, pendingin dan ruang penyimpanan secara bersamaan.

  • Enterprise Server

Server tipe ini mampu menghasilkan kekuatan dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang cukup berat. Enterprise server mampu mengakomodasi lebih dari 1000 user yang bergantung pada database yang besar, data warehousing dan aplikasi e-commerce. Server dengan kemampuan kerja seperti ini biasanya terdapat pada perusahaan-perusahaan seperti airlines (penerbangan), bank, kantor-kantor pemerintah, perusahaan distribusi/retail yang besar, perusahaan TV, universitas, dan lain-lain.

Dapatkan Produk Server yang Anda Butuhkan di iPrice Indonesia

Bagi Anda yang sedang mencari server komputer jenis entry-level, Anda bisa membelinya secara online di iPrice Indonesia. Mulai dari server berbentuk tower maupun rackmount, dari merek Dell, HP, Intel, dan Samsung. Selamat berbelanja!

Anda mungkin juga menyukai

Eksplor lebih banyak dari Server

Komputer Gaming Mini PC PC All in One Barebone
NEW