Kategori Produk
Produk
Kupon
Trend
Caranya
x
Komputer  >   >  Penyimpanan Data

Penyimpanan Data

55658 produk ditemukan

Penyimpanan data mana yang cocok untukmu: flashdisk, HDD, SSD, kartu memori atau NAS storage? Semuanya kami kupas dalam artikel ini.

Kunjungi Toko
Sandisk Ultra Fit 128GB
Rp 738.000
Tokopedia

Sandisk Ultra Fit, 128 GB, 3.0 (3.1 Gen 1), USB Type-A connector, 150 MB/d, Kap, Hitam

Selengkapnya
Kunjungi Toko
−16%
Seagate Backup Plus Fast
Rp 4.199.000 Rp 5.000.000
MatahariMall

Seagate Backup Plus Backup Plus Fast 4TB, 4000 GB, 2.5", USB Type-A, 3.0 (3.1 Gen 1), 5000 Mbit/d, Hitam

Selengkapnya
Kunjungi Toko
Western Digital My Cloud EX2 Ultra
Rp 12.999.000
JD.ID

Western Digital My Cloud EX2 Ultra, 16000 GB, HDD, HDD, Serial ATA III, 8000 GB, 2.5/3.5"

Selengkapnya

Daftar Harga Penyimpanan Data Terbaik 2018

10 Produk Terbaik Harga Toko
Samsung DUO Rp 250.000 Lazada
AMD Radeon R7 Rp 1.429.000 Tokopedia
Sandisk CRUZER BLADE Rp 65.000 Blibli
Samsung FIT Rp 419.000 Lazada
Seagate Expansion Rp 575.000 Tokopedia
Sandisk iXpand Rp 402.000 Shopee
Seagate Personal Cloud Rp 1.754.000 Amazon
Seagate Expansion 1TB Rp 668.000 Bukalapak
Seagate Backup Plus Slim Rp 855.000 Shopee
Sandisk Ultra 64GB Rp 232.000 Digicom
Terpopuler
Samsung DUO

Termurah di Lazada Rp 600.000 Rp 250.000 Kunjungi Toko

Aneka Penyimpanan Data yang Perlu Diketahui Kids Zaman Now Indonesia

Lahir di jaman yang serba canggih membuatmu harus lebih penasaran dan belajar banyak hal agar dapat memanfaatkan seluruh teknologi dan kenyamanan yang ada. Jika kamu berhenti belajar, maka kamu akan tertinggal! Selain dari sisi akademis, kamu juga harus menambah wawasan di luar akademis, misalnya dengan traveling, mengikuti perkembangan terbaru tentang teknologi dan sebagainya. Sebagai kids zaman now, tentunya kamu sering memakai laptop, kan? Laptop telah menjadi bagian penting dalam hidup, sebagai teman belajar, bekerja dan penghibur di kala bosan. Laptop juga menyimpan segala dokumen, foto, video, rahasia, game dan lainnya. Agar semua data pentingmu tidak hilang, kamu harus memiliki backup yaitu menyediakan penyimpanan data. Jika sewaktu-waktu laptop-mu terkena virus atau rusak, datamu tidak akan hilang.

Ada berbagai macam penyimpanan data yang tersedia secara online, apa kamu jadi bingung menentukan pilihan? Pada umumnya, orang memilih penyimpannan data magnetic alias magnetic disk atau penyimpanan sekunder. Salah satunya adalah flashdisk. Flashdisk adalah penyimpanan data yang memanfaatkan kabel interface jenis USB. Kamu dapat menyimpan, menghapus dan memindahkan data yang ada dalam flashdisk. Bentuk flashdisk sangat kecil dan ringan, sekitar 50 x 15 x 6 mm. Flashdisk sangat nyaman untuk dibawa kemana-mana. Walaupun ukurannya kecil, sekarang sudah ada flashdisk dengan kapasitas penyimpanan 1 Tb, lho!

Biasanya, orang memakai flashdisk untuk dibawa sehari-hari, misalnya untuk tugas sekolah, keperluan presentasi atau menyimpan beberapa data penting. Untuk dokumen-dokumen rahasia, foto masa kecil, video, film dan lainnya dari yang terpenting hingga tidak penting, orang memilih hardisk. Hardisk adalah jenis disk yang bersifat tetap, dapat terhubung pada komputer atau laptop dengan kabel USB. Hardisk adalah penyimpanan data yang terdiri lebih dari satu lempengan yang dilapisi dengan oksida besi, bentuknya agak persegi dan memiliki kapasitas penyimpanan yang besar.

Bagi kamu yang punya smartphone, DSLR atau kamera pocket, pasti kenal dengan kartu memori, dong? Penyimpanan data ini berbentuk kartu kecil yang dapat menyimpan gambar, data digital, suara digital dan video digital. Kartu memori tersedia dalam pilihan kapasitas penyimpanan 16 Mb, 32 Mb, 64 Mb, 128 Mb, 256 Mb dan seterusnya (berkelipatan dua). Untuk membaca kartu memori, kamu membutuhkan memory card reader. Jika laptop-mu sudah dilengkapi dengan slot kartu memori, maka kamu sangat beruntung!

Jenis penyimpanan data lainnya yang tersedia secara online adalah SSD (Solid State Drive atau Solid State Disk). SSD memakai serangkaian IC sebagai memori untuk menyimpan data, lebih canggih dari flashdisk dan memiliki kapasitas penyimpanan data yang lebih besar. Bisa dikatakan, SSD memiliki fungsi yang sama seperti hardisk namun dalam wujud flashdisk. Penyimpanan data terakhir adalah NAS (Network Attached Storage), yaitu server dengan sistem operasi khusus melayani kebutuhan berkas data. Kamu dapat mengakses NAS secara langsung melalui jaringan area lokal dengan protocol seperti TCP/IP. Kelebihan NAS yaitu dirakit dengan sistem recovery alias dapat di-backup jika salah satu host rusak. NAS memiliki kecepatan transter tinggi dengan gigabyte ethernet serta kapasitas penyimpanan yang sangat besar. NAS terdiri atas dua hardisk, setiap user akan memiliki dua folder yaitu private dan public. Pada NAS juga hadir auxullary, yaitu user yang mampu mengakses kedua folder tersebut.

Mengenal Cloud Storage Lebih Lanjut

Cloud storage alias penyimpanan awan adalah penyimpanan data yang bersifat online karena memakai penyimpanan yang terdapat pada internet. Kelebihan cloud storage adalah, kamu hanya membutuhkan koneksi internet, tidak perlu membeli penyimpanan data. Kekurangannya, kamu tidak bisa mengakses data tanpa koneksi internet, bisa menjadi korban hack dan resiko data hilang saat terjadi error pada koneksi internet.